Sponsors Link

8 Cara Membersihkan Mobil Tua dengan Cepat

Sponsors Link

Perkembangan ilmu pengetahuan yang begitu pesat berefek ke dunia otomotif. Saat ini, pasar otomotif dihujani mobil-mobil baru yang canggih. Bahkan dilengkapi fitur-fitur berteknologi tinggi mulai dari keamanan hingga hiburan yang membuat kita melongo. Tapi di tengah mobil-mobil canggih dan berkualitas itu, masih ada masyarakat yang memiliki minat terhadap mobil tua. Mereka tidak tertarik pada teknologinya. Tapi tertarik pada sisi keunikan, estetika dan keantikan mobil tua.

ads

Para pemilik mobil tua harus rutin dalam mengecek dan merawat mesin mobil tua. Tentu karena usia mesin yang bisa dibilang sudah sakit-sakitan. Sehingga perawatannya berbeda dari mobil-mobil baru jaman sekarang. Jangan sembarangan karena ibarat merawat orang lansia yang sudah sakit-sakitan. Khususnya cara membersihkan mesin mobil tua. Untuk mencuci mobil, lakukan dengan hati-hati. Karena banyak kesalahan mencuci mobil yang tidak kita ketahui.

Biasanya kita melupakan ruang mesin ketika mencuci mobil. Padahal, mesin berkontribusi penting pada pergerakan mobil maupun ke komponen pendukung. Tentu cara membersihkannya berbeda dengan bodi mobil. Agar bagian-bagian listrik terkena air, kita perlu berhati-hati dalam mencuci mesin mobil. Berikut cara membersihkan mesin mobil tua.

  • Dinginkan Mobil dan Alat Bantu

Cara membersihkan mesin mobil tua pertama, dinginkan dulu mesinnya. Jika baru saja dipakai. Pencucian terbaik ada di dalam kondisi mobil yang dingin. Karena kondisi mobil yang panas dikhawatirkan akan mengakibatkan deformasi komponen karena perubahan suhu secara mendadak. Jika melengkung, nanti akan menyebabkan pada performa mesin.

Untuk alat bantunya ada bermacam-macam. Siapkan plastik atau isolasi pada bagian-bagian yang dilalui oleh aliran listrik. Tindakan ini diperlukan agar bagian-bagian listrik seperti kabel dapat terlindungi dari percikan air dan mencegah korsleting. Lalu belilah sabun khusus seperti sabun colek, sikat, semprotan air dan lap. Ada cara mencuci mobil agar selalu bersih. Jika anda memakai kit, maka ada cara mengkilapkan mobil dengan kit agar lebih menarik.

  • Pembungkusan Kabel

Tahap kedua untuk cara membersihkan mesin mobil tua adalah melapisi kabel. Lapisi bagian-bagian yang dialiri listrik seteliti mungkin. Ada beberapa mobil tua yang bagian-bagian kabelnya dibiarkan terurai tak terawat begitu saja. Karena jika tak ditutupi kabel berpotensi untuk mengalami korsleting. Jika tidak ada isolasi, plastik juga tidak apa-apa. Apapun asal ringan dan bisa menghalangi percikan air menyentuh kabel.

  • Cuci Bagian yang Mudah Terjangkau

Setelah tahap-tahap sebelumnya selesai, maka anda sudah siap membersihkan mobil. Bersihkan bagian yang mudah terjangkau terlebih dahulu. Contohnya seperti bagian kap mobil. Atau bisa juga mesin bagian belakang hingga ke bagian depan. Semprot dengan air lalu bersihkan dengan sabun colek. Sabun colek selain karena harganya murah, mampu mengangkat minyak, lemak dan kotoran lebih mudah.

Gunakan sikat untuk menggosoknya. Setelah bersih, bilas dengan air biasa lalu keringkan dan gunakan lap untuk membersihkan. Untuk lelehan oli, anda bisa menggunakan minyak tanah jika tidak memiliki sabun colek. Jika bodi mobil anda berwarna hitam maka ada cara mengkilapkan cat mobil warna hitam. Jangan lupa lakukan pembersihan interior. Ada cara membersihkan jok mobil dan cara membersihkan interior mobil.

Sponsors Link

  • Cuci Bagian yang Sulit Terjangkau

Tahap keempat untuk cara membersihkan mesin mobil tua adalah gunakan sikat gigi bekas untuk menjangkau celah-celah sempit dan jauh. Kemudian, bilas dengan air bersih hingga sisa minyak dan sabun sudah benar-benar hilang. Untuk membersihkan selang AC dan karet damper dilarang menggunakan minyak tanah karena karet malah rusak dan melar. Gunakan saja sabun mobil atau sabun colek.

  • Cuci Bagian Radiator dan AC

          Ada beberapa mobil tua yang tidak menggunakan pendingin. Namun kini anda bisa menambahkan pendingin pada mobil anda. Untuk mengakses radiator dan AC memang perlu membongkar grill depan. Karena mudah patah, lakukan dengan hati-hati. Bisa juga membersihkan kotoran di sektarnya. Kemudian semprotkan sedikit air tekanan rendah. Usahakan air jangan samapi terkena pressure cleaner dan kisi halus. Merawat radiator mobil tua memang perlu cara khusus.

  • Keringkan Mesin Mobil

Setelah dilakukan pembersihan menyeluruh ke bagian-bagian mesin, anda harus mengeringkan mobil tuanya. Gunakan kain lembut untuk mengelap. Untuk komponen yang berbahan karet, semprot dengan silikon. Diamkan selama beberapa menit dan setelah itu gunakan lap katun untuk membersihkannya. 

Sponsors Link

  • Pelumasan

Berikan pelumas pada bagian-bagian yang dibutuhkan. Pelumas sangat penting untuk mobil-mobil yang usianya sudah uzur. Seperti kunci pada pembuka kap, lalu di karet belt dengan bantuan belt dresser. Selain agar mesin lebih mudah bekerja, pelumasan juga berfungsi untuk menghilangkan air-air yang masih ada di bagian mesin. Anda perlu tahu jenis oli mobil.

  • Nyalakan Mesin Mobil Tua

Periksa mobil lagi lebih teliti apakah masih ada bagian-bagian yang kotor atau berair. Jika ada, bersihkan atau lap lagi kemudian keringkan. Jika sudah bersih, coba nyalakan kembali mesin mobil biar panasnya bisa mengeringkan bagian-bagian mobil yang sulit dijangkau. Jangan lupa, keteraturan dalam memeriksa merupakan poin penting pada cara merawat mesin mobil tua

Demikian informasi tentang cara membersihkan mesin mobil tua. Memang butuh sedikit ketelitian dan kehati-hatian dalam merawat mobil-mobil tua. Semoga mobil tua anda selalu dalam keadaan sehat dan mempertahankan performanya. Jika anda memiliki mobil Carry, maka anda perlu tahu cara merawat mobil carry tua.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Perawatan