Sponsors Link

Penyebab Tarikan Mobil Tersendat Terus Menerus – Cara Mengatasi

Sponsors Link

Semua pemilik mobil tentu mendambakan agar mobilnya awet, aman dan nyaman dikendarai. Perawatan yang rutin dan teratur sangat mempengaruhi kenyamanan dan performa mobil yang anda miliki. Kalau tidak terawat dengan baik, maka performa mobil akan menurun dan timbul masalah. Ada masalah mobil yang tidak terlihat langsung dan ada pula yang langsung. Salah satu yang masalah yang tidak langsung seperti tarikan mobil yang agak tersendat. Mobil yang tersendat tentu akan merusak kenyamanan berkendara. Berikut dijelaskan beberapa penyebab tarikan mobil tersendat.

ads
  • Periksalah Filter Bahan Bakarnya

Untuk mengetahui sebab tarikan mobil tersendat, coba periksalah filter bahan bakarnya. Pahami dulu fungsi filter bahan bakar mobil secara umum dan cara membersihkan filter bahan bakar. Fungsi filter bahan bakar pada mobil berguna untuk menyaring zat-zat tidak perlu dan kotoran di bahan bakar agar tidak ikut masuk ke bagian pembakaran. Seperti timbal dan sebagainya. Di awal-awal memang tidak terasa karena kotorannya masih menumpuk sedikit. Efeknya baru terasa setelah kotoran sudah menumpuk banyak. Seperti percepatan yang tidak lancar dan mobil tersendat. Tentu ini akan sangat mengganggu kenyamanan berkendara.

Ada solusi dan pencegahan jika sebab tarikan mobil tersendat ada di filter bahan bakarnya. Solusinya yaitu membersihkan filter bahan bakar. Jika kondisinya sudah rusak, maka belilah filter bahan bakar yang baru. Setelah membeli filter bahan bakar baru, maka lakukan pencegahan agar lebih awet. Pencegahannya seperti membeli bahan bakar berkualitas yang endapannya rendah. Jika terlalu mahal bagi anda, maka isilah sekali atau dua kali tiap bulan. Pencegahan lain yaitu membersihkan filter bahan bakar secara rutin. Jangan sampai kotorannya menggunung.

  • Kehabisan Bahan Bakar

Penyebab tarikan mobil tersendat kedua adalah kehabisan bahan bakar. Ini terjadi karena pengemudi kurang perhatian pada mobil. Bisa juga petunjuk volume bahan bakarnya yang rusak sehingga pengemudi menilai tidak ada masalah dengan isi bahan bakarnya. Tentu anda harus segera memperbaiki penunjuk volume bahan bakar. Usahakan agar tangki bahan bakar tidak dalam kondisi “E” di waktu yang lama. Jika sudah menyentuh “E” maka segera cari tempat pengisian bahan bakar dan segera isi.

  • Korosi di Tangki Bahan Bakar

Korosi di tangki bahan bakar juga menjadi sebab tarikan mobil tersendat. Lakukan pengurasan pada tangki bahan bakar untuk menghindari korosi meski tidak tersumbat. Terutama jika usia mobil anda sudah lewat lima tahun. Karena korosi berpotensi menghasilkan embun yang lalu membentuk senyawa kimia baru. Senyawa kimia baru ini mengakibatkan tarikan mobil tersendat. Biasanya kondisi ini menyerang mobil yang tangki bahan bakarnya terbuat dari besi. Rawatlah tangki dengan cara merawat tangki bahan bakar mobil karena jika tidak terawat bisa menjadi penyebab mobil bau bensin.

Sponsors Link

  • Sistem Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian meliputi busi, koil, kabel busi dan lain-lain. Sistem pengapian yang bermasalah bisa menjadi penyebab tarikan mobil tersendat dan brebet. Ini terjadi karena kekurangan bahan bakar sehingga performa mesin kurang baik. Hingga terjadilah pembakaran tidak sempurna. Karena pembakaran tidak sempurna, maka mobil jadi tersendat.

Untuk memeriksa pengapian, bisa anda lakukan di tempat gelap atau malam hari. Coba nyalakan mesin dan amati sistem pengapiannya. Setidaknya ada tiga hingga empat busi di dalamnya. Jika terjadi kebocoran di dalamnya, biasanya percikan apinya sedikit. Segera bawa ke bengkel untuk memperbaiki sistem pengapiannya.

Selain busi, pengecekan harus meliputi kabel busi juga. Busi yang tidak bagus biasanya bagian katupnya sudah retak atau rusak. Jika dipaksa nyala, api platina cukup lemah sehingga mobil jadi tersendat. Anda harus segera mengganti jika kondisinya sudah seperti ini.

  • Radiator Bermasalah

Penyebab tarikan mobil tersendat mungkin di radiatornya. Pahami dulu komponen radiator. Radiator dikatakan bermasalah apabila kekurangan air, rusak, kebocoran pada selang dan sebagainya. Untuk kebocoran, anda perlu tahu radiator mobil bocor. Jika tersumbat cara membersihkan radiator yang tersumbat bisa menjadi solusi. Jika radiator bermasalah, maka mobil akan cepat panas.

Sponsors Link

Jika mobil panas, maka terjadilah knocking dan lemah tenaga sehingga jalannya tersendat. Tingkat suhu mobil bisa anda cek di dashboard. Anda bisa segera mematikan mobil ketika suhu mobil di atas normal. Untuk mengatasi radiator bermasalah, anda bisa mengisi tangki radiator dengan air jika kekurangan air dan mengganti selangnya jika ada kebocoran.

  • Ada Gelembung di Sistem Injeksi

Prinsip mobil yang menggunakan sistem injeksi menggunakan tekanan bahan bakar untuk memasok bahan bakar ke ruang mesin. Tapi, tekanan udara akan kacau jika ada gelembung di sistem bahan bakar. Tekanan udara yang kacau ini membuat pasokan bahan bakar terputus-putus. Pasokan yang terputus ini membuat tarikan mobil tersendat. Biasanya ini terjadi ketika bahan bakarnya habis atau waktu mengganti filter bahan bakar. Seputar mobil injeksi anda perlu tahu cara menghidupkan mobil injeksi yang kehabisan bensincara memperbaiki mobil injection mogok dan cara merawat mesin mobil injeksi.

Demikian informasi tentang penyebab tarikan mobil tersendat. Jika sudah mengetahui penyebabnya, anda bisa segera memperbaikinya secara mandiri atau bawa ke bengkel. Setelah diperbaiki atau diganti yang baru, pertahankan keawetan komponen agar umurnya tahan lama dan kenyamanan mobil selalu terjaga.

Sponsors Link
, , , , ,