Sponsors Link

3 Penyebab Starter Motor Berat yang Perlu Diketahui Setiap Pengendara Motor

Sponsors Link

Kondisi starter yang berat atau tidak bisa dinyalakan sering dialami oleh pengemudi di jalan. Masalah ini tentunya sangat merugikan. Mobil mogok tidak bisa distarter dapat menghambat laju kendaraan. Masalah lain yang dapat menghambat kendaraan diantaranya adalah rem cakram mobil panas,  penyebab rem mobil blongpenyebab rem tromol macet rem cakram seret dan yang lainnya. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui penyebab mobil bermasalah saat distarter serta cara merawat mobil baru untuk menghindari masalah yang mungkin terjadi di masa mendatang.

ads

Starter yang bermasalah ternyata tidak hanya dialami oleh mobil, motor pun terkadang mengalami masalah yang sama. Penyebabnya tentu berbeda dengan masalah starter pada mobil. Bagian-bagian yang ada pada motor pun berbeda dengan bagian-bagian mobil. Artikel ini akan mengulas lebih lanjut perihal Penyebab Starter Motor Berat yang perlu diketahui oleh setiap pengendara motor.

Penyebab Starter Motor Berat

Dikutip dari laman www.iamlivingit.com, penyebab utama starter motor berat atau bermasalah dapat dibagi ke dalam tiga poin yaitu masalah pembakaran (ignition), masalah bahan bakar (fuel) dan masalah kompresi atau tekanan.

1. Pembakaran 

Busi motor (spark plug) memainkan peranan yang penting dalam proses pembakaran. Fungsinya adalah memberikan percikan pada bensin yang telah dikompres pada piston. Jika busi tidak dapat mengeluarkan percikan api sebagaimana mestinya, maka pembakaran tidak akan berjalan dengan baik. Sehingga starter motor terasa sulit untuk dinyakalakan.

Pemeriksaan busi dapat dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya masalah pada percikan api. Jika ternyata busi tidak mengeluarkan percikan api, maka pilihan terbaik yang dapat dilakukan adalah mengganti busi dengan yang baru. Namun jika busi sudah mengeluarkan percikan api, maka permasalahannya kemungkinan adalah percikan busi tidak sampai pada silinder dalam waktu yang tepat.

2. Bahan Bakar 

Motor yang disimpan di garasi dan tidak digunakan dalam waktu yang lama biasanya akan mengalami masalah pada bahan bakarnya. Terkadang bahan bakarnya akan mengering. Inilah alasan mengapa motor tidak bisa distarter. Jika masalah ini terjadi, penting untuk memeriksa selang bahan bakar dan pastikan saluran selang tidak tersumbat.

Ketika ada masalah pada saluran selang bahan bakar, kemungkinan penyaring bahan bakar pada selang juga tersumbat. Untuk mengatasinya, dianjurkan untuk menambah bahan bakar lagi, supaya bahan bakar bisa mengalir ke sistem pembakaran dengan baik.

Alasan lain yang menyebabkan motor Anda tidak dapat distarter adalah mesin yang dibanjiri bahan bakar. Untuk menghilangkannya, Anda dapat mematikan motor, melepas businya dan matikan choke-nya sebelum menguras habis bahan bakarnya. Dianjurkan untuk mendiamkan motor selama beberapa saat agar bahan bakar yang membanjiri mesin bisa menguap secara sempurna.

Jika motor tetap tidak mau distarter meskipun pemeriksaan terhadap hal-hal yang telah dijelaskan di atas telah dilakukan, maka masalahnya kemungkinan ada pada karburatornya. Penggantian atau pembersihan karburator secara menyeluruh perlu dilakukan. Melakukan tuning pada karburator untuk meningkatkan performanya juga sangat dianjurkan.

Terakhir yang perlu diperiksa adalah saluran udara atau vacuum line. Agar dapat bekerja dengan baik, bahan bakar perlu dicampur dengan sejumlah udara. Percampuran bahan bakar dan udara ini adalah kekuatan dari pengendaraan motor Anda. Jadi, saluran udara dan penyaring perlu diperiksa secara mendetail.

Sponsors Link

3. Kompresi

Ketika menyalakan starter motor, jika dirasa tidak ada masalah pada pembakaran dan bahan bakar namun motor masih belum menyala juga, maka masalah bisa jadi ada pada mesin motor. Salah satu alasan mengapa motor tidak dapat menyala adalah karena percampuran udara dan bahan bakar yang tidak mendapatkan tekanan udara yang optimal. Penyebabnya bisa jadi karena kerusakan bagian-bagian tertentu seperti cincin piston, piston, silinder dan yang lainnya.

Jika Anda merasa ada kerusakan pada bagian-bagian tersebut, maka satu-satunya yang dapat dilakukan adalah mengganti bagian-bagian tersebut. Pengerjaannya hanya dapat dilakukan oleh ahli mekanik yang sudah berpengalaman.

Sponsors Link

Itulah uraian mengenai Penyebab Starter Motor Berat yang perlu diketahui setiap pengendara motor. Starter motor yang berat atau bermasalah kemungkinan besar akan dialami oleh setiap pengendara motor. Apalagi jika motor yang mereka gunakan sudah cukup tua dan usang. Umur sepeda motor juga berpengaruh terhadap kinerja bagian-bagian motornya. Jika motor Anda mengalami masalah tersebut, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Pertama periksa mesin pembakaran pada motor. Motor yang berat distarter kemungkinan memiliki busi yang bermasalah. Busi tidak dapat memercikkan api dengan baik. Selanjutnya periksa sistem bahan bakar pada motor. Pastikan bahan bakar tidak mengering dan saluran bahan bakar tidak tersumbat. Terakhir periksa tekanan pada mesin motor. Penyebab lain dari motor yang tidak bisa distarter adalah mesin motor yang tidak mendapatkan cukup tekanan udara. Untuk dapat menjaga agar starter motor terus berfungsi, maka perlu dilakukan perawatan yang rutin.

Sponsors Link
, , ,