Sponsors Link

8 Penyebab Oli Rembes Dilihat Dari Titik Kerusakan

Sponsors Link

Mobil tentunya membutuhkan perawatan yang rutin, misalnya saja perawatan mesin mobil dan komponen lainnya. Sehingga membuat mobil tetap memiliki peforma yang maksimal sepanjang digunakan. Namun jika mobil tidak dirawat dengan baik, maka tentu saja akan menyebabkan berbagai masalah-masalah pada mobil yang dapat menganggu kenyamanan saat berkendara. Salah satu masalah yang dapat terjadi pada mobil adalah oli mobil yang merembes. Seperti yang anda ketahui, fungsi oli pada mobil cukup vital sebagai pelumas. Sehingga jika sampai oli mengalami kebocoran maka akan menyebabkan berbagai masalah dapat timbul selama mobil dikendarai. Nah berikut ini beberapa penyebab oli rembes yang dapat dilihat dari titik rembesan oli.

ads

1. Rembesan Di Bagian Ujung Kanan Depan dan Bagian Bawah Mobil

Jika anda mendapati rembesan oli yang berada di bagian ujung kanan depan serta bawah mobil, maka bisa dipastikan jika kebocoran ini disebabkan karena permasalahan pada seal kompresor. Hal ini juga terlihat dari warna rembesan oli yang merah atau jernih. Masalah ini harus segera diperbaiki sehingga tidak mempengaruhi ataupun merusak bagian lainnya seperti pompa oli power steering.

KOndisi ini juga dapat disebabkan karena kebocoran pada seal oil pump dan seal oil crankshaft. Bisa terlihat dari rembesan oli yang keluar terlihat tampak kotor. Anda harus segera memperbaiki kondisi ini agar tidak membuat timing belt cepat rusak.

2. Rembesan Pada Bagian Tengah Dekat Radiator

Penyebab oli rembes ini bisa disebabkan karena kebocoran yang terjadi pada seal crankshaft. Hal ini dapat terlihat dari warna oli yang keluar sama seperti oli yang masuk ke dalam mesin. Biasanya permasalahan ini terjadi pada tipe mobil RWD. Jika tidak segera diperbaiki dapat menjadipenyebab mobil berisik.

3. Rembesan Di Belakang Mesin Atau Dari Tempat Oli Transmisi

Kebocoran ini bisa terjadi disebabkan permasalahn pada seal crankshaft. Ciri-ciri yang dapat terlihat adalah rembesan oli sangat encer jika berasal dari mesin dan sangat kental jika berasal dari sistem transmisi. Jika tidak diperbaiki maka akan menyebabkan mobil kekurangan 2 oli  tersebut.

4. Rembesan Di Antara Kedua Ban Mobil Bagian Belakang

Jika kebocoran terjadi pada bagian ban belakang mobil, terutama yang dekat dengan seal untuk gardan maka penyebabnya bisa terjadi dikarenakan kerusakan pada seal. Untuk memperbaiki nya anda bisa mengganti seal dengan komponen yang baru.

5. Rembesan Di Belakang Dekat Wheel Drive

Jika kebocoran oli terdapat pada wheel drive, maka mungkin permasalahan diakibatkan karena kebocoran pada wheel drive. Ciri-cirinya dapat terlihat dari oli yang muncul adalah oli gardan. Jika tidak segera diperbaiki maka akan menyebabkan kerusakan pada transmisi yang dapat membuat anda mengeluarkan banyak biaya nantinya.

6. Rembesan Di Seal Roda Belakang

Kebocoran ini dapat terlihat dari ban dalam yang terdapat di bagian belakang mobil menjadi kotor. Jika tidak segera diatasi, maka hal ini bisa menyebabkan kerja sistem pengereman menjadi berkurang dan mempengaruhi kenyamanan dalam berkendara.

7. Rembesan Di Bagian Roda Gigi Setir

Penyebab oli rembes yang satu ini dikarenakan adanya kebocoran pada seal kompresor. Dapat terlihat dari ciir ciri oli yang merembes menyebabkan setir mobil terasa sangat berat.

8. Rembesan Pada Ujung Knalpot

tak jarang oli juga dapat merembes melalui knalpot. Hal ini mungkin disebabkan karena kerusakan pada seal dan batang klep. Hal ini ditandai dengan tenaga mesin yang sering hilang serta oli yang cepat habis.

Sponsors Link

Untuk mencegah terjadinya oli yang merembes terus menerus, maka segera perbaiki kerusakan sesuai dengan penyebabnya. Selain itu rutinlah melakukan penggantian oli secara rutin sesuai dengan jangka waktu. Jangan lupa melakukan servis rutin ke bengkel terdekat sehingga dapat mengetahui lebih lanjut kondisi mobil anda. Nah itu tadi informasi mengenai penyebab oli rembes yang dapat anda ketahui. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis