Sponsors Link

Penyebab Mobil Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Tentu anda pernah mengendarai mobil ke wilayah dataran tinggi seperti pegunungan atau bukit. Tapi ketika melalui tanjakan, mendadak mobil anda tidak kuat menaikinya. Ada jenis mobil yang kuat di tanjakan dan Sehingga semua penghuni mobil turun dan terpaksa mendorong mobil bersama-sama. Ini berarti mobil anda sedang tidak bertenaga dan tentu ada beberapa penyebab mobil tidak bertenaga. Kadang kala tarikan mobil berat saat AC hidup. Berikut penyebab mobil tidak bertenaga.

ads
  • Kotornya Saluran Bahan Bakar

Penyebab mobil pertama tidak bertenaga mungkin karena kotornya saluran bahan bakar. Periksalah mulai dari tangki bahan bakar sampai injektor. Penyumbatan terjadi karena kotoran yang mengotori sistem injeksi. Dampak dari sumbatan ini membuat mesin pincang, kehilangan tenaga dan yang terburuknya mogok.

Ada beberapa komponen bahan bakar yang sering tersumbat oleh kotoran. Yaitu injektor dan filter bahan bakar. Kita bahas injektor dulu. Injektor mempunyai niple jet yang ukurannya kecil. Yang susah jika benda kecil ini kena kotoran. Penyemprotan bensin ke intake manifold akan terganggu yang mengakibatkan lemahnya mesin. Kedua yaitu filter bensin. Fungsi filter bensin yaitu untuk menyaring beberapa zat yang kotor seperti timbal agar tidak ikut masuk ke pembakaran.

Kalau filter bahan bakar tersumbat, maka pasokan bensin akan kurang dari semestinya. Rutinlah memeriksa saluran bahan bakar agar terjaga dari kotoran yang menyumbat dan mengganggu. Anda perlu tahu fungsi filter bahan bakar mobil secara umumcara membersihkan filter bahan bakar dan cara merawat tangki bahan bakar mobilPemilihan bahan bakar mobil yang cocok bisa menjaga saluran bahan bakar anda dari kotoran.

  • Kekurangan Suplai Udara

Kedua, kekurangan suplai udara menjadi alasan mobil tidak bertenaga. Jangan meremehkan udara karena udara menentukan bagaimana tenaga mobil. Jika suplai udara besar, maka tenaga yang dihasilkan juga besar. Begitu juga sebaliknya, jika suplai udara kecil, maka tenaga mobil yang dihasilkan kecil. Temperatur udara juga mempengaruhi. Pada udara dingin, molekulnya cukup kecil sehingga suplai udara besar bisa masuk dengan mudah. Salah satu sebab mobil kekurangan suplai udara karena ada sesuatu yang mengganggu jalan udara hingga intake manifold.

Periksa dulu filter udaranya. Segera bersihkan apabila filter udaranya penuh dengan kotoran dan debu karena menghambat laju udara. Intinya tidak begitu jauh beda dengan filter bahan bakar. Filter bahan bakar diganggu oleh kotoran semacam timbal dan filter udara diganggu oleh debu yang menghambat masuknya udara. Meski melalui wilayah dataran tinggi, kalau

Untuk mobil yang menggunakan teknologi DBW atau EFI, debu bisa menyerang di throttle body. Biasanya ditandai dengan langsam mobil yang cenderung naik turun. Ketika pengemudi memaksa mobil menaiki dataran tinggi, mendadak tenaga mobil akan turun karena kotoran di bagian rongga throttle mengganggu masuknya udara.

Sponsors Link

  • Plat Kopling Sudah Habis

Penyebab mobil tidak bertenaga ketiga adalah ausnya plat kopling. Ketika melalui tanjakan, umumnya orang-orang akan menggunakan setengah kopling. Penggunaan setengah kopling ini membuat gesekan kuat plat kopling dengan pressure plate. Semakin sering dua komponen ini bergesekan, maka plat kopling akan semakin cepat aus. Tenga mesin tidak bisa lanjut ke transmisi karena plat kopling habis atau menipis. Waktu mobil melalui tanjakan, putaran mesin tidak mampu menggerakkan mobil.

Kenali tanda plat kopling yang sudah habis seperti kesulitan masuk gigi. Periksa dulu jika tanda-tanda ini muncul apakah plat kopling benar sudah habis. Jika benar, sebaiknya anda jangan melalui dataran tinggi karena dikhawatirkan mobil akan kehilangan tenaga ketika di tanjakan dan anda harus mendorongnya. Ganti platnya baru lalui dataran tinggi. Anda perlu tahu komponen kopling mobil.

  • Masalah Pada Turbo Vane

Kali ini bahasan khusus untuk anda yang memiliki mobil menggunakan mesin bertenaga diesel. Di dalam mobil ada turbocharger yang salah satu komponen penyusunnya disebut turbo vane. Manfaat turbo vane ini untuk mengatur tekanan boost yang dihasilkan turbo. Mungkin penyebab mobil tidak bertenaga karena turbo vanenya bermasalah. Turbo vane yang bermasalah memperlihatkan dua efek yaitu overboost dan underboost.

Sponsors Link

Overboost terjadi karena terlalu banyak udara yang masuk yang mengakibatkan mesin knocking dan mengalami overheat. Selain karena turbo vane, anda perlu tahu ciri-ciri mobil overheatingUnderboost terjadi karena buka tutupnya katup tidak pas, mesin akan kekurangan udara sehingga tenaga mesin melemah. Sebaiknya mobil yang sering mengalami over dan underboost segera dibawa ke bengkel karena cukup rumit untuk memperbaikinya sendiri. Jika anda belum tahu fungsi turbo, maka anda perlu tahu fungsi turbo pada mesin diesel.

  • Tapak Roda Terlalu Lebar

Tapak roda yang lebar memang lebih stabil tapi kerugiannya membutuhkan tenaga yang lebih banyak. Wajar saja karena harus memutar massa dan luas penampang yang lebih besar. Jika spesifikasi mesin tidak mengatasi, maka malah membuat daya mesin semakin lemah. Sebaiknya gunakan roda yang sesuai spesifikasi.

Demikian informasi tentang penyebab mobil tidak bertenaga. Semoga dengan informasi ini anda mengetahui penyebab kenapa tenaga mobil anda lemah. Jangan naik dataran tinggi dulu sebelum mengecek indikasi-indikasinya.

Sponsors Link
, , ,