Sponsors Link

4 Penyebab Mobil Korsleting Yang Memicu Kebakaran

Sponsors Link

Anda pernah mendengar kasus mobil yang dapat terbakar? Tentu saja masalah mobil yang terbakar bisa saja terjadi menimpa anda bahkan ketika mobil sedang dikendarai. Mobil yang terbakar bisa saja disebabkan masalah korsleting pada komponen-komponen di dalam mobil. Apa itu korsleting? Korsleting merupakan hubungan yang terjadi antara arus listrik dengan tahanan yang kecil. Sehingga menyebabkan aliran yang cukup besar yang menyebabkan suhu kabel meningkat dan penyebab mobil terbakar. Nah berikut ini beberapa penyebab mobil korsleting yang dapat memicu kebakaran pada mobil.

ads

1. Kabel-Kabel Yang Terkelupas

Kondisi kabel yang mengelupas seringkali menjadi penyebab utama mengapa mobil dapat terbakar saat dikendarai di jalanan. Hal ini dikarenakan kabel yang berbahan dasar tembaga berfungsi sebagai konduktor yang mengalirkan listrik dan karet pelindungnya berperan menjadi isolator. Jika sampai kabel mengelupas, maka akan menyebabkan karet kawat tembaga menempel di konduktor lainnya. Jika sampai bagian tembaga ini menempel pada blok mesin yang berbahan dasar besi  maka akan memicu terjadinya korsleting. Jika dibiarkan terus menerus maka tentu saja kondisi ini memicu terjadinya mobil yang dapat terbakar.

2. Soket Yang Terbakar

Soket yang terbakar biasanya disebabkan karena aliran listrik yang besar sehingga membuat soket tidak dapat menahan panas yang disebabkan besarnya arus listrik yang mengalir. Jika soket terlalu kecil dan digunakan sebagai penghubung arus listrik yang menuju beban yang arusnya lebih besar maka akan menyebabkan komponen meleleh dan menjadi terbakar.

3. Pemasangan Kabel Kurang Rapi

Penyebab mobil bisa terbakar lainnya bisa disebabkan karena pemasangan kabel-kabel di dalam mobil yang kurang rapi. Pemasangan kabel pada sistem kelistrikan benar-benar harus anda perhatikan karena hal ini akan mempengaruhi keselamatan mobil. Jika kabel tidak beraturan dan tersangkut di beberapa komponen mesin mobil maka akan menyebabkan kabel dapat terkelupas dan putus. Anda bisa mencoba mengatasi hal ini dengan cara menhatukan semua kabel-kabel pada sistem kelistrikan dan letakkan jauh dari hal-hal yang panas dan bergerak.

4. Kabel Berukuran Kecil

Jika kabel yang digunakan berukuran terlalu kecil maka bisa menjadi penyebab mobil korsleting. Biasanya ini terjadi pada kabel sensor atau kabel yang menuju saklar memang memiliki diameter yang berukuran kecil. Selain itu kabel yang digunakan pada lampu mobil juga memliki ukuran yang cukup kecil. Sehingga perhatikan ketika anda menggunakan lampu dengan daya yang besar. Hal ini karena lampu ini akan menggunakan arus listrik yang lebih bsar sehingga rawan sekali jika mengalami panas dan menyebabkan pelindung kabel menjadi terkelupas.

Sponsors Link

Jika hal ini terus menerus dibiarkan tak hanya menyebabkan korsleting terjadi namun juga menjadi  penyebab lampu depan mobil mati mendadak. Solusinya bisa anda lakukan dengan mengganti relay set dengan kabel yang lebih besar saat mengganti daya lampu yang besar pula. Sehingga nantinya sistem kelistrikan menjadi lebih aman dan tidak menyebabkan mobil dapat terbakar.

Nah itu tadi beberapa hal yang dapat menjadi penyebab mobil korsleting yang dapat memicu mobil dapat terbakar. Jangan anggap sepele masalah seperti ini karena berpengaruh pada keselamatan anda dalam berkendara. Segera perbaiki kerusakan, anda bisa mencoba membawa mobil ke bengkel terdekat agar kerusakan tidak bertambah parah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis