Sponsors Link

5 Penyebab Mobil Boros dan Tidak Bertenaga Beserta Cara Memperbaiki

Sponsors Link

Selain boros bahan bakar, kadang kala mobil juga tidak bertenaga. Ini juga masih berkaitan dengan borosnya bahan bakar. Biasanya mobil yang tidak bertenaga membuat pengemudi harus menekan pedal gas lebih dalam dari biasanya. Memaksa mobil mengkonsumsi bahan bakar lebih dari yang seharusnya. Masalah seperti inilah yang mengakibatkan mobil jadi boros bahan bakar.

ads

Memang pada jaman sekarang, seiring dengan perkembangan teknologi, sudah ditemukan mobil injeksi yang cenderung lebih hemat bahan bakar. Tapi mobil injeksi juga bisa boros jika usianya semakin tua. Agar lebih tahan lama dan awet, anda perlu tahu cara merawat mesin mobil injeksi. Bahan bakar yang boros membuat anda sering mengeluarkan uang yang lebih dari seharusnya. Padahal, daripada buat beli bahan bakar, lebih baik uangnya digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat.

Tapi jangan khawatir, anda bisa menyelamatkan uang anda. Asalkan anda mengetahui penyebab mobil boros dan tidak bertenaga, anda bisa segera bertindak untuk mengatasi masalahnya. Penyebab-penyebab ini bisa ditemukan di sebagian besar mobil. Tidak hanya mobil injeksi saja. Berikut penyebab mobil boros dan tidak bertenaga.

  • Filter Udara yang Tersumbat Debu dan Kotoran

Langkah awal, periksalah kondisi filter udara pada mobil anda. Filter udara yang tersumbat biasanya menyebabkan mobil boros dan tidak bertenaga. Fungsi filter udara adalah menyaring debu yang terbawa di udara. Nantinya udara digunakan untuk membantu sistem pembakaran. Sehingga hanya udaranya saja yang masuk, tapi debunya tetap di pori-pori filter udara. Di awal-awal memang tidak ada gejala yang muncul. Semua memang baik-baik saja. Masalah muncul ketika kotoran dan debu sudah menumpuk di filter udara.

Menghalangi aliran udara yang masuk dan akibatnya proses pembakaran hanya menerima sedikit udara. Semakin sedikit udara maka semakin lemah tenaganya. Semakin lemah tenaganya maka semakin dalam seorang pengemudi menginjak gasnya. Semakin dalam injakan gas, maka konsumsi bahan bakar semakin boros. Solusinya bersihkan filter udara dari debu dan kotoran yang menempel di sana secara berkala. Sebelum membersihkan, anda perlu membaca cara membersihkan filter udara. Jika rusak, gantilah dengan yang baru. Biasanya ganti sekali tiap dua tahun. Kira-kira harganya tidak sampai seratus ribu.

  • Busi yang Terlalu Renggang dan Posisi Karburator yang Tidak Pas

Seperti yang anda tahu, busi dan karburator sangat erat kaitannya dengan sistem pembakaran. Baca sistem pengapian pada mobil jika anda belum tahu. Karena itu sesuaikan dan rawat kondisi busi dan karburator. Ada beberapa fungsi busi pada mobil. Jaga agar posisinya pas dan tidak kotor. Perhatikan ikatannya. Penyebab mobil boros dan tidak bertenaga adalah karena sumbu dan ikatannya terlalu renggang.

Terjadilah pembakaran tidak sempurna yang mengakibatkan lemahnya tenaga mobil. Semakin lemah tenaga mobil, maka semakin boros pula pemakaian bahan bakar. Tidak hanya busi, karburator juga mempengaruhi kondisi bahan bakar dan tenaga mobil. Anda perlu tahu cara kerja karburator mobil. Pemasangan karburator yang tidak pas dan kotor bisa membuat mobil tidak bertenaga. Jika karburator nembak, anda perlu tahu penyebab karburator nembak.

Sponsors Link

  • Kerak yang Mengganggu Ruang Bakar

Penyebab mobil boros dan tidak bertenaga ketiga adalah adanya kerak. Kerak yang berada di ruang bakar ini mengganggu proses pembakaran karena memakan ruang. Volume ruang bakar yang berkurang ini mengakibatkan bahan bakar yang masuk, yang diproses dan yang dihasilkan tidak maksimal pula. Sehingga tenaga mobil yang dihasilkan lemah dan tidak bertenaga.

Untuk mencegah terjadinya kerak, gunakanlah bahan bakar yang sesuai dengan mesin mobil. Seperti bahan bakar dengan oktan 92 untuk kompresi mobil yang lebih dari 10:1. Untuk mengatasi masalah ini, bawa mobil anda ke bengkel agar kerak yang memenuhi ruang bakar dibersihkan. Coba saja isi dengan pertamax. Meski mahal, manfaat pertamax untuk mobil cukup baik.

  • Mesin Overheat

Mesin yang terlalu panas juga bisa mengakibatkan mobil tak tertenaga. Sesuai hukum fisika, logam yang mendapat panas akan memuai. Tentu logam-logam ini memuai Karena memuai, komponen mesin jadi lebih berat. Selain itu masih ada ciri-ciri mobil overheating. Karena berat inilah mobil jadi tidak bertenaga. Sehingga boros bensin. Anda perlu tahu cara mengatasi mesin mobil cepat panas dan mesin mobil panas saat macet.

Sponsors Link

  • Turbo Vane Bermasalah

Penyebab mobil boros dan tidak bertenaga yang terakhir ini khusus untuk mobil diesel. Ada dua masalah pada turbo vane yaitu overboost dan underboost. Overboost terjadi karena kelebihan suplai udara sehingga terjadi knocking atau overheat. Kalau underboost terjadi karena kebalikannya. Yaitu kekurangan suplai udara sehingga mobil menajdi tidak bertenaga. Memang terdengar mirip dengan masalah seperti pada filter udaranya. Solusinya belikan turbo vane yang baru yang masih bisa bekerja dengan baik.

Demikian informasi tentang penyebab mobil boros dan tidak bertenaga. Kalau urusan boros bahan bakar dan tidak bertenaga, anda memang harus memeriksa sistem pembakarannya. Semoga dengan bantuan informasi ini, anda mampu mengatasi mobil anda yang tidak bertenaga dan boros bahan bakar. Dengan begitu, mengemudi nyaman dan uang pun bisa dihemat dengan aman.

Sponsors Link
, , ,