Categories: Masalah Teknis

5 Penyebab Mobil Avanza Nyendat Dan Cara Mengatasinya

Siapa yang tidak mengenal mobil Avanza? mobil MPV terbaik ini menjadi salah satu mobil yang cukup laris di pasaran Indonesia karena harganya yang terjangkau dan fiturnya yang cukup lengkap digunakan sebagai mobil keluarga. Namun sama halnya dengan mobil-mobil lainnya, mobil Avanza juga dapat mengalami permasalahan bisa jadi karena kurangnya perawatan yang dilakukan maupun komponen-komponen yang sudah cukup tua.

Salah satu permasalahan pada mboil Avanza yang seringkali terjadi adalah mobil yang tersendat-sendat saat dikendarai bahkan dapat berakhir mogok di tengah jalan. Nah kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai penyebab mobil avanza nyendat serta cara untuk mengatasinya.

1. Bahan Bakar Yan Mau Habis

Salah satu penyebab yang paling umum dapat terjadi dikarenakan kondisi bahan bakar yang mau habis, hal ini bisa jadi yang menjadi penyebab mobil jalan tersendat-sendat. Kondisi seperti ini bisa saja terjadi dikarenakan pemilik mobil yang kurang memperhatikan kondisi kendaraannya sehingga bahan bakar habis tanpa disadari. Jika hal ini menjadi penyebabnya, maka anda hanya perlu mengisi bahan bakar kembali. Dan selalu periksa volume bahan bakar sebelum anda menggunakannya sehingga kondisi seperti ini tidak terjadi lagi.

2. Pompa Bensin Rusak atau Melemah

Pada mobil, pompa bensin merupakan komponen yang cukup vital karena bekerja untuk menyalurkan bahan bakar yang berasal dari tangki. Pompa bensin ini terbagi menjadi 2 jenis utama, yaitu pompa bensin mekanik dan pompa bensin elektrik. Pada jenis pompa bensin mekanik memang tidak membutuhkan daya untuk dapat berjalan. Pompa bensin mekanik dapat bekerja dengan adanya putaran mesin yang menyalurkan bahan bakar dari dalam tangki. Sedangkan untuk pompa bensin elektrik membutuhkan daya yang bekerja untuk menyalurkan bahan bakar yang berasal dari tangki bahan bakar.

Jika pompa bensi mekanik sudah berumur cukup tua, maka biasanya akan mengalami kebocoran yang menyebabkan oli dapat merembes. Sehingga membuat tarikan mobil tersendat dan bahkan mesin mati. Sedangkan pada jenis pompa bensin elektrik, biasanya kondisinya sudah melemah sehingga menyebabkan gejala brebet pada mobil. Untuk mengatasinya anda bisa melakukan penggantian pompa bensin.

3. Filter Bensin Mampet

Kerja dari filter bensin adalah sebagai penyaring kotoran agar tidak menyumbat dan masuk ke dalam ruang mesin. Jika filter mampet dan tidak bekerja maka akan menyebabkan aliran bensin menjadi terganggu, hal ini lah yang kemudian menjadi penyebab mobil brebet saat panas. Solusinya adalah anda bisa mengganti filter bensin anda dengan yang baru. Namun untuk kondisi darurat, anda bisa membersihkan filter bensin dengan cara memasukkan bensin dari arah masuk, kemudian kocok dan keluarkan.

3. Filter Udara Kotor

Tak hanya filter bahan bakar, filter udara yang kotor dapat menjadi penyebab mobil avanza nyendat dan bahkan mati mendadak saat dikendarai. Jika filter udara mampet dan tidak bekerja maka akan menyebabkan aliran udara untuk pencampur bahan bakar menjadi terhambat. Jika kondisinya parah, maka akan lebih baik mengganti filter udara tersebut.

4. Injector/Karburator Mampet

Mampetnya injektor/karburator mobil bisa menyebabkan bahan bakar tidak dapat tersalurkan sempurna menuju ruang bakar. Anda bisa mencoba untuk membersigkannya dengan cara menyemprot dengan karburator cleaner. Jika kondisi kerusakan sudah cukup parah, maka akan lebih baik untuk membawa mobil ke bengkel untuk dibersihkan dan diservis lebih lanjut

5. Masalah Pada Busi

Busi menjadi permasalahan yang sering terjadi yang menyebabkan mobil tersendat-sendat saat dikendarai. Busi menjadi komponen yang vital yang bekerja untuk memercikkan api di dalam ruang bakar. Sehingga ketika busi bermasalah, maka mesin menjadi pincang dan terasa tersendat-sendat saat berjalan. Jika memang ada kondisi busi yang sudah mati atau sudah tidak layak pakai, maka cara mengatasi mobil tersendat adalah dengan mengganti semua busi dengan komponen yang baru. Tak hanya busi, kabel busi yang bermasalah juga menyebabkan mesin terasa pincang karena tidak bekerja dengan baik.

Nah itu tadi beberapa penyebab mobil avanza nyendat serta cara mengatasi permasalahan tersebut. Jangan lupa pula untuk melakukan perawatan rutin sehingga kondisi dan peforma mobil bisa terjaga dengan baik dan maksimal. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi anda.

 

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago