Sponsors Link

4 Penyebab Lampu Utama Mobil Selalu Berembun

Sponsors Link

Didalam sebuah mobil tentunya terdapat berbagai komponen yang sangat penting terhadap keselamatan pengendaraan pengemudinya. Sebut saja seperti lampu mobil ya sobat, terutama fungsi lampu mobil utama anda. Lampu utama atau headlamp ini mempunyai fungsi yang sangat penting pada kendaraan anda.

ads

Dengan sorotan lampu yang sangat tajam, maka anda akan memudahkan anda mengendarai mobil anda karena akan sangat terbantu karena sorotan lampu ini. Apabila terdapat masalah pada lampu ini tentunya bukan hanya membuat atau menimbulkan masalah pada pengemudian anda namun juga akan berpotensi membahayakan keselamatan pengendaraan anda juga tentunya. Oleh karena itu sobat, penting bagi anda untuk menjaga dan merawat lamu yang satu ini secara berkala.

Meski kita sudah menjaga dan merawat lampu utama pada mobil kita sobat, namun hal ini tidak menjamin lampu utama tersebut akan terbebas dari dari masalah. Pada umumnya, lampu utama ini memiliki satu masalah yang kerap terjadi, yakni selalu berembun.

Pada saat lmu utama pada mobil anda sering berembun, maka hal ini bisa menggangu kenyaman dan keselamatan anda pada saat berkendara. Dimana pada kondisi seperti ini, tentunya akan membuat sorotan lampu utama tersebut akan berkurang.

Jika sorotan lampu tersebut berkurang, khususnya pada malam hari atau pada saat hujan turun, maka akan menghalangi jarak pandang anda. Nah sobat semua, lantas apa saja penyebab lampu utama mobil selalu berembun? Yuk sobat, mari langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Pada umumnya sobat, penyebab lampu utama anda berembun, dikarekan oleh adanya air atau uap air yang masuk dan terperangkap dalam lampu utama tersebut, sehingga akan menyebabkan lampu tersebut akan berembun. Berikut ini beberapa penyebab lampu utama tersebut berembun.

1. Terdapat Celah Pada Bagian Body Headlamp

Penyebab yang pertama adalah terdapatnya celah pada bagian body headlamp mobil anda. Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas sobat, bahwasannya salah satu penyebab lampu utama berembun adalah karena adanya air dan uap ait yang terperangkap di dalamnya.

Nah air tersebut bisa terperangkap di dalamnya disebabkan oleh adanya celah pada bagian body headlamp. Apabila terdapat celah pada bagian body headlamp ini, maka sudah pasti ya sobat air atau uap air masuk ke dalam lampu utama tersebut, sehingga air akan terperangkap di dalamnya akan membuat lampu utama anda berembun. Pahami juga jenis lampu headlamp mobil agar anda lebih tahu.

2. Karet Socket Tidak Rapat

Penyebab yang kedua adalah karena karet socket bohlam anda tidak rapat. Hal ini bisa saja diakibatkan oleh karet socket yang sudah rusak tau tua, sehingga tak jarang membuat karet socket tersebut menjadi geras. Pada kondisi seperti ini sobat, akan sangat mungkin membuat air dan uap air akan masuk ke dalam lampu utama mobil anda.

Inilah salah satu penyebab lampu utama mobil anda menjadi berembun yang tidak jarang mengganggu keamanan anda dalam berkendara. Ada baiknya penggunaan dan fungsi lampu tembak mobil anda pahami sebagai pengetahuan tambahan.

Sponsors Link

3. Terdapat Celah Pada Sambungan Mika

Penyebab yang ketiga adalah terdapat celah pada sambunan mika lampu utama mobil anda. seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, lampu utama mobil terdiri atas bohlam dan juga mika lampu yang menutupi bohlam tersebut, selain itu mika ini juga bisa membuat sorotan pada bohlam tersebut semakin meluas dan tajam.

Nah sobat, oleh karena kurangnya perawatan dan juga masa atau usia pemakaian dari lampu tersebut, maka kualitas dari lampu tersebut bisa saja berkurang. Katakan saja  adanya celah pada mika lampu mobil anda.

Dengan adanya celah tersebut, maka bisa membuat air atau udara yang lembab kan terperangkan dalam muka tersebut, sehingga akan berdampak pada timbulan titik – titik air yang menyebabkan kaca mobil anda akan buram. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk mengecek bola lampu mobil anda secara rutin.

4. Perekatan Headlamp Pada Mobil Anda Tidak Sempurna

Penyebab yang keempat adalah perekatan headlamp pada mobil anda tidak sempurna. Pada saat perekatan antara mika lampu dan juga bagian dari mobil anda yang seyogianya menjadi tempat melekatnya mika tersebut tidak rapat karena proses perekatan yang tidak sempurna, maka akan berdampak pada masuknya air atau udara yang lembab pada bagian lampu mobil anda tersebut. Inilah salah satu yang menyebabkan lampu utama mobil anda menjadi berembun.

Itulah sobat penyebab lampu utama mobil selalu berembun yang bisa anda jadikan sebagai refrensi pada saat mobil anda berembun.

Berikut ini beberapa cara agar lampu utama mobil anda awet, berikut ulasannya untuk anda.

  • Lalukan pengecekan secara rutin terhadap lampu utama mobil anda. Lakukan pengedekan tersebut secara detail agar tidak sampai terdapat celah pada lampu mobil anda.
  • Apabila terjadi kerusakan pada karet, mika atau socket pada lampu mobil anda, maka segeralah lakukan perbaikan pada lampu mobil anda agar tidak berdampak buruk nantinya pada lampu mobil anda.
Sponsors Link

Demikian ulasan yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Terima kasih dan salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis