Categories: Masalah Teknis

4 Penyebab Klakson Mobil Tidak Menyala Dan Cara Mengatasinya

Klakson merupakan komponen yang cukup penting dalam sebuah kendaraan, baik itu roda dua maupun roda empat. Sehingga jangan sampai klakson mobil tidak bekerja atau tidak menyala. Tentu saja hal ini akan menyebabkan berkendara menjadi tidak nyaman, apalagi jika anda ingin mendahului kendaraan lain yang ada di depan anda. Untuk itu pentingnya menjaga kondisi klakson mobil sehingga tetap bekerja dengan baik. Lalu apa yang menjadi penyebab klakson mobil tidak menyala dan bagaimana cara mengatasinya? Berikut ini penjelasannya.

1. Kabel Klakson Bermasalah Atau Putus

Salah satu penyebab yang paling sering terjadi dan mengakibatkan kondisi klakson yang tidak menyala adalah kabel klakson mobil yang bermasalah atau putus sehingga menyebabkan klakson tidak berbunyi. Biasanya kerusakan pada kabek klakson terjadi karena masalah kelistrikan atau kabel yang putus diakibatkan karena terdapat jamur dan karat.

Untuk memperbaikinya, anda bisa menggunakan tes terminal pada klakson mobil dengan test lamph. Hubungkan test lamp dengan masa body dan kemudian pencet saklar klakson jika diperlukan. Jika test lamp menyala, hal ini menandakan jika terdapat arus listrik di dalamnya dan kondisi kabel memang normal. Jika tidak maka dipastikan ada masalah pada kabel klakson mobil anda. Untuk memperbaikinya, anda bisa menggantinya dengan kabel yang baru jika memang sudha putus dan rusak.

2. Sekring Klakson Bermasalah

Jika sekring yang terdapat pada klakson mobil terputus, maka klakson mobil otomatis juga tidak akan menyala meskipun anda sudah berulang kali memencetnya. Sekring yang mati biasanya disebabkan karena adanya suplay listrik yang terlalu besar ataupun karena usia pakainya yang sudah tua dan sudah seharusnya diganti. Untuk memperbaikinya, anda bisa mengganti sekring dengan yang baru. Gunakan sekring yang sama dan sesuai dengan bawaan pabrik sehingga dapat bekerja dengan baik pada mobil anda.

3. Saklar Klakson Bermasalah

Penyebab klakson mobil tidak menyala lainnya bisa disebbabkan karena klakson mobil yang memang sudah mati. Kerusakan ini biasanya disebabkan karena terdapat karat pada lempengan tembaga, kotoran yang menumpuk, maupun masalah pada kelistrikan mobil. Untuk memperbaikinya memang cukup rumit, anda perlu membongakr saklar dan emmastikan jika aliran listrik yang mengalir baik dan cukup. Setelah itu bersihkan semua kotoran yang menempel. Jika anda merasa kesulitan, maka anda bisa membawa mobil anda ke bengkel terpercaya untuk diperbaiki.

4. Rellay Klakson Bermasalah

Anda perlu mengecek apakah klakson mobil anda sudah memiliki rellay tambahan di dalamnya atau tidak. Jika sudah, maka hal ini bisa jadi yang menyebabkan klakson mobil tidak menyala. Kerusakan yang terjadi biasanya disebabkan karena usia pakainya yang sudah lama atau terlalu sering terkena kotoran dan air di dalamnya. Untuk memperbaikinya, anda bisa menggantinya dengan rellay yang baru dan sesuai pabrikan mobil anda.

Nah itu tadi penyebab klakson mobil tidak menyala dan bagaimana cara mengatasinya. Selain itu jangan lupa untuk mengetahui cara menjaga peforma klakson mobil agar tetap dapat bekerja maksimal dan terhindar dari kerusakan. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago