Sponsors Link

8 Penyebab Gas Mobil Kosong dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sebagai pemilik mobil tentu anda akan mengenali kondisi mobil anda. Apalagi jika anda sering mengendarai mobil. Baik jarak jauh maupun dekat. Ketika mengendarai, jika terjadi masalah atau keanehan pada mobil, tentu anda akan merasakannya. Bisa juga disebut dengan penurunan performa. Banyak sekali ragam penurunan performa mobil. Mulai dari suara-suara aneh, mobil berasap, panas mendadak hingga tidak bertenaga. Ketika mobil tidak bertenaga biasanya tarikannya cukup susah.

ads

Kondisi ini biasa disebut gas mobil kosong. Akan repot nanti jika ketika berkendara di jalur cepat, mobil anda mendadak jadi kosong. Bisa repot nanti jika ditabrak mobil lain yang berkecepatan tinggi. Ketika akan mengalami hal seperti ini, tentu anda harus menyadari gejala-gejala sebelum kosong. Setelah anda menyadari, perlahan arahkan mobil anda ke tepi. Untuk mencegah hal seperti ini terjadi, tentu anda harus mengetahui penyebab gas mobil kosong sebelum berangkat. Berikut dijelaskan penyebab gas mobil kosong.

1. Masalah Pada Electric Injector

Electric injector yang bermasalah bisa membuat gas mobil kosong. Fungsi electric injector adalah untuk mengalirkan pasokan bahan bakar ke mesin mobil. Cara kerjanya seperti katup yang membuka dan menutup dalam momen yang pas. Katup ini bernama solenoid cut off. Buka tutup aliran bahan bakar mulai dari tangki hingga pompa injeksi. Kalau dalam pelajaran biologi, mirip katup pada jantung. Kalau electric injector rusak, aliran bahan bakar tidak sempurna sehingga pasokannya kurang. Contohnya jika katupnya macet. Maka tidak ada bahan bakar yang dikirimkan ke dapur pacu. Ketika anda menginjak pedal gas, anda tidak merasakan adanya tenaga atau biasa disebut ngempos.

Kondisi ini memang merepotkan karena hanya orang bengkel yang bisa membedahnya. Pertolongan pertamanya yaitu melepas segel agar katupnya terbuka untuk memasok bahan bakar. Mempertahankan cara seperti ini juga tidak baik. Tenaga mobil memang kembali tapi mesin tak bisa dimatikan dengan normal. Cara mematikan yaitu pindahkan perseneling ke gigi yang lebih tinggi, lalu injak pedal rem dengan cepat sehingga mesin bisa langsung mati. Montir bengkel akan mengganti solenoid baru.

Kerusakan pada solenoid cukup susah dirasakan tanda-tandanya. Jadi cukup susah pula untuk mengantisipasi. Karena kerusakan baru bisa dikenali ketika masalah muncul. Kerusakan ini disebabkan karena kurang merawat filter bahan bakar atau karena usianya. Tapi anda bisa mencegahnya. Seperti penggantian filter bahan bakar tiap sepuluh ribu kilometer dan membersihkan pompa injeksi dari kotoran lalu menyetelnya sesuai standard. Jangan lupa gunakan bahan bakar yang berkualitas.

Jika anda pemiliki mobil injeksi, banyak hal yang harus anda ketahui untuk merawat mobil. Seperti cara membersihkan injektor mobilcara merawat mesin mobil injeksi dan penyebab mobil injeksi boros BBM.

2. Mobil Overheat

Penyebab gas mobil kosong kedua mungkin karena mesin mobil mengalami overheat. Masalah overheat pada mobil pada umunya disebabkan karena radiatornya yang rusak sehingga dampaknya mengganggu sistem pendinginan. Ketika mesin bekerja, kondisi mesin mobil memanas dan memuai. Pemuaian inilah yang membuat logam-logam saling bergesekan. Contohnya pada silinder atau piston. Gesekan antara mesin ini membuat mobil lebih berat dan tentunya memakan tenaga mobil. Tenaga mobil yang cepat habis membuat gas kosong.

Sponsors Link

Pencegahan overheat pada prinsipnya menjaga suhu mobil agar tetap stabil. Sebelum berangkat, misal sebelum menempuh perjalan jauh, periksalah kondisi air radiator dan kipasnya. Disarankan untuk menggunakan coolant. Anda bisa melihat suhu mobil di indikator pada dashboard jika sewaktu-waktu terjadi masalah di jalan. Jika dalam perjalanan suhu mobil mulai menyentuh di atas normal, maka tepikanlah mobil terlebih dulu dan tunggu hingga dingin. Ketika sudah dingin, mobil bisa digunakan lagi. Terus dan terus lakukan hal seperti ini hingga anda menemukan bengkel terdekat yang bisa mengatasi masalah overheat anda.

3. Busi Kurang Bersih

Sebab gas mobil kosong ketiga bisa karena busi kurang bersih. Bersama dengan koil, busi termasuk dalam sistem pembakaran. Busi yang kotor mempengaruhi performa sistem pembakaran. Biasanya kotor karena kerak. Kerak-kerak ini menghalangi sistem pembakaran sehingga hasilnya jadi tidak maksimal. Pencegahannya tentu mengecek kebersihan busi secara rutin. 

Sponsors Link

4. Filter Udara Kurang Bersih

Filter udara kurang bersih menjadi penyebab gas mobil kosong keempat. Mobil butuh asupan udara agar mobil bisa berjalan. Oksigen di udara berguna untuk mendukung proses pembakaran. Asupan udara ini tentu melewati filter udara dulu untuk disaring dari kotoran dan debu yang terbawa oleh udara. Namun, jika filter udara terlalu kotor sampai udara yang masuk di bawah optimal, maka tidak heran jika mobil anda kosong. Pencegahannya yaitu mengecek kondisi kebersihan filter udara secara rutin. Segera bersihkan jika kotor. Jika sudah rusak, maka belilah filter udara yang baru.

Demikian informasi tentang penyebab gas mobil kosong. Semoga setelah mengetahui penyebab gas mobil kosong, anda bisa mengetahui titik-titik masalahnya dan bisa aktif untuk melakukan perawatan dan pencegahan. Penyebab mobil tidak bertenaga dan penyebab mobil jalan tersendat-sendat bisa jadi berhubungan.

Sponsors Link
, , , , ,