Sponsors Link

Penyebab Cat Mobil Bintik-Bintik Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Bintik-bintik yang muncul pada permukaan body mobil tentunya akan sangat menganggu pemandangan. Tak hanya membuat mobil terlihat kusam namun akan sangat sulit untuk diatasi. Lingkaran-lingkaran kecil tersebut sering dikenal dengan water sport atau bintik air. Munculnya water spot ini tentunya juga menyebabkan harga jual mobil menjadi menurun bagi anda yang ingin menjual kembali mobil tersebut. Lalu apa sebenarnya yang menjadi penyebab cat mobil bintik-bintik tersebut?

ads

Penyebab Bintik-Bintik Air Muncul

Sebagian besar permasalahan water spot diakibatkan karena air. Pada beberapa jenis air, terutama yang berada di kawasan pantai atau kota memiliki air yang mengandung metal dan kalsium yang cukup tinggi dan dapat menyebabkan munculnya bintik-bintik putih tersebut. Selain itu mobil yang terkena hujan terlalu sering dan jarang dibersihkan juga menjadi salah satu faktor mengapa cat mobil bisa muncul bintik-bintik. Hal ini dikarenakan kandungan asam yang cukup tinggi dalam air hujan.

Air hujan yang menetes dan mengenai body mobil memiliki sifat asam yang kemudian mengering di permukaan cat mobil. Untuk itu lah sangat penting untuk mengaplikasikan pelindung cat mobil untuk memproteksi cat mobil sehingga terhidar dari hal-hal yang dapat merusaknya. Tak hanya membuat mobil terlihat kusam dan tidak menarik, namun akan merubah warna khususnya warna-warna mobil yang agak cerah. Jika cara menghilangkan water spot dan hanya membiarkannya saja, menyebabkan waterspot terlalu lama melekat dan akan sangat sulit untuk dihilangkan. Meskipun anda telah melakukan cara mencuci mobil yang benar sekalipun. Hal ini karena bintik-bintik air tersebut sifatnya melekat dan tidak bsia dibersihkan hanya dengan menggunakan air biasa.

Cara Menghilangkan Bintik-Bintik Air

Meskipun agak sulit untuk dihilangkan, namun anda tetap bisa mengatasi bintik-bintik air dan putih ini sendiri dan membuat tampilan mobil terlihat kilap kembali. Berikut ini cara menghilangkan noda air di cat mobil anda.

  • Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah dengan mencuci mobil menggunakan air hangat. Bersihkan merata mulai dari bagian bawah hingga atas.
  • Gunakan shampo dengan kandungan busa yang rendah
  • Bilas dengan air hingga bersih dan kemudian lap hingga kering. Gunakan kain yang lembut dan keringkan hingga tuntas.
  • Setelah itu dilanjut dengan melakukan pemolesan pada cat mobil.

Perlu diperhatikan dalam pemilihan pemoles cat mobil, jangan menggunakan bahan yang mengandung lilin karena dapat membuat cat mudah terkikis dan warna cat mobil bisa memudar. Untuk lebih amannya, anda bisa menggunakan poles mobil dengan kandungan amonia silica atau silikon.

Namun jika kondisi penyebab water spot cukup parah bahkan tahunan, maka cara efektif untuk mengatasi bintik-bintik air adalah dengan melakukan pemolesan seluruh body mobil yaitu dengan menggunakan compound. Proses ini sering dikenal dengan nama cutting dan kemudian dilanjutkan dengan proses polishing sehingga mobil terlihat fresh kembali.

Sponsors Link

Selain itu penting untuk mencegah agar bintik-bintik air tersebut tidak datang kembali dengan perawatan body mobil, misalnya dengan mencuci dan mengeringkan body mobil secara menyeluruh setelah terkena hujan jangan sampai air bisa mengering dengan sendirinya. Jangan pula biarkan mobil anda berlama-lama terkena panas dan hujan terus menerus dan gunakan pelindung cat mobil agar dapat membuat warna mobil tahan lama dan kilap. Nah itu tadi penyebab cat mobil bintik-bintik serta cara mengatasinya. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Masalah Teknis