Sponsors Link

9 Masalah pada Mobil Matic yang Sering Terjadi Tanpa Disadari

Sponsors Link

Masalah yang menimpa pada mobil sering kali mengacaukan kinerja. Masalah-masalah ini membuat anda merasa tidak nyaman ketika berkendara. Masalah bisa terjadi di berbagai jenis mobil. Termasuk jenis mobil matic. Jika anda belum terbiasa mengemudi matic, maka anda perlu tahu cara mengemudi mobil matic.

ads

Mobil matic adalah mobil yang sederhana dan nyaman untuk dikendarai. Cukup nyaman juga ketika harus menghadapi macet. Tapi beberapa orang menganggap mobil matic sering menimbulkan masalah di perawatannya karena transmisi mobil matic tidak menggunakan sistem elektronik.

Anda dapat menjaga agar mobil matic tetap bisa mempertahankan kinerjanya. Contohnya dengan perawatan mobil matic yang baik, rutin, dan memahami masalah pada mobil matic. Ketika anda memahami masalah pada mobil matic, minimal anda bisa memperbaikinya sendiri dan maksimal anda harus membawanya ke bengkel. Semakin cepat anda membawanya ke bengkel, maka anda bisa mencegah kerusakan yang lebih besar. Berikut adalah contoh-contoh masalah pada mobil matic.

  • Mobil Bergetar

Mobil matic bergetar memang biasa karena mesin yang sedang aktif. Tapi ketika getaran mobil mulai mengganggu anda, kemungkinan besar masalah pada mobil matic ada di bagian transmisinya. Waktu menginjak pedal gas dan memasukkan gigi, jika ada getaran ketika mobil berjalan maka sebaiknya segera bawa mobil ke bengkel. Tapi bisa juga aus di kampas kopling dan akibatnya terjadi gesekan.

  • Perpindahan Gigi yang Diikuti Hentakan

Waktu anda menginjak pedal gas atau masuk gigi, biasanya anda merasakan getaran dan hentakan. Jika terasa ada hentakan yang sedikit kasar dan perpindahan tuas agak sulit, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk diperiksa dan diperbaiki. Lalu bisa merasakan perpindahan gigi. Kalau mobil matic akan terasa ada ayunan. Tapi jika terdengar bunyi aneh dari transmisi dan agak susah, maka mobil matic anda mengalami masalah.

  • Susah untuk Mundur

Kesulitan untuk mundur adalah masalah pada mobil matic yang cukup merepotkan. Tentu mobil akan kesulitan untuk parkir. Kondisi ini merupakan tanda apabila ada bagian elektrik atau mekanik di bagian transmisi. Untuk matik konvensional biasanya terjadi masalah di reverse gear ratio atau ratio gigi mundur dan patahnya return shift patah. Untuk matik elektrik, kemungkinan ada yang salah di kabel solenoid dan kehilangan listrik.

  • Transmisi Stuck

Salah satu tanda masalah pada mobil matic adalah transmisi yang stuck di posisi gigi tertinggi. Ini terjadi karena TCM mendeteksi sensor yang salah yang berpotensi terjadi kerusakan pada seluruh sistem. Kemudian TCM memerintahkan transmisi untuk tetap di posisi netral. Jika mobil matic anda mengalami kondisi seperti ini, coba periksa signal engine di panel instrumen. Sehingga bisa dibilang, mobil matic mengalami safe mode atau limp mode secara tidak terkendali. Anda perlu tahu juga cara memperbaiki transmisi matic dan jika terjadi masalah.

  • Bahan Bakarnya Boros

Kalau bahan bakarnya boros, berarti ada masalah di torsi. Hanya sebagian tenaga torsi yang mengalir ke penggerak akhir. Dengan kata lain tenaganya tidak maksimal.

Sponsors Link

  • Bermasalah di Kemampuan Laju

Pernahkan anda merasa mobil matic anda susah menanjak? Berarti itu adalah tanda masalah pada mobil matic. Walau anda sudah memindahkan transmisi ke posisi L atau 1 dan bahkan pedal gas sudah diinjak dalam. Selain itu, bisa juga laju mobil yang tertahan. Untuk berjalan lancar, mobil matic perlu tersendat-sendat terlebih dahulu. Lebih baik bawa ke bengkel. Anda bisa memperbaiki mobil matic digas tidak mau jalan.

  • Gigi Tidak Pindah dan Tuas Tidak Bisa Digeser

Intinya ada dua poin di sini, gigi dan tuasnya. Dan dua-duanya harus diamati secara berbeda pula. Bila giginya yang bermasalah, maka kemungkinan ada kabel di gearbox yang putus atau terkelupas. Akibatnya kontrol lengan selektor tidak merespon meski anda mencoba menggerakka tuas perseneling ratusan kali. Untuk tuasnya, kemungkinan ada kerusakan di switch rem sehingga respon transmisi berkesimpulan bahwa tidak ada injakan pada pedal rem.

  • Selip

Masalah ini menimpa gearbox planetary gear set ketika pindah gigi satu ke gigi dua. Biasanya terasa ketika mobil mulai berjalan. Untuk mengeceknya, coba posisikan tuas di titik D lalu injak pedal gasnya. Ketika memindahkan gigi, akan terasa ayunan dalam kondisi normal. Tapi jika dalam kondisi selip, mobil biasanya mati dan terdengar suara raungan di mesin.

Sponsors Link

  • Bau Oli Terbakar

Overheating pada transmisi mengakibatkan anda mencium bau oli yang terbakar. Overhating ini terjadi karena volume pelumas terlalu kecil atau bisa juga cairan pelumas yang kotor. Anda perlu memahami ciri-ciri oli matic harus diganti agar kinerja mesin tetap bagus.

Demikian beberapa informasi tentang masalah di mobil matic. Semoga anda bisa menyadari tanda dan indikasi ketika mobil matic anda memasuki kondisi bermasalah. Sehingga anda bisa semakin cepat untuk menyiapkan uang dan membawanya ke bengkel. Anda perlu tahu pilih mobil matic atau manual untuk pemula ketika ingin membeli. Jika anda ingin membeli mobil matic bekas, maka perlu memperhitungkan kelemahan mobil matic bekas dan tips memilih mobil matic bekas. Untuk mobil baru, maka perlu tahu mobil matic terbaru dan mobil matic paling irit.

Sponsors Link
, , , , ,