Sponsors Link

Dampak Buruk Ban Mobil Kempes Tetap Dipaksa Jalan, Begini Penjelasannya

Sponsors Link

Setiap komponen atau piranti yang terdapat dalam mobil kita tentunya memiliki fungsi dan peranan yang sudah dirancang secara khusus dari pabrikannya untuk menciptakan dan mendukung kinerja serta performa dari kendaraan kita secara keseluruhan.

ads

Sehingga kita sebagai pemilik dan atau pengguna mobil tentunya wajib  dan harus melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala akan semua komponen dan piranti tersebut untuk memastikan tidak akan terdapat masalah serta memastikan kondisinya dalam kondisi stabil.

Dan salah satu komponen yang sangat penting dalam mobil kita adalah ban yang tentunya mempunyai peranan yang vital dalam kendaraan anda. Dan berikut ini penulis akan menyajikan ulasan selengkapnya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Fungsi Ban Tersebut Dalam Kendaraan Anda?

Pada umumnya ban tersebut memiliki beberapa fungsi penting dalam kendaraan anda secara keseluruhan, antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai Penahan Beban

Fungsi yang terutama dari ban ini dalam kendaraan anda adalah sebagai  penahan beban dalam mobil anda. Beban tersebut seperti beban komponen mesin mobil, beban muatan serta beban yang lainnya yang terdapat dalam mobil anda secara keseluruhan. Dan fungsi yang satu ini tergolong sangat identik dengan tekanan angin dalam ban anda.

  • Sebagai Penerus Tenaga dari Mesin

Fungsi yang penting lainnya dari ban dalam mobil anda adalah sebagai penerus tenaga dari mesin kendaraan anda. Hal ini sangat erat kaitannya dengan kinerja traksi serta daya pengereman dalam mobil anda.

  • Sebagai Peredam

Fungsi ban dalam mobil anda juga berperan sebagai peredam getaran atau guncangan yang diterima dari jalanan sebelum diredam oleh piranti suspensi, maka terlebih dahulu getaran atau guncangan tersebut akan diredam oleh ban yang selanjutnya akan diredam oleh piranti suspensi dalam mobil anda tersebut. cara jitu deteksi kerusakan pada suspensi mobil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

  • Sebagai Penentu Kontrol Kemudi

Fungsi yang selanjutnya dari ban tersebut adalah piranti yang berperan untuk mementukan kontrol kemudi mobil anda. Hal ini pastinya akan sangat erat kaitannya dengan kemampuan kendaraan dalam bermanuver serta mengatur kestabilan dalam berkendara.

Itulah sobat beberapa fungsi dan peranan penting dari ban mobil tersebut, sehingga suatu kewajiban bagi anda untuk memastikan kondisi ban ini selalu dalam keadaan stabil karena simpelnya bisa kita simpulkan jika ada masalah pada ban mobil anda, maka akan menghambat pengedndaraan anda secara keseluruhan.

Namun meski  demikian sobat, ada banyak pengendara yang entah sengaja atau memang tidak tahu terkadang memaksakan kinerja dari ban tersebut, sebut saja pada saat ban tersebut kempes, maka seringkali memasakannya tetap jalan, padahal hal  ini akan berdampak buruk bagi kendaraan anda secara keseluruhan. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

Sponsors Link

2. Dampak Buruk Ban Mobil Kempes Tetap Dipaksa Jalan

Adapun beberapa dampak buruk ban mobil kempes tetap dipaksan jalan antara lain adalah sebagai berikut :

  • Rawan Terhadap Kecelakaan

Ban dengan kondisi yang kempes akan sangat rawan sekali berpotensi menyebakan kecelakaan terlebih lagi pada saat anda mengemudikan mobil tersebut dalam kecepatan yang  sangat tinggi. 

Ban yang kempes tersebut jika tetap dipaksakan untuk jalan akan membuat pengendaraan anda menjadi oleng alias tidak stabil. Mengemudi mobil pun akan terasa kurang nyaman, dengan kondisi ban yang kempes tersebut dan pastinya akan rawan terhadap kecelakaan.

  • Ban Meletus

Pada saat anda memaksakan mobil anda tetap jalan dalam kondisi ban yang kempes, maka tentunya gaya gesek yang terjadi antara ban dan permukaan jalanan tentunya akan semaki berat.

Hal ini tentunya akan berdampak buruk bagi ban anda, yakni  bila hal tersebut dilakukan secara terus menerus, maka akan membuat ban anda  menjadi meletus.

Hal ini dikarenakan ban tersebut yang bergesekan dengan permukaan  jalanan akan semakin menipis sehingga akan sangat gampang menjadi meletus. Tentunya hal ini akan berdampak buruk untuk anda dan pastinya akan berdampak membuat kecelakaan.

  • Konsumsi Bahan Bakar Akan Boros

Pada umumnya, ban yang kempes akan membuat tapak ban yang mengalami perubahan, dan hal ini akan berdampak pada pengaruh energi di dalamnya yang juga tentunya akan mempengaruhi energi yang membuat mesin bekerja keras dengan konsusmi bahan bakar yang berlebih. Selain itu, ban juga akan cepat panas yang tak jarang akan mengeluarkan bau seperti  kebakar yang dikarenakan suhu ban tersebut cepat panas.

  • Mobil Sulit Dikendalikan

Ban yang kempes juga akan membuat mobil anda menjadi sulit dikendalikan karena kondisi ban yang tidak seimbang tersebut. Jelas saja ya sobat, karena idelanya ban tersebut memiliki tekanan angin yang pas di dalamnya sehingga akan bersinergi untuk menciptakan pengendaraan dalam mobil anda.

Oleh karena itulah sobat, penting bagi anda untuk  memastikan kondisi ban mobil anda dalam keadaan stabil sebelum anda menggunakannya.

Sponsors Link

Itulah sobat beberapa dampak buruk ban mobil kempes tetap dipaksa jalan yang bisa menjadi point perhatian untuk anda yan sudah berkunjung dan membaca postingan tersebut.

Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa di ulasan selajutnya yan tentunya menarik. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis