Sponsors Link

6 Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang Wajib Diketahui Pengendara Mobil

Sponsors Link

Setiap komponen-komponen mobil pasti memiliki fungsinya masing-masing, termasuk alarm mobil. Manfaat alarm mobil yang paling utama adalah untuk mencegah mobil kemalingan ataupun kebobolan. Selain itu, bagian yang bukan termasuk  komponen mesin mobil ini juga  memiliki manfaat ekonomis, seperti dapat menambah nilai jual mobil dan membantu klaim asuransi mobil jika terjadi kehilangan. Pemasangan alarm mobil dapat menimbulkan dampak yang besar bagi pemiliknya.

ads

Alarm sama seperti komponen ac mobil, komponen suspensi belakang mobil, komponen utama rem cakram, maupun komponen-komponen mobil lainnya, sewaktu-waktu bisa rusak dan fungsinya akan menurun. Jika hal ini terjadi, ada beberapa langkah yang dapat ditempuh oleh pemilik mobil untuk memperbaiki alarmnya. Dilansir dari autos.com, ada beberapa Cara Memperbaik Alarm Mobil yang dapat diterapkan sendiri oleh pemilik sebelum mobil dibawa ke bengkel.

1. Baca Kembali Buku Panduan Mobil

Langkah ini memang terdengan sederhana dan remeh. Tetapi siapa sangka, banyak pemilik mobil yang sering melewatkannya ketika terjadi masalah. Pada bagian “penyelesaian masalah” atau troubleshooting yang ada pada buku panduan mobil, sering dijelaskan mengenai masalah-masalah yang sering dihadapi oleh para pemilik mobil dan bagaimana cara mengatasinya. Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang rusak kemungkinan tercantum di dalamnya.

2. Periksa Baterai Alarm

Alarm mobil mirip dengan alarm asap, bisa tidak merespon dan tidak berfungsi jika baterainya tidak diganti. Jika di dalam buku panduan tidak diterangkan cara mengatasi alarm mobil yang rusak, maka langkah ini dapat diterapkan.

3. Pastikan Jalan Antara Remot dan Mobil Bebas Hambatan

Remot alarm mobil bekerja berdasarkan gelombang radio. Jika terdapat hambatan antara mobil dan remot, maka alarm tidak akan meresponnya dengan baik. Jika kendaraan Anda diparkirkan di suatu bangunan, cobalah untuk menggunakan remot alarm dari berbagai sudut. Tujuannya agar dapat mengetahui apakah masalah sebenarnya terletak pada sudut remot yang salah atau ada hambatan yang menghalangi sensor alarm.

4. Hubungi Penjual Alarm Anda dan Cobalah untuk Memperbaikinya Bersama

Jika cara-cara yang sebelumnya telah dijelaskan tetap tidak bisa menolong, maka Anda dapat menghubungi pedagang tempat Anda membeli alarm tersebut. Penjual biasanya akan merujuk Anda kepada teknisi yang profesional. Jika sudah dirujuk dan Anda telah mendapatkan nomor kontaknya, maka segeralah menghubungi teknisi tersebut dan tanyakan apakah perbaikan alarm Anda dapat dilakukan lewat telefon. Jika Anda berhasil memperbaikinya dengan cara ini, maka Anda tidak perlu lagi repot membawa mobil ke tempat perbaikan dan membayar biaya perbaikannya.

5. Matikan Alarmnya Hingga Alarm Dapat Dibawa Ke Tempat Perbaikan

Jika ternyata alarm Anda harus diperbaiki di bengkel atau tempat perbaikan, maka biasanya Anda tidak dapat memperbaikinya dengan segera. Selagi menunggu giliran, Anda harus melepas atau mematikan alarm Anda agar tidak mengganggu lingkungan sekitar dan menciptakan masalah baru pada kendaraan Anda. Beberapa alarm dapat dimatikan dengan remot. Sedangkan yang lainnya memerlukan pemutusan sekering. Jika Anda tidak yakin soal cara mematikan alarm, tanyakanlah kepada teknisi Anda.

Sponsors Link

6. Biarkan Ahli yang Menanganinya

Langkah akhir yang perlu dilakukan jika Anda sudah tidak tahu lagi harus berbuat apa terhadap alarm Anda yang rusak adalah dengan mempercayakannya kepada para ahli. Lebih baik membawa teman yang memiliki pengetahuan soal masalah alarm ke tempat perbaikan. Apalagi jika Anda tidak familiar dengan alarm mobil. Teman Anda dapat membantu menjelaskan ulang perkataan teknisi profesional soal masalah alarm mobil kepada Anda.

Demikianlah ulasan mengenai Cara Memperbaiki Alarm Mobil yang perlu diketahui oleh setiap pengendara. Alarm mobil yang rusak memang merupakan masalah yang cukup besar. Apalagi jika mobil Anda diparkirkan di area yang ramai penduduk dan rawan kejahatan. Keberadaan alarm bisa jadi sangat krusial. Oleh karena itu jika alarm Anda rusak, segeralah diperbaik. Langkah awal yang dapat dilakukan adalah pemeriksaan seperti baterai dan yang lainnya. Jika penyebabnya bukan itu, maka Anda perlu membawanya ke dealer mobil tempat Anda membeli alarm tersebut.

Sponsors Link
, , , ,