Sponsors Link

7 Tanda Timing Belt Sudah Harus Diganti, Kenali Gejalanya

Sponsors Link

Setiap komponen atau yang ada di dalam mobil kita tentunya memiliki fungsi dan peranannya masing masing dalam menciptakan dan juga mendukung performa dalam kendaraan kita secara keseluruhan. Sebut saja seperti timing belt.

ads

Bagi sobat semua yang mengerti akan komponen – komponen dalam mobil tentunya sudah tidak asing lagi dengan komponen yang memiliki bahan dasar karet ini. 

Timing belt ini sendiri merupakan sabuk karet yang kuat dan bergerigi yang digunakan untuk memutar poros chamsaft. Sementara itu, chamsaft ini digunakan untuk mengatur pembukaan katup dan katup buang agar dapat tertutup dan juga terbuka secara tepat dan teratur, sehingga mesin mobil anda dapat bekerja dengan normal seperti yang seharusnya. 

Peran timing belt ini sendiri sangat penting dan vital bagi kendaraan anda secara keseluruhan, untuk itu penting bagi anda untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala pada komponen yang satu ini untuk memastikan tidak ada masalah nantinya.

Pada saat timing belt ini mengalami masalah, maka tentunya akan bermasalah pada pengendaraan anda secara keseluruhan, karena seperti yang sudah penuis ulas dibagian atas bahwasannya timing belt  ini akan mengatur ritme buka tutup katup sehingga tidak jadi tabrakan. 

Sebut saja pada saat timing belt sampai putus, maka komponen – komponen yang berhubungan dengan timing belt terseut akan saling menghantam satu dengan yang lainnya, sehingg bisa dipastikan hal ini akan berpotensi menimbulkan kerusakan pada mesin mobil anda. 

Dan pada saat hal seperti ini terjadi pada mobil anda, maka bukan hanya biaya yang banyak saja yang anda perlukan untuk mempebaikinya, namun membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan penggantian akan timing belt tersebut. penyebab oli rembes bisa dijadikan sebagai informasi tambahan.

Oleh karena itu sobat, untuk menghindari hal seperti ini maka anda sebagai pemiliki mobil harus memastikan kondisi timing belt anda dalma keadaan yang stabil. Dan jika memang terjadi kerusakan, sebaiknya segera lakukan penggantian. Berikut ini adalah tanda timing belt sudah harus diganti, kenali gejalanya.

1.Timing Belt Terasa Getas Saat Dipegang

Oleh karena bahan pembuatan dari timing belt tersebut adalah terbuat dari karet, maka tidak jarang timing belt tersebut akan gampang  getas bila terlalu lama berada di suhu tinggi, hal inilah yang membuat timing belt   tersebut hilang elastisitasnya.

Karena memang posisi timing belt tersebut yang berada pada bagian mesin yang notabenenya memiliki suhu panas, maka hal inilah yang sering membuat timing belt tersebut menjadi getas.

Oleh karena itu, baiknya lalukan pengecekan secara rutin dan berkala dan  jika sudah kondisinya getas, segeralah ganti timing belt dalam mobil anda tersebut. ciri ciri mesin mobil masih bagus bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Timing Belt Sudah Terlihat Tipis

Tak jauh berbeda dari komponen mobil yang lainnya yang juga terbuat dari bahan dasar karet, maka seringkali mengalami kondisi yang menipis seiring dengan pemakaian kita.

Begitupun dengan timing belt ini, seiring dengan pemakaian maka ia juga akan menipis secara perlahan. Dan jika saat melihat timing belt tersebut sudah menipis, maka anda wajib menggantinya sebelum nantinya putus.

Sponsors Link

3. Timing Belt Sudah Kendur

Selain menipis, salah satu sifat  benda yang terbuat dari karet adalah mengendur. Timing belt yang sudah mengendur ini akan sangat beresiko pada mesin kendaraan anda secara keseluruhan. 

Hal ini dikarenakan timing belt yang sudah tipis tersebut sewaktu waktu bisa tipis dan pada akhirnya akan putus. Meksi memang keadaan timing belt yang kendur tidak sampai membuatnya lepas, namun hal ini dikategorikan sebagai salah satu potensi bahaya karena timing belt yang sudah kendur tidak akan bisa mencengkaram dengan maksimal.

4. Gerigi Pada Timing Belt Sudah Aus dan Hilang

Kondisi yang lainnya yang juga mengharuskan anda untuk mengganti timing belt tersebut adalah pada saat anda merasa timing belt tersebut bagian geriginya sudah aus bahkan ada yang sudah hilang. Hal seperti ini bisa menyebabkan pegangan paa chamshfat tidak akan meksimal yang juga berbahaya bagi anda.

5. Permukaan Belakang Timing Belt Terlihat Retak Atau Pecah

Pada saat anda melihat timing belt  pada mobil anda  ada retakan dan pecah, maka ini juga salah satu kondisi yang mengharuskan ada mengganti timing belt   tersebut untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

6. Warna Timing Belt Sudah Kusam

Warna timing belt yang sudah kusam biasanya menunjukkan bahwasanya timing belt tersebut sudah getas dan sudah tidak berfungsi secara maksimal untuk mencengkram. Oleh karena itu sobat, jika anda merasa timing belt pada mobil anda warnanya sudah kusam, baiknya segera lakukan penggantian.

7. Timing Belt Putus

Kondisi timing belt yang putus sebisa  mungkin jangan sampai terjadi ya sobat karena ini akan membahayakan pengendaraan anda. Namun jika memang sudah terlanjur putus anda harus mengganitnya sesegera mungkin sehingga mobil anda bisa digunakan kembali.

Sponsors Link

Itulah sobat tanda timing belt sudah harus diganti dalam mobil anda untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat dan menjadi refrensi untuk anda yang sudah berkunjung dan membaca postingan tersebut. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil