Sponsors Link

Sunroof Pada Mobil : Penjelasan, Fungsi, Kelebihan dan Kekurangan

Sponsors Link

Hello sobat terkaish semua, masih setia ya sobat dengan penulis denagn berbagai ulasan yang menarik yang selalu penulis sajikan buat sabat terkasih semua. Tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya sobat, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas mengenai otomotif beserta komponen otomotif itu sendiri maupun fitur – fitur otomotif yang lainnya ya sobat.

ads

Jadi buat sobta semua yang memang gemar akan otomotif sobat semua harus menyimak ulasna kali ini sobat, karena pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sunroof pada  mobil. Yuk sobat semua, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Check It Out !

Adapun yang dimaksud dengan sunroof adalah sebuah komponen atau panel yang berada diatas mobil anda  yang terbuat dari bahan kcara atau plat yang tembus pandang dan dapat dibukan dan ditutup sesuai dengan keinginan si pemilik mobil.

Fungsi Sunroof Pada Mobil

Pada awal release nya sunroof ini sobat, sunroof ini dijadikan sebagai fitur tambahan untuk mobil – mobil yang dipasarkan di negara – negara yang memiliki setidaknya 4 musim. Sehingga dengan adanya sunroof ini si pemilik mobil bisa menikmati suasana musim semi atau pun musim gugur dengan membuka sunroof tersebut. Adapun yang menjadi fungsi dari Sunroof antara lain adalah sebagai berikut :

1. Mengurangi Bau Pada Mobil

Fungsi yang pertama adalah untuk mengurangi bau atau aroma apek pada mobil anda. Hal ini dikarenakan funsgi sunroof tersebut sebagai piranti yang memberikan sirkualsi udara pada mobil anda, sehingga bisa meminimalisir bau yang tidak sedap.

2. Menurunkan Suhu Mobil

Fungsi yang kedua adalah untuk menurunkan suhu mobil anda. Hal ini terjadi karena sesaat setelah mobil terpapar sinar matahari, biasanya suhu mobil akan meningkat sehingga membuat penumpangnya akan merasa cukup kepanasan. Nah sobat semua, disinilah fungsi sunrrof ini berperan untuk mengurangi suhu panas dalam mobil tersebut.

3. Bisa Melihat Pemandangan Secara Langsung

Fungsi yang ketiga adalah untuk melihat pemandangan secara langsung. Hal ini tentunya sudah pasti ya sobat karena dengan  membuka sunroof apalagi ada view yang bagus akan mendatangkan kepuasan tersendiri untuk anda.

Kelebihan Memasang Sunroof

Adapun yang menjadi kelebihan menggunakan sunroof antara lain adalah sebagai berikut :

  • Meningkatkan Tampilan Mobil Menjadi Elegan

Kelebihan yang pertama adalah meningkatkan tampilan mobil menjadi lebih elegan. Tidak dapat dipungkiri ya sobat, dengan adanya sunroof ini pada mobil anda, maka mobil anda akan terlihat seperti mobil yang elegan dan mewah.

  • Bisa Menikmati Udara Bebas

Kelebihan yang kedua adalah bisa menikmati udara bebas. Dapat menikmati udara bebas apalagi di sore dan pagi  hari yang bisa langsung masuk ke kabin tanpa harus tergangu dengan suara berisik yanh biasanya timbul jika anda memnbuka jendela samping, namun tidak dengan sunroof ini.

Sponsors Link

  • Menikmati View Yang Indah

Kelebihan yang ketiga adalah anda bisa menikmati view yang indah. Hal ini idak bisa dipungkiri ya sobat, terutama pada saat anda melakukan perjalanan dengan keluarga tercinta dan sedang melewati pemandangan yang indah, anda bisa membukan sunroof ini agar view yang anda lihat benar-  benar nyata tanpa harus dibatasi oleh jendela kata mobil anda. Nah sobat semua, menarik bukan memiliki sunroof ini ?

Pada konsisi tertentu, misalnya seperti ada kampanye atau pawai, anda bisa memanfaatkan sunroof yang terbuka dengan berdiri dan mengeluarkan kepala untuk melihat keadaan sekitar anda sembari melambai tangan ke kanan dan kiri ya sobat.

Kekurangan Memasang Sunroof

Adapun kekurangan memasang sunroof ini antara lain adalah sebagai berikut :

  • Ketika anda membeli mobil baru atau baru memasang sunroof di mobil anda, mungkin anda akan merasa senang dan bangga, pada awal ya anda akan senag membuka tutup sunroof tersebut namun lama kelamaan akan bosan bahkan mungkin lupa kalua mobil anda ber sunroof.
  • Peranglat sunroof ini akan menambah berat mobil anda yang tentunya akan berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar anda. Karena pada umumnya seperangkat sunroof bisa memiliki bobot antara 25 sampai dengan 35 kg bahkan bisa lebh berat untuk sekelas SUV.
  • Ada kemungkinan terjadinya kebocoran pada sekat sunroof tersebut yang bisa mengakibatkan rembesan air masuk ke kabin mobil anda pada saat hujan deras atau pada saat pencucian mobil.
  • Sama seperti jendela depan pintu, sunroof ini juga memiliki bagian – bagian yang terbuat dari bahan karet yang perlu perawatan dan pengecekan secara rutin oelh si pemilik mobil. Karen kalua tidak dirawat, perangkat mekanis buka tutup suroof tersebut bisa saja macet, oleh karena itu pernagkat sunroof ini sebaikanya digunakan paling tidak satu bulan sekali agar komponenya tidak macet.
Sponsors Link

Oke sobat semua yang terkasih, sekian informasi yang bisa penuis sajikan buat anda semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil