Sponsors Link

Speedometer Mobil : Bagian, Fungsi dan Cara Merawatnya

Sponsors Link

Masih membahas seputar otomotif nih sobat. Penulis masih setia nih sobat memberikan ulasan yang tentunya menarik buat sobat semua para pecinta otomotif. Pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan ulasan seputar speedometer mobil buat sobat pecinta mobil.

ads

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, speedometer ini merupakan salah satu komponen penting dan bisa dianggap vital fungsinya bagi performance kendaraan kita. Setuju ya sobat. Salah satu komponen kendaraan yang bisa dilihat dengan jelas adalah speedometer, karena berada pada bagian atas kendaran kita.

Di dalam speedometer tersebut terdapat berbagai instrument atau indikator yang menunjukkan berbagai komponen atau kondisi kendaraan anda, baik pada saat berhenti maupun pada saat digunakan. Jenis atau variant dari speedometer ini juga beragam, ada yang menjadi satu seperti halnya pada mobil, atau ada juga yang terpisah yang biasanya dimiliki oleh mobil sport. Nah sobat semua termasuk kategori yang mana sobat?

Nah sobat semua, untuk lebih jelasnya mengenai speedometer mobil tersebut, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini agar pemahaman anda lebih luas mengenai hal tersebut. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Bagian Dari Speedometer Mobil

Sebelum anda mengetahui lebih dalam mengenai speedometer mobil, alangkah baiknya anda mengenal terlebih dahulu bagian – bagiannya ya sobat. Speedometer mobil terdiri atas beberapa bagian, antara lain sebagai berikut :

  • Dudukan speedometer

Bagian ini merupakan komponen dari speedometer yang mempunyai fungsi sebagai tempat menempelnya speedometer mobil itu sendiri, sebelum nantinya dipasangkan kaca speedometer yang bersangkutan. Komponen ini sangat vital ya sobat.

  • Sistem Kabelan

Bagian yang kedua adalah sistem kabelan pada speedometer anda. Kabel ini nantinya akan berfungsi sebagai penghantar arus listrik dari komponen penyusun aki mobil anda menuju ke saluran listrik yang ada pada speedometer anda sehingga speedometer tersebut dapat berfungsi sebagaimana seharusnya.

  • Roda Penggerak

Bagian ini adalah bagian yang tergolong penting keberadaanya dalam speedometer anda. Roda penggerak ini berfungsi untuk menggerakkan jarum penunjuk angka yang ada pada dalam speedometer tersebut. Apabila roda ini tidak berfungsi dengan baik, maka bisa dikatakan speedometer anda tidak akan berfungsi juga dengan maksimal karena jarumnya tidak akan bisa bergerak.

  • Komponen Jarum Dan Angka

Bagian ini adalah bagian yang berfungsi sebagai indikator dimana akan menjadi patokan bagi si pengemudi untuk menentukan kecepatan mobilnya. Selian itu angka atau jarum yang ada pada speedometer ini juga berfungsi sebagai indikator pemberitahuan bahan jumlah bahan bakar yang tersisa pada mobil anda.

  • Kaca Atau Cover Speedometer

Bagian yang terakhir adalah cover yang berbentuk seperti kaca pada speedometer anda. Cover ini berfungsi sebagai komponen yang melindungi speedometer anda dari cipratan air, debu atau kotoran yang lainnya yang bisa saja merusak speedometer mobil anda.

Sponsors Link

Fungsi Speedometer Mobil

Seperti yang sudah penulis jelaskan di atas, bahwasanya speedometer ini sangatlah penting peranannya dalam performa mobil anda. Berikut ini fungsi dari speedometer mobil :

  • Mengontrol kapasitas atau volume bahan bakar kendaraan mobil anda. Sehingga cara membuat mobil irit bahan bakar yang sudah anda coba bisa dikontrol dengan melihat tampilan pada speedometer itu sendiri.
  • Sebagai komponen yang berfungsi sebagai panel untuk mengotrol kecepatan mobil anda.
  • Sebagai komponen transmisi manual yang digunakan untuk mengetahui posisi transmisi.
  • Sebagai komponen yang digunakan untuk penanda lampu indikator untuk bagian depan, bagian lampu sein, dan lain sebagainya.
  • Sebagai komponen yang digunakan untuk mengetahui jarak tempuh yang sudah ditempuh oleh kendaraan anda sudah mencapai berapa kilometer.
  • Sebagai komponen yang digunakan untuk mengukur jarak tempuh dari satu tepat ke tempat yang lain.

Nah sobat semua, bisa dibayangkan ya apabila speedometer anda tersebut bermasalah, tentunya anda tidak akan nyaman berkendara. Selain itu, resiko kecelakaan pun akan rentan terjadi, bayangkan saja anda mengendarai mobil anda di jalan yang penuh keramaian namun anda tidak bisa mengontrol kecepatan, sudah pasti resiko kecelakaan akan lebih banyak ya sobat.

Selain itu anda juga tentunya harus mengetahui volume bahan bakar pada kendaraan anda sisa berapa, jadi jangan sampai kendaraan anda mogok karena kehabisan bahan bakar ya sobat. komponen utama mobil yang berpengaruh saat mobil di dorong karena mogok bisa jadi akan mengalami kerusakan.

Sponsors Link

Cara Merawat Speedometer

Speedometer ini juga tentunya membutuhkan perawatan agar tetap awet. Berikut ulasan lengkapnya untuk anda sobat :

  • Lakukan pembersihan secara berkala. Pada saat anda mencuci mobil anda sebaiknya jangan lupa untuk membersihkan komponen speedometer ini juga ya sobat. cara mencuci mobil dengan teliti akan membuat komponen mobil anda awet. Selanjutnya usahakan terbebas dari debu yang nantinya bisa membuat tumbuhnya jamur pada speedometer anda.
  • Setelah melalukan pembersihan, lap sampai kering karena dikuatirkan airnya akan merembes ke sistem kabelan pada speedometer tersebut yang bisa saja mengakibatkan korslet.
  • Pada saat parkir, usahakan anda tidak parkir dibawah terik matahari secara langsung ya sobat. Karena hal ini akan merusak cover kaca penutup speedometer anda. Selain retak, apabila terlalu sering diparkir di bawah sinar matahari secara langsung, tentunya akan merusak warna dan kecerahan cover speedometer anda.

Sekian infromasi mengenai speedometer mobil yang bisa penulis share pada artikel kali ini. Nah sobat semua, setelah membaca ulasan di atas, tentunya sobat semua sudah mengerti dan memahami betapa pentingya fungsi speedometer tersebut. Sampai ketemu di artikel selanjutnya tentunya dengan pembahasan yang tidak kalah menarik. Salam otomotif dan salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil