Categories: Info Mobil

6 Perbedaan Mendasar Mobil Eropa dan Asia Paling Lengkap

Negara Eropa dan Jepang terkenal dengan kualitas mobil yang diproduksi, kedua negara tersebut juga terus memproduksi mobil jenis baru dengan fitur-fitur canggih didalamnya, selain itu perusahan Jepang dan Eropa juga terus berinovasi dalam hal kecepatan, ketahanan dan design body. Hampir semua brand mobil kedua negara tersebut merajai pasar. Bahkan ada beberapa negara yang memfavoritkan brand dari salah satu negara tersebut.

Nah, bagi kalian penggemar otomotif apakah kalian sudah mengetahui perbedaan mendasar mobil Eropa dan Asia? Tentu perbedaannya tidak hanya dari design melainkan masih banyak juga yang lainnya yang menjadi perbedaan mobil hasil dari produksi kedua Negara tersebut. Untuk mengetahui perbedaannya, lebih jelasnya langsung aja kita simak artikel dibawah ini :

1. Harga

Perbedaan mendasar mobil Eropa dan Asia yang pertama ialah dari segi harga. Bagi anda pecinta otomotif, sebelum kita memutuskan membeli mobil alangkah baiknya kita pertimbangkan dulu mobil mana yang sesuai dengan kemampuan kita. Jangan memaksakan diri harus membeli mobil yang mewah dan berkelas, sedangkan budget yang kita punyai sangat minim. Alhasil akan menyusahkan anda sendiri.

Perbedaan yang mendasar pertama yaitu harga, untuk harga mobil produksi Jepang jelas lebih murah jika dibandingkan dengan Eropa. Itu karena produsen Jepang lebih menargetkan pangsa pasar menengah ke bawah, berbeda dengan Eropa, mereka menargetkan pangsa pasar mereka untuk kelas menengah ke atas. Jadi mobil anak muda murah pabrikan Jepang akan menjadi pilihan.

2. Bahan Bakar

Perbedaan mendasar mobil Eropa dan Asia yang kedua ialah dari segi bahan bakar. Perusahaan jepang membidik pasar menengah ke bawah agar cocok digunakan sebagai mobil anak muda jaman sekarang. Konsumen ini umumnya menjadikan keiritan konsumsi bahan bakan sebagai prioritas utama saat membeli produk otomotif. Mobil jepang cenderung lebih irit dibandingkan dengan mobil buatan eropa.

Sedangkan untuk Eropa, tidak menggunakan slogan irit bahan bakar. Dalam hal pemakaian bahan bakar mobil buatan eropa cenderung lebih boros. Bagi pasar menengah ke bawah, ini menjadikan mereka kurang berminat pada mobil eropa.

Mobil buatan Eropa ini cocok bagi pangsa pasar kelas menengah keatas, karena mereka tidak memikirkan bahan bakar. Selanjutnya anda wajib memperhatikan cara merawat mesin mobil injeksi yang baik dan benar. Karena sebagian besar mobil kekinian menggunakan sistem injeksi yang juga mempengaruhi keiritan bahan bakar yang digunakan.

3. Kualitas Mesin

Untuk kualitas, mobil buatan Eropa memang memiliki kualitas yang bagus jika dibandingkan dengan Jepang. Meskipun harganya yang tinggi dan juga boros bahan bakar namun mobil ini bisa dijadikan salah pertimbangan dalam hal memilih mobil, mobil Eropa memiliki kualitas mesin yang kuat dan tahan lama, mesin juga ditata dengan rapih di bawah kap mobil. komponen mesin mobil nya pun sangat diperhatikan kualitasnya.

Body mobil buatan eropa juga tebal dan kuat, jadi tidak mudah rusak dan penyok. Sementara Jepang memiliki kualitas menengah ke bawah, jepang membidik keefesienan dengan mengesampingkan kemewahan berkendara. Kedua prinsip inilah yang menjadi perbedaan kusus kedua Negara tersebut. Untuk perawatan mesin mobil antara keduanya pun pasti ada bedanya ya sobat karena perbedaan iklim.

4. Ukuran Mobil

Untuk ukuran kedua negara tersebut menyesuaikan dengan postur tubuh si pengendara ketika mendesign mobil, untuk Eropa biasanya memiliki postur tubuh besar dan tinggi maka dari itu mobil buatan Eropa ukurannya bertubuh tinggi dan besar, hal ini disesuaikan dengan ukuran tubuh masyarakat Eropa.

Sedangkan untuk Asia, biasanya ukuran mobilnya kecil. Hal ini dikarenakan tubuh masyarakat asia yang posturnya  kecil dan bertulang tidak tinggi. Dengan demikian mobil buatan jepang sangat diminati di wilayah Asia namun tidak populer di wilayah Eropa. Semakin sesuai ukuran mobil dengan si pengendara maka akan semakin nyaman mobil yang dikendarai.

Selanjutnya kualitas mesin mobil pabrikan Eropa lebih cenderung didesain untuk tahan terhadap cuaca dan suhu dingin yang ekstrim sehingga bisa bertahan dengan baik tanpa adanya kendala sedikitpun. Dan sebaliknya mobi pabrikan asia khususnya Indonesia rata – rata di desain untuk tahan terhadap cuaca atau pun suhu panas.

5. Letak Kemudi Mobil

Membahas mengenai kemudi nih sobat, pasti sobat semua sering melihat acara – acara televisi yang mengeksplore apa saja yang ada di Eropa dan terperangah melihat kemudi mobil Eropa berlawanan dengan kemudi mobil Asia. Untuk mobil Asia sendiri khususnya di Indonesia, menggunakan kemudi di sebelah kanan. Sedangkan untuk jenis mobil pabrikan Eropa, menggunakan kemudi di sebelah kiri. Inilah yang menjadi perbedaan paling mencolok yang sangat mudah ditemukan. Orang awam pun langsung bisa menilai ya sobat.

6. Proses Penjualan

Mobil keluaran Eropa sangat jarang dijual dan ditawarkan dengan cara mencicil alias kredit, jadi hal ini mungkin juga salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat penjualan mobil Eropa di Asia. Sedangkan mobil keluaran Asia, sebagian besar justru dijual dan ditawarkan dengan cara mencicil sobat. Dengan begitu, untuk mendapatkan calon pembeli akan sangat mudah mengingat daya beli masyarakat Asia lebih rendah dibandingkan masyarakat Eropa ya cenderung lebih maju.

Itulah perbedaan mendasar mobil Eropa dan Asia, bagaimana menurut anda? Semoga perbedaan di atas bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan anda dalam memilih jenis mobil. Sekian artikel kali ini yang membahas perbedaan mendasar mobil Eropa dan Asia. Semoga bermanfaat bagi sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah mampir dan meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Salam hangat selalu dari penulis.

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago