Sponsors Link

6 Peran Vital Talang Air Mobil Bocor Paling Penting

Sponsors Link

Seperti dengan namanya talang air, benda yang satu ini memang merupakan salah satu benda yang mempunyai fungsi yang cukup vital pada kendaraan berjenis mobil atau roda empat dan selebihnya. Disebut vital karena cukup penting keberadaannya bagi mobil.

ads

Terlebih lagi jika pada musim penghujan, yang fungsinya adalah untuk menjaga atau menahan air agar tidak masuk kecelah celah pintu mobil hingga mengakibatkan kebocoran air hujan hingga masuk ke dalam kabin mobil. Selain sebagai penahan air agar tidak masuk ke dalam kabin, talang air ini juga dapat menjadi variasi atau pemanis mobil.

Hal ini dikarenakan bentuk dan letaknya yang dapatmenutupi celah pintu mobil dan juga dapat menahan air sehingga tidak masuk ke dalam kabin mobil. Dan sekarang ini banyak produsen mobil yang memproduksi mobil keluarannnya dengan membuat desain talang air se elegan mungkin selain menambah nilai jual bentuk talang air yang elegan juga dapat menarik minat konsumen terlebih lagi pada kaum muda yang inginnya tampil sporty. Perlu anda ketahui cara membersihkan kabin mobil yang baik dan benar akan meningkatkan kenyamanan anda.

Namun, para pemilik mobil yang sudah berusia pun tidak ingin tertinggal dengan berjalannya jaman, mereka berlomba lomba mengganti talang air bawaan pabrik dengan talang air variasi atau bisa juga mengcover ulang talang air bawaan pabrik denagn cara cat ulang atau menambahkannya stiker.

Dengan begitu mobil yang sudah memiliki usia cukup tua dapat terlihat menarik lagi karena mendapatkan sedikit sentuhan pada bagian talang airnya. Kebocoran tidak hanya terjadi pada talang air saja namun juga ada beberapa hal yang dapat menjadi penyabab kebocoran pada kabin mobil anda.

Musim penghujan biasanya menjadi masalah tersendiri bagi orang yang memiliki mobil yang sudah berumur, meskipun kadang kadang juga terjadi pada mobil keluaran terbaru juga mengalami hal ini yakni masuknya air ke dalam kabin mobil.

Banyak yang mengeluhkan dan bertanya pada kebeberapa bengkel mengapa air selalu masuk ke dlaam bagian ruang kaki (istilahnya kebanjiran) padahal sudah diperiksa tidak ada yang bocor sama sekali? Darimana air tersebut dapat masuk? Nah kali ini saya akan mengulas dalam artikel ini mengenai beberapa penyebab air masuk ke dalam kabin mobil :

1. Karet Pada Pintu Mobil

Karet karet pintu yang menempel pada sela sela pintu dengan kabin harus masih kencang dan menempel sempurna pada pintu dan fungsinya agar pintu dapat menutup dengan sempurna dan rapat tanpa celah yang dapat memungkinkan air dapat masuk ke dalam kabin. Benda ini juga dapat menahan air hujan yang tidak terduga masuk merembes melalui sela sela pintu mobil. Untuk itu cara merawat pintu mobil dan penanganannya patut diperhatikan.

Sponsors Link

2. Plastik Penahan Air di Door Trim

Pada bagian door trim sebenarnya ada plastik penahan air, anda dapat mengeceknya apakah plastik tersebut masih terpasang dengan baik atau tidak. Sebenarnya sebagian kecil air bisa masuk ke dalam pintu mobil akan tetapi tidak sampai menembus pintu bagian dalam karena door trim sebelah luar memiliki plastik penahan tersendiri. Maka air hujan langsung diteruskan kebawah dan keluar melalui lubang pembuangan air di bawah pintu.

ads

3. Pemasangan Spoiler atau Aksesoris Lain yang Tidak Tepat

Memasang aksesoris pada bagian eksternal terutama samapi mengbor bagian bodi mobil yang memiliki resiko merembesnya air melalui lubang tersebut, nah pemasangan haruslah rapat dengan lem dan sealer yang menutup sempurna. Sehingga air tidak dapat merembes atau masuk ke dalam kabin mobil anda.

4. Pemasangan Kaca Mobil yang Kurang Rapat

Kasus tidak rapatnya pemasanagn kaca mobil ini juga lumayan sering terjadi dan dapat menjadi alasan merembesnya air atau masuknya ke dalam kabin mobil. Biasanya jika kaca sudah pecah lalu dibawa ke bengkel untuk dipasang kaca yang baru dan memasangnya kurang rapat. Oleh karena itu sebelum dibawa pulang harus di cek dulu dengan disemprot dengan air apakah merembes atau masuk kedalam kabin atau tidak.

5. Lis Kaca yang Getas

Lis kaca mobil biasanya terbuat dari plastik atau karet, nah jika getas atau sudah berumur maka bentuknya mulai berubah yakni bengkok dan mengeras sehingga ukurannya tidak sesuai atau tidak presisi lagi dengan kaca mobil dan akibatnya air lebih banyak yang masuk ke dalam pintu.

6. Karet Penutup Lantai

Pada bagian bawah terdapat lubang untuk menghubungkan bodi dengan sasi, lubang ini biasanya ditutup oleh karet penutup dek yang berbentuk bulatan. Kemudian periksalah kondisi karet penutup lantai ini apakah masih lengkap atau kalau sudah aus bisa diganti dengan  yang baru.

Tidak hujan kenapa kabin basah? Ini juga sering terjadi karena putusnya selang pembuangan air dari AC. Seperti kita ketahui AC mobil mengambil udara dalam kabin kemudian didinginkan dan proses tersebut akan menyerap air dari udara dan membuangnya keluar melaui selang air jika selang air putus maka air tersebut akan menetes dalm kabin mobil.

Kenali kerusakan pada kendaraan anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. dan rawatlah kendaraan atau mobilmu seperti kamu merawat diri dengan sepenuh hatimu.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil