Sponsors Link

Penyebab Pasang Sayap di Mobil Sembarangan

Sponsors Link

Pemasangan beberapa komponen mobil tambahan kerap dilakukan para pecinta modofikasi hanya sebagai hiasan saja oleh pemilik kendaraan. Ternyata, setiap tambahan part tersebut bisa berdampak positif dan negatif pada mobil. aksesoris penting mobil agar perjalanan aman nyaman pun memang seringkali dibutuhkan.

ads

Pemasangan beberapa komponen mobil kerap hanya dipasang sebagai hiasan oleh sebagian orang. Salah satu aksesoris tambahan yang biasa dipasang adalah spoiler. Tak hanya menambah estetika, spoiler ternyata juga bisa meningkatkan performa mobil saat melaju. Sayap tambahan yang biasa dipasang dibagian belakang mobil ini mempengaruhi sisa aerodinamika.

Karena itulah, pemasangan spoiler hanya dilakukan untuk menambah downforce atau daya tekan kebawah. Efeknya ialah gaya angkat yang timbul saat mobil melaju dalam kecepatan tinggi dapat berkurang. Tak main main, gaya angkat itu dapat membuat mobil bisa melayang sehingga lajunya menjadi tidak stabil. Akibatnya, pengemudi akan kehilangan kontrol dan bisa menyebabkan mobil terpelanting.

Karena dampaknya cukup signifikan, maka pemasangan spoiler pun tidak boleh asal dan harus presisi. Bukannya meningkatkan peforma, spoiler yang salah pasang hanya akan menimbulkan masalah yang baru saja.Persoalan yang kerap ditimbulkan akibat pemasangan sayap mobil secara sembarangan adalah konsumsi bahan bakar menjadi lebih besar. Pasalnya, part tersebut hanya akan menambah beban bagi mobil. beban terlalu berat pada mobil sudah bisa dipastikan akan merusak komponen mobil dalam jangka tertentu.

Pemakaian sayap belakang untuk penggunaan harian dan hanya untuk kebutuhan fashion saja dirasa kurang pas, karena terkesan memaksakan. Umumnya perangkat ini biasa dipakai pada mobil balap untuk meningkatkan traksi ban.

Pemasanagn sayap belakang ini memang diyakini dapat memberikan kontrol yang lebih baik pada dunia balap, sebab aliran angin yang menempa dapat dibelokan dengan penekanan dibagian buritan (downforce), terutama saat mobil bermanufer di tikungan tajam.

Spoiler atau yang banyak digunakan atau dipasang pada mobil beraliran balap dan bisa diaplikasikan di semua mobil. Pemasangan perangkat ini memang bisa mempercantik penampilan mobil standar jauh lebih keren. Akan tetapi, jika pemasangan jangan dipaksakan, karena jika terlalu memaksakan memasang spoiler justru akan terkesan norak.

Untuk mengetahui wing berbeda dengan spoiler. Pemakaian wing di mobil balap bukan hanya sekedar aksesoris semata saja agar terlihat manis, tetapi, untuk memberikan kestabilan mobil menjadi lebih baik. Hal ini dipercaya dalam dunia balap namun kalau untuk digunakan harian dirasa sanagt kurang cocok.

Sponsors Link

Pemasangan spoiler tentu saja dapat anda lakukan sendiri di rumah. Bagaimana langkah pemasangan yang tepat dan benar? Yuk, simak ulasannya berikut ini:

  • Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk memasang spoiler mobil ialah menempelkan atau mengepaskan posisi komponen tersebut harus sesuai dengan posisi dudukannya di atas pintu bagasi mobil.
  • Berikutnya anda perlu memberi tanda titik sebelum melakukan pengeboran di bodi mobil. Dengan cara, pada sisi dalam spoiler terdapat dua lubang untuk baut yang akan terpasang dari sisi dalam spoiler. Lubang tersebut kemudian di sumpal dengan busa yang telah dibasahai dengan cat.
  • Setelah itu spoiler dipaskan posisinya di atas kaca atau bagai belakang, sehingga busa tadi menempel di bodi dan meningkatkan titik noda cat sebagai tanda titik pengeboran. Anda juga dapat memberi titik sebagai tanda menggunakan spidol jika cat mobil berwarna putih, dan pada tipe-x jika bodi mobil berwarna hitam.
  • Selanjutnya setelah kedua titik telah ditandai. Bersiaplah untuk mengebor bagian yang sudah ditandai dengan cat atau spidol tadi. Gunakan sekrup dengan ukuran 10 mm. Cara pengeboran dapat anda lakukan sendiri dengan menggunakan mata bor yang lebih dahulu agar memudahkan menembus plat bodi, kemudian ulangi pengerjaan dengan mata bor yang lebih besar. Jika bodi mobil terlalu tipis, maka anda dapat menggunakan ujung gunting untuk melubangi bodi.
  • Saat ini anda memasuki tahap untuk memasang spoiler, beri tambahan sealant serta double tape sebagai penguat atau perkat di sisi dalam, setelah itu lepas sedikit ujung lapisan pelindung double tape.
  • Selanjutnya, lepas dua penutup lubang dari sisi dalam dengan cara mencongkel menggunakan kuku. Kemudian, pasang spoiler dan baut dari sisi dalam pintu bagai. Perlu anda ketahui juga bahwa pemasanagn baut pada setiap jenis mobil berbeda beda.
  • Pemasanagn baut yang tidak terlalu kencang sebelumnya bartujuan agar anda masih memiliki celah untuk melepas lapisan penutup double tape. Setelah double tape terlepas, barulah anda bisa mengencangkan baut dari sisi dalam sampai benar benar kencang.
  • Selanjutnya, anda memasuki tahap finishing, yakni pemberian sealant ini berguna untuk menambal agar air tidak masuk ke dalam kabin. Sebelumnya, pasang selotip kertas terlebih dahulu pada bagian bodi mobil dan spoiler sebagai pelindung agar tidak terkena ceceran sealant, sehingga sealant hanya akan mengisi celah sambungan di antara kedua sisi dengan hasil yang akan terlihat rapi.
Sponsors Link

Pemasangan sealant pada umumnya penting digunakan untuk menambal celah ketika proses pemasangan spoiler. Jika anda ragu dengan cara di atas atau memasangnya sendiri, maka anda bisa membawanya ke bengkel variasi. Karena cara diatas tidak sepenuhnya bisa nada lakukan sendiri.

Setelah mengetahui fungsi, dampak dan cara memasang spoiler sendiri. Maka, anda sudah paham apa saja yang menjadi dampak ketika memasang sayap mobil secara sembarangan. Kenali kerusakan pada kendaraan anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil