Sponsors Link

Pentingnya Rotasi Ban Mobil Agar Aman dan Nyaman

Bagi semua pemilik mobil rotasi ban sangat penting. Karena tujuannya supaya keausan yang terjadi pada ban mobil dapat merata pada keempat rodanya termasuk juga dengan ban cadangan. Cara merotasi sangat mudah untuk anda lakukan sendiri di rumah.

Bukan hanya kenyamanan sebuah kendaraan akan menjadi terganggu, tetapi juga dengan keselamatan seluruh penumpang di kendaraan tersebut juga akan bergantung dengan kondisi bannya.

Karena ban merupakan komponen penting dalam sebuah kendaraan, karena ban yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Sayangnya banyak pemilik mobil yang tidak paham dengan perawatan ban ini.

Selain spooring dan balancing yang biasa anda lakukan untuk merawat ban dan velg, ternyata rotasi ban mobil juga sama pentingnya. Bahkan tidak sedikit yang menyadari jika sebenarnya semua roda pada mobil tersebut perlu dirotasi pemakaiannya.

Rotasi ban merupakan cara yang dapat anda lakukan sendiri di rumah. Karena itulah perawatan ban harus dilakukan dengan seksama. Tujuannya supaya semua ban memiliki tingkat keausan yang merata, termasuk juga ban serep atau ban cadangan.

Jika anda sering menggunakan mobil tersebut sehari-hari untuk beraktifitas, rotasi ban biasanya dilakukan setiap 5000 km. Apabila anda hanya menggunakan saat akhir pekan, anda melakukan nya setiap 10000 km. dampak buruk ban mobil kempes tetap dipaksa jalan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Ada mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan (front wheel drive), dan ada juga penggerak roda belakang (rear wheel drive), atau penggerak semua roda (all wheel drive).

Karena setiap mobil memiliki jenis system penggerak roda yang berbeda, karena itulah rotasi ban mobil tersebut juga berbda-beda. Sebaiknya anda cari tahu terlebih dahulu bagaimana system penggerak roda pada mobil anda melalui buku petunjuk manual penggunaan yang disertakan saat anda membeli mobil.

Cara Rotasi Mobil Yang Benar

Ketika melakukan proses rotasi, anda tidak dapat sembarangan menukar posisi ban. Hal tersebut dikarenakan untuk menjaga supaya rotasi dapat berjalan merata.

Sehingga ada aturan main untuk merotasi ban. Tidak ada patokan yang baik terkait kapan harus melakukan rotasi ban mobil. Namun dianjurkan secara rutin melakukan rotasi setiap 10.000 kilometer. waktu jatuh tempo dan waktu tepat ganti ban mobil bisa anda perhatikan baik – baik.

Ada sedikit perbedaan terkait proses rotasi ban mobil pada mobil penggerak depan dan penggerak ban belakang. Namun apabila dilakukan dengan cara yang sama, tidak menjadi masalah.

Tingkat keausan ban mobil akan lebih cepat terasa pada ban mobil bagian depan. Hal tersebut terkait dengan kemudi dan proses pengeraman yang dialami oleh ban mobil. Karenanya, proses rotasi harus menyilang dari ban depan sampai ban belakang.

Namun jika dirasa perlu, anda dapat menyesuaikan langkah rotasi dengan melihat kondisi keausan ban mobil. Hal ini untuk menjaga supaya anda dapat menjaga kondisi ban mobil seimbang pada kedua sisinya.

Berikut penjelasan cara rotasi ban mobil:

1.Mobil penggerak roda depan (Front Wheel Drive / FWD)

  • Ban depan kiri dipindah menjadi ban belakang kiri
  • Ban depan kanan di lepas dan di tukar menjadi ban cadangan
  • Ban belakang kiri di silang menjadi ban depan kanan
  • Ban belakang kanan di silang pakai menjadi ban depan kiri
  • Ban cadangan di pindah menjadi ban belakang kiri

2. Mobil penggerak roda belakang (Rear Wheel Drive / RWD)

  • Ban depan kiri di lepas dan menjadi ban cadangan
  • Ban depan kanan di silang menjadi ban belakang kiri
  • Ban belakang kiri di pindah menjadi ban depan kiri
  • Ban belakang kanan di pindah menjadi ban depan kanan
  • Ban cadangan diturunkan untuk menjadi ban belakang kanan

3. Mobil penggerak semua roda (All Wheel Drive / AWD)

  • Ban depan kiri di lepas menjadi ban cadangan
  • Ban depan kanan di geser menjadi ban belakang kiri
  • Ban belakang kiri maju menjadi ban depan kiri
  • Ban belakang kanan di geser maju menjadi ban depan kanan
  • Ban cadangan dig anti fungsinya menjadi ban belakang kanan

Kenali juga fungsi pola tapak ban mobil supaya anda aman berkendara, karena ban mobil telah dibekali dengan berbagai macam teknologi serta dilengkapi dengan berbagai banyak komponen bangun.

Diantara berbagai macam komponen pada ban, terdapat salah satu ujung tombak kinerja ban, yaitu pada bagian ‘tread’ atau karet luar yang biasa disebut dengan tapak ban. Ketika musim hujan, ban merupakan elemen penting karena merupakan media penghubung antara kendaraan dengan jalanan.

Oleh sebab itu ban mempunyai peran penting dalam setiap aktivitas berkendara karena ban merupakan slah satu komponen yang mempengaruhi kenyamanan, keselamatan, performa, dan juga esensi kendaraan anda terutama pada bagian ban mobil.

Karena semakin dangkal dan minim alur pada permukaan ban, maka pada kondisi jalan yang kering, daya cengkramnya akan semakin optimal. Inilah mengapa ketika berada pada lintasan balap, para pembalap menggunakan ban ’slick’ atau botak polos tanpa alur ketika cuaca kering dan panas.

Pada ban mobil mempunyai standar dasar yang sama dan hanya dibedakan menjadi 3 pola, yaitu pola asimetris, simetris, dan directional/uni-directional. Ketiga pola ini mempunyai karakter dan juga kemampuan membuang air yang berbeda.

Nah itulah pembahasan mengenai pentingnya rotasi ban mobil agar aman dan nyaman saat digunakan. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil