Sponsors Link

Pedal Gas Mobil : Bagian – Bagian, Perawatan dan Cara Penggunaan yang Baik

Sponsors Link

Hello sobat terkasih yang selalu penulis rindukan, penulis tentunya masih setia nih sobat untuk memberikan ulasan buat sobat semua untuk mengisi waktu luang anda dengan kegiatan atau aktivitas yang lebih produktif ya sobat. Tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini penulis masih akan membahas seputar dunia otomotif.

ads

Jika berbicara mengenai dunia otomotif tentunya kita juga kan membahas mengenai komponen otomotif tersebut. Setuju ya sobat? Nah sobat semua, seperti yang sudah kita ketahui bersama, setiap kendaraan roda empat atau mobil tentunya memiliki komponen yang disebut dengan pedal gas mobil.

Bagi sobat semua yang susah terbiasa mengemudi tentunya komponen yang satu ini bukanlah suatu komponen yang baru bagi anda ya, karena seyogianya pedal gas mobil ini pastinya anda gunakan setiap kali anda mengemudikan kendaraan anda.

Namun demikian, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, karena pada kesempatan kali ini penulis akan mengulas secara lengkap mengenai pedal gas mobil tersebut secara terperinci. Buat sobat semua yang ingin menambah wawasan mengenai pedal gas tersebut, yuk sobat kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Adapun pedal gas mobil memiliki fungsi dimana saat pedal gas bekerja untuk mengontrol putaran yang terjadi pada mesin mobil. Pada saat pedal gas diinjak, maka akan mempercepat laju mobil atau mempercepat putaran yang terjadi pada mesin mobil sendiri. Penggunaan pedal gas yang tidak baik, ternyata bisa menjadi penyebab mobil bau sangit sobat. Untuk itu budayakan menggunakan barang dengan baik.

Sistem yang terjadi pada pedal gas sangatlah membutuhkan tekanan yang dilakukan dari si pengemudi. Oleh karena itu, pada saat pengemudi ingin menambahkan kecepatan, maka pengemudi hanya menginjak pedal gas tersebut ke bagian bawah agar putaran pada mesin bisa bertambah. Bagian yang berhubungan dengan pedal gas lainnya adalah bagian rem mobil dan juga kopling mobil. Dalam berkendara ketiga komponen ini saling mendukung.

Bagian – Bagian Pedal Gas Mobil

Untuk mengetahui lebih dalam mengenai pedal gas mobil, sudah selayaknya anda mengetahui bagian – bagiannya terlebih dahulu. Adapun bagian –  bagian dari pedal gas mobil adalah sebagai berikut :

  • Force Feedback

Force feedback yaitu bagian pada pedal gas yang berfungsi sebagai pijakan kaki ketika anda akan melakukan penambahan kecepatan, yang nantinya tekanan yang ada pada force feedback ini akan diteruskan ke bagian engine control.

  • Engine Control

Engine control yaitu komponen yang mengatur tekanan yang berasal dari bagian force feedback yang nantinya akan diteruskan ke bagian feel forces. Dengan adanya komponen ini, tekanan yang ada bisa diatur sedemikian rupa agar nyaman dan aman saat digunakan.

Sponsors Link

  • Feel Forces

Feel fores yaitu komponen yang mengatur dan juga menyampaikan tekanan dari engine control ke bagian pemutar mesin pada kendaran anda, sehingga mesin bisa menambah ataupun mengurangi kecepatannya. Coba bayangkan saja sobat, apa jadinya jika kecepatan tidak bisa dikurangi, pasti akan sangat berbahaya. Sekarang tau kan betapa pentingnya komponen yang satu ini.

Perawatan Pedal Gas Mobil

Setiap benda ataupun barang sudah selayaknya untuk dijaga ataupun dirawat. Sama halnya dengan pedal gas mobil anda ya sobat, sudah seharusnya dirawat juga. Berikut ini cara perawatan pedal gas mobil.

  • Langkah pertama, untuk melakukan perawatan pada pedal gas mobil anda adalah dengan cara memastikan komponen atau bagian pedal gas anda berfungsi dengan baik , tentunya kita terlebih dahulu mematikan mesin agar posisi mobil dalam keadaan mati dan diam. Setalah itu periksalah semua bagian komponen dari pedal gas tersebut apakah dalam keadaan “ oke “ atau tidak.
  • Langkah kedua, jika memang anda menemukan ada masalah maka sebaiknya periksalah batang penghubung pedal gas dengan komponen karburator mobil dan pegas – pegas yang ada pada komponen pedal gas mobil anda tersebut. Anda bisa melakukan langkah ini dengan cara terlebih dahulu membuka kap komponen mesin mobil anda, kemudian gerakkan batang – batang yang menjadi penghubung di dalam gas mobil anda.
  • Langkah ketiga, apabila pedal gas ketarik dan terlepas dari batang – batang pedal gas tersebut, maka kembalikanlah pada posisi semula agat tidak terjadi masalah nantinya.
  • Lakukanlah perawatan atau pengecekan seperti point di atas secara teratur dan rutin, agar anda bisa mengeyahui sejak dini apabila terjadi masalah pada pedal gas mobil anda.
Sponsors Link

Cara Penggunaan Pedal Gas Yang Baik

Segala sesuatu tentunya ada cara penggunaan yang baik agar benda atau barang tersebut awet ya sobat. Berikut cara pengunaan pedal gas yang baik.

  • Pada saat anda tidak mengguankan pedal gas tersebut, atau dengan kata lain tidak membutuhkannya sebaiknya kaki anda segera diturunkan keposisi lantai mobil anda, agar bagian pedal gas yang menjadi tumpuan kaki anda tidak cepat rusak atau aus.
  • Jangan menginjak pedal gas secara berulang – ulang karena kan merusak  bagian kelistrikan pedal gas tersebut dengan cepat. Apabila anda menginjak pedal gas tersebut berkali –  kali akan mengakibatkan bahan bakar anda akan boros.
  • Jangan menginjak pedal gas dengan cara mendadak, karena bisa mengurangi sistem akselerasi pada mesin mobil anda. Pada saat pengemudi melakukan penginjakan pedal gas dengan mendadak sampai mobil beraksi, maka akan terjadi sedikit keterlambatan pada akselerasi mesin anda nantinya, karena pedal gas dan throttle tidak memiliki hubungan langsung, karena informasi dari sensor posisi pedal gas butuh waktu untuk melakukan respon.

Sekian informasi yang bisa penulis sampaikan mengenai pedal gas mobil buat anda. Terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini semoga bermanfaat serta bisa menjadi refrensi bagi anda ya sobat. Sampai ketemu diartikel selanjutnya dengan pembahasan yang lebih menarik. Salam otomotif selalu.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil