Setiap komponen yang ada dalam mobil kita tentunya sudah di design sedemikian rupa agar bisa saling berhubungan antara satu komponen dengan komponen yang lainnya.
Sehingga dengan demikian bisa kita simpulkan bahwasannya setiap komponen tersebut sangat penting, dan apabila dalam satu komponen terdapat masalah, maka tentunya hal ini akan berdampak pada semua performa komponen mobil anda secara keseluruhan.
Salah satu komponen dalam mobil kita yang tentunya memiliki peranan yang sangat penting adalah aki atau yang sering kita sebut dengan accu. Aki atau accu ini merupakan sebuah sel listrik, dimana di dalamnya berlangsung sebuah proses elektrokimia yang reversibel (dapat berbalikan), dan memiliki efisiensi yang tinggi.
Maksudnya adalah bahwasanya di dalam aki tersebut berlangsung sebuah proses pengubahan kimia menjadi tenaga listrik, sehingga pada saat mobil anda di starter, maka aki inilah yang memegang peranan penting di dalamnya.
Agar aki dalam mobil anda awet, maka sobat semua perlu mengetahui kapasita aki mobil anda, yang memang secara real time cukup menyulitkan bagi anda, karena jika kita bukan ahli mekanik, maka hal ini adalah sesuatu yang bersifat awam bagi kita.
Namun beberapa tipe aki mobil pada umumnya sudah mencantumkan informasi terkait seberapa besar kapasitas dari kode aki tersebut agar anda jangan sampai keliru. Lantas, bagaimana cara mengetahui kapasitas aki tersebut? Berikut ulasannya untuk anda. jangan sembarangan beli kabel aki mobil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.
Mengetahui Kapasitas Aki Mobil Dari Kode, Jangan Sampa Keliru
Berikut ini adalah cara pengecekan kapasitas aki mobil tersebut agar anda tidak keliru, antara lain :
1.Menggunakan Kode JIS ( Japanese Industrial Standard )
Untuk aki yang menggunakan kode JIS ( Japanese Industrial Standard ) umumnya digunakan pada mobil – mobil Jepang tentunya. Umumnya, kode aki jenis JIS ini berada di bodi atas aki atau dekat dengan deretan tutup ventilasi aki mobil. bahaya cabut aki sembarangan bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.
JIS ini sendiri memiliki dua format, antara lain :
NS : Normal , atau NS Lebih kecil dari normal
40 : kapasitas aki (…32 aH, 50aH…)
Z : dimensi sama kapasitas lebih besar
L : Left posisi terminal positif sebelah kiri
(S) : terminal besar untuk tipe NS
34 : ranking performance
B : dimensi luar ( lebar x tinggi )
19 : panjang battery / aki yakni 19 cm
L : Left / R Right posisi terminal
(S) : terminal besar
Sebagai contoh cara pembacaan kapasitas baterai untuk kode JIS adalah aki NZ40LS dengan cara pembacaan adalah sebagai berikut :
2. Menggunakan Kode DIN ( Deutsche Institut Fur Normug-Jerman )
Adapun jenis aki dengan kode DIN ini, kini sudah diarahkan atau dialihkan ke ETN ( Europe Type Number ). Berbeda dengan kode aki yang menggunakan JIS, yang banyak digunakan pada mobil – mobil Jepang seperti yang sudah penulis sajikan pada ulasan di atas, kode aki DIN/ETN ini lebih banyak digunakan di mobil mobil Eropa seperti BMW, Mercedes – Benz, Mini Cooper, Volkswagen, dan beberapa mobil Eropa yang lainnya.
Adapun perbedaan yang cukup signifikan yang bisa kuta perahatikan antara aki JIS an DIN/ETN ini adalah peletakan kutubnya yang dibuat sejajar dengan bodi aki.
Sementara untuk kode DIN/ETN adalah terletak pada samping body aki dan ada juga ynag diletakkan di atas sama seperti JIS. Dan berikut ini adalah cara membaca kapasitas aki pada kode DIN/ETN tersebut.
Cara mengetahui kapasitas akinya adalah :
Selain itu sobat, untuk aki DIN/ ETN ini memiliki format kode lima angka, namun yang perlu anda perhatikan adalah tiga digit angka di depannya. Misalnya adalah :
Tentunya cara pembacaa dari kode aki tersebut yakni yang bertujuan untuk menentukan atau mengetahui kapasitas aki mobil tersebut tidaklah terlalu susah ya sobat.
Dengan mengetahui kapasaitas aki melalui kode, diharapkan anda tidak akan salah pilih dan menyebabkan masalah yang tidak anda ketahui. Jika sampai salah bisa saja kerusakan pada bagian mobil tertentu tidak bisa dihindari. Untuk itu mulai dari sekarang anda harus lebih jeli ya dalam memilih aki sesuai dengan kapasitasnya.
Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat bagi anda yang sudah berkunjung dan membacanya, terutama bagi anda yang belum mengetahui cara membaca kapasitas kode aki tersebut.
Kenali masalah yang mungkin saja terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.
Terkadang cat mobil yang retak itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…
Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman yang sangat dibenci. Sebab tanpa…
Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…
Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…
Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…
Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…