Sponsors Link

Mengenal Perbedaan Aki Kering dan Basah pada Mobil

Sponsors Link

 Baterai atau aki mobil merupakan salah satu komponen yang paling penting bagi mobil sebab itu perhatikan cara pengisian air aki yang benar. karena aki memiliki fungsi yang amat penting yakni menyuplay semua komponen yang ada pada mobil yang membutuhkan teganagn listrik untuk mengaktifkannya.

ads

Terutama pada sistem starter mbil dimana sistem starter ini adalah kunci utama untuk mobil bisa menyala dan dapat digunakan tanpa membutuhkan cara yang ruhmit. Baterai atau aki pada mobil memiliki ragam jenis dan juga spesifikasi tersendiri.

Istilah dalam aki sering disebut dengan aki kering dan juga aki basah. Lalu apa pengertian aki kering dan aki basah?

  • Aki kering

pada dasarnya semua jenis aki (kering dan basah) cara merawat aki kering tetap menggunakan cairan elektroda (biasa disebut dengan air aki). Berbeda dengan aki basah, aki kering yang memiliki sifatnya bebas perawatan atau maintenance free (MF). Harga aki kering biasanya relatif lebih mahal bila dibandingkan dengan aki berjenis aki basah.

  • aki basah

inivmerupakan salah satu jenis aki yakni cara memperbaiki aki basah yang banyak digunakan pada kendaraan dari dulu hingga sampai saat ini. Aki ini berisikan cairan ari accu (cairan asam belerang atau sulfuric acid). Elektrolit baterai merupakan campuran antara air suling (H2O) dengan sam sulfat 9so40, komposisi campuran adalah 64% H2O da 36% SO4.

Pada saat membeli aki basah baru di toko biasanya para penjual menawarkan jasa untuk mengisi langsung atau diakukan pengisian secara mandiri oleh konsumen. Sedngkan yang disebut aki kering, cairan akinya sudah langsung diisi oleh pabeik yang memprosuksinya, dan tidak ada luabng untuk melakukan pengisian cairan aki.

  • Perbedaan dalam perawatan

Dalam perbedaan namanya, maka beda pula dalam cara perawatannya. Aki basah adalah jenis aki yang harus mendapatkan perhatian atau perawatan secara rutin dan secara berkala, mulai dari volume air aki, kondisi cairan dalam wadah dan melakukan pengecasan aki secara berkala.

Sedangkan, yang sering disebut dengan istilah aki kering adalah termasuk jenis aki yang paling mudah perawatannya. Karena jenis aki ini sudah diisi cairan langsung dari pabriknya dan dapat langsung digunakan tanpa perlu mengisi ulang air aki.

  • Perbedaan indikator

Biasanya aki ini punya indikator untuk melakukan pnegecasan. Selain itu aki kering juga lebih praktis digunakan, karena tidak perlu mengkhawatirkan cairan aki tumph, terutama ketika mobil terguncang di jalan yang memiliki permukaan yang tidak rata, tanjakan dan turunan.

Sponsors Link

  • Perbedaan saat pengisian

Mengisi air aki sebaiknya saat mesin mobil dalam kondisi dingin atau sebelum menyalakan mesin mobil selama semalaman. Akn tetapi akan lebih baik lagi jika mengisinya di pagi hari. Setelah itu baru anda bisa mengisikan cairan kepada aki tersebut. Itu dilakukan agar aki lebih awet. Selain itu, cara pengisian air aki ini disarankan agar aki mendapatkan pengisian yang baik.

Namun selain itu, kedua jenis aki ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing karena pada prisnsipnya semua kompoenn yang ada pada mobil juga memiliki kelebihan dan kekurangan tersendiri. Berikut ini kelebihan dan kekurangan aki kering dan basah:

ads

Kelebihan aki kering:

  • Mudah melakukan perawatan karena tidak perlu mengisi ulang cairan aki.
  • Tegangan yang dihasilkannya lebih stabil jika dibandingkan dengan aki basah.
  • Tidak takut tumpah karena aki kering sudah diisi cairan lanhgsung dari pabriknya.

Kekurangan aki kering:

  • Harga yang dipatok oleh para penjual aki biasanya relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan aki basah. Hal ini disebabkan karena aki kering memiliki perawatan yang mudah.
  • Apabila aki sudah rusak maka pemilik mobil harus menggantinya dengan yang baru.

Kelebihan aki basah:

  • Harga lebih murah jika dibandingkan dengan aki kering.
  • Jika aki tekor rusak aki masih bisa diperbaiki dengan cara menguras air aki sampai bersih, kemudian cuci hingga endapanya habisdan keringkan.
  • Setelah kering isi kembali dengan air aki dan settrum aki sampai penuh baru kemudian anda dapat memasang aki kembali ke mobil anda.

Kekurangan aki basah:

  • Memerlukan perhatian ekstra.
  • Harus rutin melakukan pengecekan dan menambahkan air aki.
  • Tegangan yang dihasilkan kurang stabil jika dibandigkan dengan aki kering.
  • Jadi pilihan para konsumen kelas bawah menengah.

Nah, anda dapat melakukan perawatan aki dengan mudah dan dapat anda lakuka sendiri di rumah atau jika anda tidak memiliki waktu untuk merawat kendaraan. Anda dapat membawanya ke bengkel yang menyediakan jasa perawatan aki.

Perawatan aki sangat diperlukan mengingat aki sangat penting bagi keberlangsungan aktivitas mengemudi anda agar perjalanan anda menjadi lebih nyaman dan aman. Bila aki mobil anda mengalami kerusakan sebaiknya anda segera melakukan pengecekan atau anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai perbedaan aki kering dan aki basah pada mobil. semoga artikel kali ini dapat bermanfaat dan dapat menambah wawasan kita semua. rawatlah kendaraanmu dengan baik dan benar agar perjalanan anda terasa nyaman dan aman serta merawat kendaraan juga bisa menjadi salah satu faktor keselamatan berkendara, sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil