Sponsors Link

Mengenal Jenis Chasis Pada Mobil Sebagai Kerangka

Sponsors Link

Chassis pada mobil merupakan komponen utama yang sangat peting, dimana chassis ini yang menopang axle, kemudi untuk mengatur ara kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan kendaraan saat berjalan. Mengenal dengan baik adalah hal yang paling mnegasyikan, diamana mengenal komponen penyusun dalm sebuah alat merupakan kesenangan tersendiri.

ads

Kesempatan kali ini saya mencoba menyampaikan informasi mengenai komponen penyusun mobil yang salah satunya adalah chassismobil. Chassis mobil merupakan komponen utama dan sangat penting untuk mobil, dimana chassis ini yang menopang axle, kemudi untuk mengatur arah kendaraan, roda, ban dan rem untuk menghentikan laju kendaraan saat mobil berjalan.

Sistem pada chassis sangat berpengaruh langsung terhadap kenyamanan saat berkendara, stabilitas dan lain-lain. Pada beberapa chassis ada beberapa hal yang harus dipahami oleh setiap pemlik mobil, seperti sistem rangka, sistem rem, sistem suspensi, sistem kemudi, sistem kopling, sistem transmisi, sistem deferensial dan sistem penggerak roda.

Rangka adalah tempat menempelnya semua komponen yang ada pada kendaraan termasuk bodi. Berdasarkan konstruksinya tempat menempelnya bodi pada rangka dibagi kedalam 2 jenis yaitu konstruksi terpisah dan konstruksi menyatu.

Rangka yang disajikan pada mobil harus kokoh, kuat, ringan, dan tahan terhadap goncangan saat menerima situasi jalan yang rusak. Awal pembuatan rangka mobil dikerjakan terpisah dengan bodi namun dengan perkembangan zaman rangka dan bodi dibuat secara menyatu yang dikhususkan untuk membuat mobil jenis sedan.

Rangka pada mobil dapat dibedakan beberapa macam, yaitu rangka bentuk H, rangka bentuk perimeter, rangka bentuk X, rangka bentuk tulang punggung dan rangka bentuk lantai. Rangka-rangka pada mobil tersebut digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk mobil yang akan diproduksi nantinya.

Jadi pada pemilihan mobil maka lihat dulu kebutuhannya untuk apa dan lihat juga terbuat dari apa. Dan bagi anda saat akan membeli mobil bekas cobalah untuk mengecek chassis mobil terlebih dahulu apakah chassis mobil masih utuh atau tidak (keropos atau putus). Karena rangka adalah komponen yang paling penting pada mobil atau pun kendaraan lainnya dan harus dimengerti oleh semua pemilik kendaraan atau mobil.

Konstruksi Rangka Mobil Terpisah

Konstruksi terpisah antara rangka dan bodi biasanya dikerjakan untuk mobil jenis truck, bus, pick up dan pembuatan bodi dilakukan secara terpisah dan kemudian disatukan. Penyatuan antara bodi dan rangka biasanya menggunakan baut atau mur. Peningkatan kenyamanan saat penggunaan mobil tersebut biasanya antara rangka dan bodi dipasang karet yang digunakan sebagai peredam getaran.

Konstruksi rengka dan bodi terpisah ini dapat memudahkan bengkel saat akan mengganti salah satu komponen mobil yang mengalami kerusakan. Contoh jenis mobil pick up yang menggunakan konstruksi terpisah seperti gran max pu, colt L300 pick up dan lain-lain.

Sponsors Link

Konstruksi Rangka Mobil Menyatu

Konstruksi rangka menyatu antara rangka dan bodi biasanya dikerjakan mobil jenis sedan, bahkan ada beberapa jenis mobil MPV (Multi Purpose Vehicle). Pengerjaan antara rangka dan bodi dilakukan secara menyatu, dimana rangka dan bodi akan menjadi stu kestuan yang kokoh.

Konstruksi menyatu ini bisa juga disebut dengan sistem kulit telur, dimana satu kesatuan yang utuh sehingga semua beban terbagi rata pada semua bagian kulit. Penyatuan antara rangka dan bodi menggunakan las. Rangka dan bodi yang menyatu, memilikibentuk yang lebih rendah jika dibandingkan dengan jenis konstruksi terpisah. Sehingga titik berat gravitasi lebih rendah, dengan kata lain mobil dengan konstruksi jenis ini aka lebih stabil.

Jenis-jenis rangka mobil

Rangka dengan bentu huruf H adalah rangka yang paling sederhana, mudah dikerjakan, banyak digunakan pada mobil jenis truck dan bus. Rangka perimeter merupakan rangka penyempurnaan dari rangka bentuk H, bodi menempel pada pinggir rangka sehingga posisi lantai dapat diturunkan. Rangka betuk X adalah konstruksi rangka balok yang terdiri atas dua batang utama berbentuk balok memanjang disatukan pada bagian tengah.

Rangka bentuk tulang belakang adalah konstruksi rangka model tunggal, dimana pada bagian tengah memikul beban dan lengan yang menonjol pada pemegang bodi. Rangka bentuk lantai merupakan jenis konstruksi rangka yang dilas menjadi datu, sehingga merpukan bentuk yang diintergrasikan dan kemungkinan ruangan interior dapat dibuat lebih luas.

Sponsors Link

Mungkin anda telah mendengar istilah chassis monocouque dalam dunia otomotif. Hal itu terjadi karena banyak produsen mobil baru mengklaim menggunkan chassis jenis monocoque. Menurut instruktur safety institute Indonesia, Dhani Ekasaputra, chassis dapat dianologikan sebagai kerangka tulang manusia. Di kendaraan bermotor seperti mobil, chassis terdiri dari kerangka bagian bawah mobil, roda, transmisi, sistem suspensi, dan meisin.

“Chassis Monocouque adalah sebuah struktur rangka kendaraan tunggal yang menyatu dengan bodi mobil. Berbeda dengan chassis model tangga atau ladder frame, tubular space frame, backbone dan alumunium spece frame, yang mempunyai konstruksi bodi dan juga rangka kendaraan yang dibuat secara terpisah”. Chassis monocouque juga mempunyai kekurangan.

Biaya perbaikan lumayan mahal jika mobil mengalami kerusakan seperti tabrakan dan mengenai bagian chassis. Pengerjaannya lebih sulit dan membutuhkan waktu yang lama jika dibandingkan dengan model lain. Semoga informasi yang dapat saya berikan tentang Mengenal Jenis Chassis Pada Mobil Sebagai Kerangka, semoga dapat membantu anda dan berguna. Terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil