Sponsors Link

Jarang Diketahui, Mengapa Tenaga Kuda Jadi Patokan Dari Peforma Mesin

Sponsors Link

Dari setiap komponen atau piranti yang terdapat dalam mobil, salah satu piranti yang memiliki fungsi paling  penting dari komponen atau piranti yang lainnya adalah mesin mobil. Setuju ya sobat.

ads

Hal ini bukan tidak beralasan, namun karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, mesin ini merupakan komponen atau piranti ini yang terdapat dalam mobil kita yang memiliki peranan untuk mengoperasikan  atau mengendalikan mobil tersebut secara keseluruhan, atau jika kita bandingkan dengan tubuh manusia, maka mesin ini ibarat jantung pada manusia.

Oleh karena fungsi atau perannanya yang sangat penting tersebutlah sobat, anda sebagai pemilik kendaraan wajib untuk melakukan pengecekan dan  perawatan terhadap mesin kendaana anda, untuk memastikan tidak ada masalah didalamnya  pada saat anda menggunakannya.

Dan berbicara mengenai mesin mobil tersebut sobat, seringkali kita menyebutkannya dengan istilah menggunakan tenaga kuda atau Horse Power sebagai patokan atau indicator dari performa suatu mesin kendaraan. cara cepat mengetahui kondisi mesin mobil bekas bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Padahal jarang diketahui mengapa tenaga kuda menjadi patokan dari  performa mesin kendaran. Lantas, mengapa harus kuda? Apa hubungannya dengan mesin mobil tersebut? Berikut  ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Jarang Diketahui Mengapa Tenaga Kuda Menjadi Patokan Dari Performa Mesin

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, sekarang ini  industri otomotif sudah sangat berkembang pesat. Hal ini tentunya berbeda dengan  industri otomotif pada zaman dahulu yang mana industri ototmotif tersebut masih tergolong sederhana. 

Sebelum industri otomotif tersebut berkembang seperti saat ini, Vewcomen Steam Engine muncul sebagai pencipta teknologi uap di tahun 1700-an. Namun meksi demikian, mesin yang diberi nama Athmosperic Engines  tersebut hanya mampu memberikan tekanan sebesar 5 psi.

Dan melihat hal tersebutlah sobat seorang ilmuan yang bernama James Watt mersa tertarik untuk mengembangkan teknologi uap yang hanya memberikan tekanan sebesar 5 psi tersebut. cara aman mencuci mesin mobil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Dan yang paling membahagiakan adalah usahanya tersebut membuahkan hasil yang cukup cemerlang yang pada akhrinya berkonstribusi mengubah di era masa itu menjadi revolusi industri. 

Hal ini dikarenakan James Watt memahami bahwasanya masyarakat luas sudah terbisa menggunakan teknologi mesin dari Newcomen tersebut.  Maka kemudian, ia memikirkan sebuah cara supaya produk inovatifnya dapat dipahami dan jga digunakan oleh masyakat.

Kemudian setelah itu sobat, maka James Watt kemudian menemukan ide yang cemerlang pada saat ia memperhatikan dan mengamati perilaku kuda yang mengangkut batubara diarea  pertambangan. 

Melalui pengamatannya tersebut, ia mulai mengukur pergerakan dari kuda tersebut. James menemukan bahwasanya kudat tersebut mampu mengangkut batubara seberat 330 pounds, dengan jarak 100 kaki yang bisa kuda  tersebut tempuh dalam waktu 1 menit. 

Dan ia memastikan hal tersebut secara berulang ulang, sehingga ia pun mendapatkan hasil yang mirip atau hamir sama dari setiap penelitian yang ia lakukan. Dan sejak itulah mengapa kuda menjadi  patokan dari  performa mesin mobil tersebut.

Sponsors Link

Lantas, Langkah Apa Yang Dilakukan James Watt Setelah Itu?

Sejak adanya pengukuran dan  penelitian yang dilakukan oleh James Watt  tersebut, maka sejak itu pula pengukuran dari tenaga mesin tesebut ia namakan “ Hourse Power “ atau yang sering disebut dengan “ HP “, atau dalam bahasa Indonesianya disebut dengan Tenaga Kuda.

Untuk hasilnya sendiri 1 HP bisa mengindikasikan 33.000 Ft. lb  untuk setiap menitnya atau setara dengan 550 ft. lb per detiknya. Dan untuk memperdalam akan penelitiannya tentang HP tersebut, maka James Watt mengukur tenaga dari mesin uap nya yang sebelumnya dengan menggunakan perhitungan tenaga kuda tersebut. 

Sehingga mulai saat itu, terciptalah bahwa mesin uapnya memiliki X tenaga kuda. Alhasil, akal cerdik dan cermat ini dapat lebih menarik perhatian dan juga membuat masyarakat lebih  memahami tentang meisn upa inovatif hasil karya dari James Watt tersebut.

Oleh karena itulah sobat, tak heran penemuan ini memiliki atau memberikan kontribusi yang cukup banyak dan bermanfaat saat itu, oleh karena penelitian yang dlakukan oleh James watt tersebut. 

Sehingga, tak heran jika kehidupan masyarakat pada era James Watt sangat bergantung kepada kuda sebagai kendaraan sehingga pendektan seperti ini bisa dilakukan dan diterapkan hasilnya untuk mempermudah pekerjaan masyarakt pada waktu itu.

Bagaimana Pengaplikasian Hourse Power Tersebut Hingga Kini?

Hingga kini pengaplikasin HP atau hourse power tersebut masih tetap  digunakan. Sebut saja seperti daya kuda broiler ( blroiler hourse power ) digunakan untuk mengukur tingkat kemampuan uap yang nilainya setara dengan daya yang digunakan untuk menguapkan 34.5 pound air per jamnya. 

Dan pada temperature 212 derajat Fahrenheit, atau sekitar 9089.5 watt. Atau dengan kata lain, daya kuda hodrolik tersebut besarnya sama dengan  kuda mekanik yakni 745.7 yang berarti 1/ 1714 kali laju aliran dikalikan tekanan psi.

Sponsors Link

Itulah sobat alasan mengapa tenaga kuda menjadi patokan dari performa mesin yang selama  ini jarang diketahui oleh orang banyak. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil