Sponsors Link

Mengapa Oli Mesin Mobil Wajib Ganti Sebelum dan Setelah Mudik

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, kegiatan mengganti oli mobil tentunya adalah hal yang paling mendasar yang harus kita lakukan pada setiap jadwal penggantian oli tersebut sudah  tertanggal. Bukan tidak berasalan, namun oli ini yang memang sebagai pelumas komponen –  komponen mesin kendaraan anda agar tetap bisa terjaga performanya pada saat anda akan menggunakannya.

ads

Ganti oli ini adalah perawatan mendasar yang paling tidak bisa ditunda karena akan berhubunhgan langsung dengan kelangsungan atau keawetan mesin mobil anda nantinya. Hal seperti ini harus anda patuhi agar tidak ditemukan masalah apda mobil anda nantinya.

Dan yang tidak boleh anda lupakan sobat, pada saat anda akan membawa mobil anda untuk pulang kampung, maka menghanti oli ini haruslah anda lakukan terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk membawanya mudik.

Bukan hanya berbicara masala keamanan anda pada saat berada di jalan menuju kampung halaman, namun juga hubungannya dengan kemampuan kendaraan anda untuk melewati jalanan mudik yang seyogianya tidak sesuai dengan rute yang kendaraan anda lalui setiap harinya.

Untuk bisa melewati jalanan mudik tersebut, tentunya komponen mesin mobil anda akan bekerja keras untuk bisa menakklukan jalanan tersebut sehingga anda bisa tiba di kampung halaman dengan selamat.

Oleh karena mobil anda sudah bekerja ekstra sobat, maka ada baiknya anda mengganti oli mesin mobil anda sebelum dan sesudah pulang mudik agar mesin dan performa mesin anda tetap terjaga nantinya. Untuk ulasan selengkapnya mengapa oli mesin mobil wajib ganti sebelum dan sesudah mudik tersebut, yuk sobat merapat dengan penulis, karena pada postigan kali ini penulis akan menyajikannya dengan lengkap untuk anda. Berikut ulasannya untuk anda. Cekidot

1. Untuk Memastikan Perfoma Mobil Anda “ Oke “

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, bahwasnya pada saat anda akan membawa mobil kesayangan anda untuk mudik, tentunya ia akan mendapat beban yang lebih ekstrim atau lebih berat dari beban yang biasa mobil anda lewati setiap harinya.

Maka anda sebagai pemiliki mobil, maka anda baiknya jika anda melakukan penggantian oli pada saat anda sebelum membwa mobil tersebut mudik, untuk memastikan performa mobil anda “ Oke “ dan tidak  ada masalah sehingga mobil anda tetap dalam kondisi prima pada saat dibawa mudik, sehingga mobil anda bisa menakklukkan jalanan tersebutt. Hal ini mutlak untuk anda lalukan sebelum mudik ya sobat.

Sponsors Link

2. Agar Kinerja Transmisi Mobil Anda Tetap Halus

Pada saat ada akan mudik bersama si mobil kesayangan, tentunya anda juga menginginkan mobil yang aman dan nyaman untuk digunakan. Salah satu tujuan anda mengganti oli mobil anda sebelum anda pulang kampung atau mudik adalah untuk membuat kinerja dan  fungsi transmisi pada mobil anda tetap halus.

ads

Sehingga pada saat anda membawanya mudik, maka perjalanan anda akan tetap nyaman menggunakan mobil tersebut. Karena jika tidak dilakukan penggantian oli terlebih dahulu, maka akan membuat komponen mesin anda bergesekan secara kasar yang tentunya mengurangi kenyamanan pengendaraan anda nantinya.

3. Mencegah Keausan Mesin

Keausan yang terjadi pada mesin anda bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa dari faktor perawatan yang tidak diperhatikan atau bisa juga dari faktor usia mesin anda yang sudah terlalu tua sehingga rentan akan keausan. Nah sobat, salah satu cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah keausan pada mesin mobil anda adalah dengan melakukan penggantian oeli secara rutin.

Namun untuk keperluan tertentu, katakanlah seperti keperluan mudik, maka tentunya untuk menghindari keausan mesin tersebut , ada baiknya jika anda mengganti oli terlebih dahulu unntuk mencegah mesin anda aus pada saat anda membawnaya mudik, selain itu hal ini juga bermanfaat agar perfoma mesin mobil anda tetap prima selama anda sedang diperjalanan.

4. Untuk Mencegah Overheating

Adapun fungsi utama dari penggantian oli secara teratur adalah untuk mencegah mesin mobil anda dari overheating atau panas yang berlebih. Oli tersebut akan berperan sebagai pelumas sehingga setiap komponen mesin mobil anda akan melakukan gesekan dari satu komponen ke komponen yang lainnya secara halus sehingga akan terhindar dari overheating tersebut.

Karena penyebab utama dari keausan atau kerusakan pada mesin mobil anda adalah karena terjadinya overheating dalam waktu yang lama namun tak kunjung diperhatikan atau dilakukan tindakan perbaikan oleh pemilik mobil tersebut.

5. Mengembalikan Performa Mobil Anda Ke Kondisi Semula

Perawatan yang satu ini anda lakukan pada saat seusai anda pulang kampung atau mudik. Seperti yang sudah penulis jelaskan diatas sobat, pada saat anda membawa mobil anda mudik dan melewati jalanan yang tidak biasa mobil anda tempuh setiap harinya, maka anda perlu mengembalikan performa mobil anda ke kondisi semula dengan cara mengganti olinya meningat mobil anda sudah bekerja secara ekstrim pada saat anda bawa mudik.

Sponsors Link

Bukan hanya manusia yang membutuhkan perawatan, namun kendaraan juga tentunya membutuhan perawatan tersebut. Semoga ulasan diatas bisa bermanfaat buat sobat semua. Kenali kerusakan mobil anda terlebih dahulu sebelum mencoba tips yang penulis berikan.Kenali kerusakan mobil anda terlebih dahulu sebelum mencoba tips yang penulis berikan. Sampai jumpa sobat, salam hangat selalu.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil