Sponsors Link

5 Manfaat Pengecekan Rutin Washer Mobil Saat Musim Hujan

Sponsors Link

Kinerja wiper sangatlah diperlukan terutama saat musim hujan. Guyuran air hujan akan mengganggu kinerja kaca depan mobil anda karena menjadi buram. Hal tersebut yang akan membuat penglihatan anda akan terganggu dan hal ini bisa menyebabkan kecelakaan. Hal ini hanya dapat diatasi dengan menyalakan wiper agar air hujan dapat tersapu habis mengikuti gerakannya.

ads

Melihat hal tersebut, kinerja wiper yang maksimal sangat diperlukan. Jika fungsi wiper pada mobil tidak dapat bekerja dengan sempurna maka kaca depan mobil anda akan buram tertutupi oleh air hujan dan pandangan pengemudi pada jalan tidak akan bisa terlihat dengan jelas.

Apabila ingin membuat kinerja wiper maksimal, membutuhkan beberapa langkah yang harus dilakukan secara berkala. Hal tersebut meliputi pengecekan, perawatan dan pergantian. Langkah ini sangatlah diperlukan mengingat saat musim hujan tiba setiap hari kaca mobil akan terkena oleh air hujan.

Dari pada anda semua penasaran, lebih baik anda menyimak informasi selengkapnya di bawah ini yang bisa memberikan manfaat bagi para pengendara mobil khususnya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat anda lakukan.

1. Jaga Selalu Elastisitas Karet Wiper

Wiper terbuat dari bahan material yang tentunya berbeda seperti rangka besi dan juga karet. Karet ini berhubungan langsung dengankaca mobil dan tugasnya membersihkan kaca dari air hujan dan kotoran yang menempel pada kaca mobil anda.

Untuk menjaga bagian ini hal yang perlu dilakukan adalah memperhatikan saat parkir. Jadi ketika melakukan parkir sebaiknya hindari tempat yang terkena atau berkontaminasi langsung dengan sinar matahari. Panas matahari akan diserap oleh kaca mobil sehingga dampaknya juga akan dirasakan oleh karet wiper.

Apabila pemilik mobil nekat memarkirkan kendaraannya di tempat yang memungkinkan kaca untuk berkontaminasi langsung dengan matahari, maka karet tersebut akan cepat mengering dan mudah pecah. Jika tidak ada temoat lain maka solusinya adalah dengan mengganjal wiper atau diangkat ketika ingin meninggalkannya di tempat yang panas.

2. Hati Hati Ketika Mencuci Wiper

Pada saat melakukan pencucian kendaraan sebaiknya lebih berhati hati. Memang umumnya mereka meluoakan bagian ini, akan tetapi jika ingin membersihkan jangan menggosok karet wiper karena bagian tersebut terlapisi oleh cairan khsus. Cairan tersebut memiliki fungsi untuk melindungi dan juga melembabkan karet wiper.

Lantas bagaimana cara mencuci karet wiper? Tenang karena hal tersebut tidak akan merepotkan anda. Anda cukup menyiramnya dengan air bersih saja, setelah itu keringkan dengan membiarkan wiper terangkat. Jangan menggosoknya ataupun memberinya sabun.

Sponsors Link

3. Poros Wiper Juga Perlu di Cek

Agar kinerja wiper maksimal terdapat bagian lain yang membutuhkan perhatian yakni poros wiper. Cara merawatnya sangat mudah, hanya dengan memberikan pelumas saja secara berkala dengan tujuan mencegah poros mengalami keausan. Selain hal tersebut, tujuan lainnya adalah melancarkan gerak wiper saat melakukan tugasnya tanpa hambatan. Perhatikan juga kaca film mobil anda sobat, jangan sampai salah penanganan.

4. Mengganti Cairan Wiper

Mungkin anda yang pernah membuka ruang mesin akan mengetahui bahwa terdapat tangki yang khusus untuk diisi cairan pembersih kaca. Pada umumnya pemilik mobil mengisinya dengan menggunakan air biasa saja. namun sangat disarankan untuk mengisinya dengan cairan yang dikhususkan untuk membersihkan kaca mobil.

Cairan khusus tersebut biasanya sudah ada kandungan yang dapat membuat kaca mobil menjadi licin dan kotoran yang menempel jadi mudah untuk dibersihkan. Dengan bagitu maka pembersihan menjadi lancar tanpa adanya potensi wiper tersendat daat melakukan tugasnya. Tidak hanya itu saja, cairan ini juga melindungi karet wiper agar tetap maksimal dan kaca mobil tidak mudah tergores.

5. Menganti Wiper Secara Berkala

Untuk memastikan kinerja wiper agar tetap maksimal anda harus selalu melakukan pemeriksaan. Apabila sudah muncul bunyi decitan atau karet wiper agak keras atau getas, maka sebaiknya ganti segera. Gantilah dengan yang baru suaya kembali melakukan kerjanya dengan baik dan pandangan pengemudi terhadap jalan lebih jelas.

Dalam melakukanpergantian karet atau dudukan sebenarnya tergantung pemakaian. Biasanya karet wiper yang terawat melakukan pergantian 1 tahun sekali. Namun jika porosnya yang mengalami kerusakan juga perlu diganti dengan yang pas. Ukuran wiper berbeda beda, jadi jangan sampai keliru ketika ingin melakukan pergantian wiper.

Sponsors Link

Nah itulah cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga kondisi wiper agar tetap prima. Kondisi wiper juga akan memperngaruhi keselamatan berkendara anda. Karena wiper yang kondisinya kurang baik maka akan membuat kaca buram pada saat terkena air hujan dan akan mengganggu pandangan pengemudi. Tidak hanya itu wiper yang rusak juga dapat menimbulkan goresan di kaca mobil tersebut. Jaga kondisi komponen mobil anda selalu.

Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai manfaat pengecekan rutin washer mobil pada saat musim hujan. Semoga artikel saya kali ini dapat bermanfaat dan juga dapat menambah wawasan kita semua. dan hal yang perlu anda ketahui bahwa keselamatan berkendara dimulai dari hal atau benda yang paling kecil pada kendaraan anda. Jadi anda jangan pernah meremehkan hal sekecil apapun yang terjadi pada mobil anda. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada mobil anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil