Sponsors Link

Macam Macam Konfigurasi Mesin Mobil : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Hello guys, masih setia dengan penulis ya sobat, sama seperti penulis juga yang selalu senantiasa setia menemani waktu luang sobat semua bersama keluarga tercinta. Pada kesempatan kali ini sobat, penulis juga masih akan memberikan ulasan kepada sobat semua mengenai otomotif, yang tidak jauh berbeda dari artikel sebelumnya.

ads

Seperti yang sudah kita ketahi bersama, perkembangan dunia otomotif semkain hari semakin berkembang dan maju.  Hal ini bisa kita lihat ya sobat. Salah satu perkembangan yang bisa kita lihat adalah dari segi konfigurasi yang terdapat pada kendaraan roda empat ini yang bisa kita lihat dari konfigurasi mesin bensin dan juga mesin diesel.

Tentunya buat sobat semua yang memnag gemar akan otomotif tentunya sudah paham akan yang satu ini ya sobat. Namun untuk lebih jelasnya, yuk sobat silahkan merapat dan langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out

Adapun konfigurasi mesin merupakan sebuah istilah yang menunjuk kepada “ layout “ piston dalam sebuah mesin pembakaran dalam . Selain itu, istilah  “ blok “ juag sering digunakan sebagai pengganti kata mesin dalam termonologi, penggunaan umumnya adalah blok V dan mesin V , kedua hal ini sama-  sama mengarah ke satu hal yang sama, yakni pada konfigurasi mesin pada mobil.

Dalam dunia permesinan sobat, konfugurasi tersebut dapat dikategorikan sesuai dengan fungsi –  fungsinya tersendiri. Teknologi permesinan maupun teknologi otomotif sangat memiliki ketergantungan terhadap kemakuan teknik produksinya juga yang seirng dikenal dengan nama “ mesin perkakas “.

Fungsi Konfigurasi Mesin Mobil

Di dalam perancangan mesin kontruksi tersebut mesin yang ada pada mekanik otomotif pada dasarnya bersumber dari perancangan sejak dasar oleh permesinan produksi tersebut. Untuk lebih jelasnya mengenai konfigrasi tersebut, berikut ini adalah beberapa fungsi dari konfigurasi mesin itu sendiri.

  • Sebagai suatau cara yang dilakukan untuk memodfikasi mesin sesuai dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan dunia otomotif.
  • Sebagai suatu cara yang dilakukan untuk menciptalan teknoogi mesin yajg lebih canggih, sehingga tercipta efisiensi pada kendaraan anda.
  • Sebagai wujud dari perkembangan teknologi, sehingga setiap produsen mobil bisa memproduksi mesin mobil sesuai dengan canggihnya teknologi dan juga sesuai dengan keinginan pelangganya.

Macam Macam Konfigurasi Mesin Mobil

Berikut ini adalah beberapa jenis konfigurasi mesin yang penulis sajikan buat anda, yakni sebagai berikut :

1. Mesin Inline Sejajar ( Straight Engine )

Konfigurasi yang pertama adalah mesin inline sejajar ( staright engine ) . Dalam konfigurasi sebuah mesin inline sejajar, mesin segaris ini merupakan sebuah mesin pembakaran dalam yang mana semua silindernya terletak segaris. Mesin seperti ini sudah banyak digunakaj di dunia otomotif dan salah satunya adalah mesin.

Sponsors Link

Hal ini dikarenakan mesin segaris ini lebih mudah dalam proses pembuatannya dari pada mesin yang lainnya pada umumnya seperti mesin flat atau mesin V karena hanya membutuhkan satu cabang silinder atau crankshaft. Tipe konfigurasi mesin seperti ini banyak digunakan ada mobil yang sudah sering kita gunaan sekarang ini seperti mesin mobil Toyota Avanza, Kijang Innova, Suzuki Carry, Pajero, Phanter dan juga mesin diesel yang lainnya.

2. Mesin V ( Engine )

Konfigurasi yang kedua adalah mesin V ( engine ). Sesuai dengan namanya, mesin ini berbentuk seperti huruf V dimana mesin ini memiliki sudut tertentu. Jenis  mesin ini merupakan mesin yang tegolong mahal jika dibandingkan dengan meisn yang lainnya, kerena memang selain komponenya yang tergolong mahal juga bersifat langka.

3. Mesin Flat ( Mesin Boxer )

Konfigurasi yang ketiga adalah mesin flat ( mesin boxer ). Mesin boxer atau mesin flat ini merupakan sebuah konfigurasi mesin pembakran dalam yang pistonnya bergerak secara horizontal. Mesin yang satu ini memiliki sbeah crankshaft dan silindernya diletakkan di sisi kiri dan kanan, yang berbentuk sudut 180 derajat. Konsep mesin ini sendiri ditemukan oleh ahli teknik Jerman Karl Benz pada tahun 1896, yang juga merupakan mesin pada mobol rancangannya yang pertama.

4. Mesin Walken ( Rotary Engine )

Knfgurasi yang keempat adalah mesin walken ( rotary engine ) . Mesin rotary atau engine ini adalah jenis mesin pembakaran dalam yang digerakkan oleh tekanan yang dihasilkan oleh pembakaran yag diubah menjadi gerakan berputar pada rotor yang menggerakkan sumbu pada mesin tersebut. Mesin ini dulunya dikembangkan oleh orang Jerman yang bernama Felix wankel.

Sponsors Link

Oleh karena itulah konfigurasi mesin yang satu ini disebut atau disamakan dengan nama penemunya, yakni mesin walken.  Mesin walken ini sangat kompok dan ringan jika dibandingkan dengan mesin yang lainnya, okleh karena itu, mesun yang satu ini banyak digunakan pada mesin mobil balap, speed boat ataupun jenis mesin yang lainnya.

Demikianlah informasi mengenai macam – macam konfigurasi mesin mobil yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini.Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis dan salam otomotif untuk sobat semua.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil