Sponsors Link

Komponen Rem Tromol : Penjelasan, Fungsi dan Cara Merawatnya

Sponsors Link

Jika berbicara mengenai rem pada mobil, tentunya kita semua sudah tau ya sobat  bahwasanya komponen yang satu ini merupakan komponen yang sangat penting dan tergolong komponen yang cukup vital untuk menjamin dan menjaga keamanan dan keselamtan pengendara. Apabila terjadi masalah kecil saja pada komponen yang satu ini, maka bisa kita pastikan akan terdapat sejumlah masalah lainnya pada mobil adan secara keseluruhan. Setuju ya sobat.

ads

Karena fungsinya yang tergolong penting tersebut, maka pada postinagn kali ini kita akan membahas mengenai rem tersebut. Secara detailnya materi atau topik pembahasan kita dalam kesempatan kali ini yaitu mengenai komponen rem tromol.

Nah sobat semua, jika berbicara mengenai jens rem mungkin sebagian besar diantara anda sudah mengerti ya, namun bagaimana dengan komponen rem itu sendiri? Untuk lebih jelasnya, berikut ini penulis akan menjelaskannya secara detail untuk anda. Yuk sobat, langsung saj akita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Rem tromol merupakan jenis rem yang bekerja mengguakan dua buah kampas, yang bisa kita lihat atau yang berada di dalam teromol rem yang berbentuk mangkuk dan menekan pinggiran mangkuk tersebut kearah luar. Dengan demikian, nantinya putaran tromol yang tersambung ke roda akan berhenti.

Adapun kelebihan sistem tromol ini adalah memiliki braking power yang tinggi, karena luas dari penamang kampas rem tersebut lebih lebar dari luas penampang pada rem cakram, sehingga akan mampu menghenitkan bobot kendaraan besar seperti pada truk dan tronton.

Namun meski demikian sobat, rem tromol ini tidak bisa langsung menghentikan kendaraan secara cepat, namun membutuhkan jarak jauh agar bisa berhenti secara sempurna. Berikut ini adalah beberapa komponen rem tromol tersebut yang ikut berperan penting untuk menunjnag kinerja dari rem tromol itu sendiri. Berikut ulasannya untuk anda.

Komponen Rem Tromol Dan Fungsinya

Berikut terdapat beberapa komponen rem tromol beserta fungsinya yang bisa anda pahami :

1. Backing Plate

Komponen rem tromol yang pertama adalah backing plate. Backing plate ini merupakan piringan berbahan logam tipis yang berada tepat di belakang sistem rem tromol. Jika anda perhatikan, bentuk dari backing plate ini adalah seperti lingkaran yang disertai dengan banyak lubang dan tonjolan. Adapun fungsi dari backing plate tersebut antara lain :

  • Piranti yang berfungsi untuk rangka sekaligus pelindung komponen rem tromol yang lainnya.
  • Piranti yang berfungsi untuk menyesuaikan semua part rem tromol agar bisa bekerja secara maksimal.
Sponsors Link

2. Silinder Roda

Komponen rem tromol yang kedua adalah silinder roda. Adapun cylinder roda ini memiliki cara kerja dengan menggu akan hukum pascal. Nah sobat semua tentunya masih ingat hukum pascal ya. Ketika anda menginjak pedal rem, maka aka nada aliran fluida yang mengaraj kearah roda.

Aliran yang berlangsung secara terus menerus ini akan meningkatkan tekanan fluida dan hasilnya mendorong kedua piston yang sudah diletakkan di ujung wheel cylinder. Adapun fungsi dari silinder roda ini adalah untuk mengubah tekanan fluida menjadi gerakan yang mekanis.

ads

3. Sepatu Rem Kampas

Komponen rem tromol yang ketiga adalah sepatu rem kampas. Sepatu rem kampas ini disebut juga dengan brake shoe. Brake shoe ini berbentuk setengah lingkaran yang berjumlah dua yang apabila digabungkan akan membentuk sebuha lingkaran yang utuh.

Dua sepatu rem yang berbentuk setengah lingkaran tersebut nantinya akan berada di sisi dalam tromol rem yang juga berbentuk seperti lingkaran. Sehingga pengereman dalam mobil anda pun bisa berlangsung. Adapun fungsi dari sepatu rem atau brake shoe ini adalah seabagi tenpat untuk meletakkan kampas rem pada sistem rem tromol.

4. Return Spring

Komponen rem tromol yang keempat adalah return spring. Ketika kita menekan pedal rem, maka sepatu rem akan bergerak kearah luar dan menempel dengan tromol rem tersebut. Namun ketika kita melepas pedal rem tersebut, maka sepatu rem harus bisa kemabli mengincut. Adapun fungsi dari return spring ini adalah mengembalikan posisi sepatu rem sesuai proses pengereman berlangsung.

5. Brake Shoe Holder

Komponen rem tromol yang kelima adalah brake shoe holder. Brake shoe holder ini terdiri atas suatu pin yang memiliki pengunci. Pada saat dipasangkan, komponen ini kana berfungsi untuk menjaga sepatu rem agar tetap menempel pada backing plate, namun masih bisa digerakkan ke kanan dan kiri.

Cara Perawatan Komponen Rem Tromol

Seperti yang sudah penulis jelaskan sebelumnya, bahwasanya setiap barang atau benda otomotif harus dilakukan perawatan secara berkala. Perawatan tersebut bisa dilakukan denagn langsung membawa ke benhkel resmi, atau bisa juga dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Pengecekan ini bisa anda lakukan sendiri dirumah. Jika memang anda menemukan masalah, baru anda melakukan service agar tidak berkelanjutan. Dengan mengecek secara rutin, anda sudah melakukan antisipasi awal ya sobat.

Sponsors Link

Sekian informasi mengenai komponen rem tromol yang bisa penukis sajikan buat sobat semua. terima kasih buat anda yang sudah meluangkan waktunya untuk berkunjung dan membaca artikel ini. Semoga artikel ini bisa benrmanfaat buat sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat, salam otomotif selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil