Sponsors Link

Komponen Plat Nomor Mobil : Cara Pemasangan dan Perawatan

Sponsors Link

Sobat semua pemilik kendaraan, baik kendaraan roda dua maupun kendaran roda empat tentunya semua memiliki plat nomor ya. Setuju dong. Karena apabila tidak memiliki plat nomor maka kendaraan anda tidak akan bisa layak untuk dioperasikan di jalan raya, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama plat nomor ini merupakan salah satu komponen yang harus ada di kendaraan anda dan penting seperti halnya komponen penyusun aki mobil, barulah layak untuk digunakan.

ads

Nah sobat semua, pada umumnya pada saat anda membeli kendaraan yang baru dari dealer, tentunya belum disertakan dengan plat nomornya, namun anda harus menunggu beberapa waktu terlebih dahulu baru kemudian plat nomor mobil menyusul ya sobat.

Nah sobat semua sering kali pada saat pemasangannya tidak jarang dari pemilik kendaraan tersebut yang bingung bagaimana cara pemasangan komponen plat nomor mobil tersebut agar bisa terpasang rapih. Selanjutnya tips perawatan mobil yang baik wajib anda lakukan termasuk plat nomornya.

Untuk itu sobat, pada kesempatan kali ini, penulis akan mengulas mengenai bagaimana cara pemasangan dan perawatan komponen plat nomor mobil, yang akan penulis ulas secara lengkap dan gamblang buat sobat semua para pecinta otomotif. Untuk lebih jelasnya, yuk sobat semua mari kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Check It Out !

Cara Pemasangan Komponen Plat Nomor Mobil

Adapun cara pemasangan dari komponen plat nomor mobil tersebut tidak ribet kok sobat. Asalkan anda melakukannya dengan sungguh – sungguh dan mengikuti langkah – langkah yang tepat. Penjelasan lengkapnya adalah sebagai berikut :

1. Alat Yang Dibutuhkan

Untuk memulai pemasangan plat nomor mobil tentu saja memerlukan berbagai peralatan sebagai penunjang agar prosesnya menjadi lebih mudah dan juga cepat. Berikut ini peralatan yang dibutuhkan antara lain seperti :

  • Cutter
  • Selotip listrik yang berwarna hitam
  • Lap bersih
  • Kunci pas no. 10

2. Proses Pemasangan

Nah setelah semua peralatan yang dibutuhkan disiapkan, langkah selanjutnya adalah melakukan proses pemasangan plat nomor mobil itu sendiri. Berikut langkah – langkah lengkapnya, perhatikan baik – baik ya sobat semua :

  • Langkah pertama, proses pembersihan dengan mengetahui cara membersihkan karat pada mobil terlebih dahulu. Kemudian pasanglah frame dari plat nomor tersebut, baik di plat bagian depan maupun di bagian belakang mobil anda. Pastikan anda memasanganya tepat pada posisi yang sudah disediakan ya sobat biar tidak ada kendala pada saat akan memasang plat nomornya nanti.
  • Langkah kedua, setelah anda sudah memastikan memasang frame plat tersebut dibagian yang sudah disediakan, kini saatnya anda mengencangkan atau menguatkan frame tersebut dengan menggunakan kuci pas no. 10 yang sudah anda siapkan sebelumnya.
  • Langkah ketiga, pasangnya selotip listrik yang berwarna hitam yang anda sudah sediakan tadi, untuk tempat menempelkan plat nomor mobil anda. Pasang atau tempelkan beberapa potongan selotip di beberapa bagian di frame palt nomor tersebut ya sobat, agar nanti ketika ditempelkan plat tersebut benar – benar menempel, potonglah dengan menggunakan cutter yang tadi anda sudah sediakan. Lakukan hal yang sama untuk kedua pat nomor mobil anda, baik bagian belakang maupun bagian depan.
  • Langkah keempat, ambil dan pasanglah plat nomor mobil anda tersebut secara perlahan dan tepat pada posisi frame yang sudah anda tempelkan selotip yang tadi. Dalam memasang plat nomor tersebut, mungkin anda akan menemukan sedikit kendala karena adanya baut yang menonjol di bagian dalam frame plat anda, namun tekanlah secara perlahan namun menggunakan sedikit tenaga agar plat tersebut bisa masuk dan menempel pada area yang seharusnya.
  • Langkah kelima, setelah anda merasa platnya sudah menempel, kini saatnya anda menekan penahan plat nomor tersebut pada bagian bawah. Hal ini dilakukan agar plat tersebut benar – benar kokoh menempel apda frame plat nomor mobil anda.
  • Langkah ke enam, setelah anda memastikan bagian penekan bawah sudah benar – benar menyatu dengan plat nomor mobil anda tersebut, berarti anda sudah sukses dan berhasil memasang nomor tersebut secara mandiri. Gampang kan sobat.
  • Langlah ke tujuh, setelah semuanya selesai kini saatnya anda mengambil lap yang tadi sudah anda sediakan, untuk mengelap permukaan plat nomor mobil anda biar lebih bersih dan mengkilat, bila perlu gunakan cairan pembersih ya sobat bia terlihat kinclong.
  • Pastikan anda melakukan urutan langkah pertama hingga langkah ketujuh secara berurutan ya sobat. Selain itu lakukan pula langkah yang sama antara pemasangan plat bagian depan maupun plat bagian belakang.

Nah sobat semua, jadi sekarang anda tidak usah bingung atau ragu lagi tentang bagaimana pemasangan komponen plat nomor mobil tersebut. Karena apabila mau berusaha anda belajar kita bisa saja mengerjakan apa yang menurut kita susah, namun jika berusaha pasti ada jalan.

Selain membahas mengenai cara pemasangan dari komponen plat nomor mobil seperti di atas, ada baiknya jika sobat semua juga mengetahui bagaimana cara perawatan dari komponen plat nomor mobil tersebut. Berikut ulasannya untuk anda sobat.

Cara Perawatan Komponen Plat Nomor Mobil

Sebenarnya untuk perawatan dari komponen plat nomor mobil ini gampang saja sobat, anda hanya perlu melakukan pembersihan secara ruti saja sesaat setelah mobil anda melewati becek atau genangan bekas air hujan dijalanan.

Karena hal ini dapat mengakibatkan plat nomor mobil anda akan karatan. Selain itu, sering – seringlah mengecek plat nomor tersebut dikuatirkan penyok atau ada baut yang kurang kencang. Kemudian faktor yang jarang sekali diperhatikan adalah seperti beban terlalu berat pada mobil, ternyata bisa membuat baut pada plat nomor cepat kendur. Hal ini diakibatkan karena guncangan yang terjadi akan lebih parah dibandingkan dengan beban normal.

Oke sobat semua, sampai disini dulu pembahasan mengenai komponen plat nomor mobil yang bisa penulis share pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat serta bisa menjadi refrensi buat anda ya sobat. Terima kasih bagi sobat yang sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel ini. Sampai jumpa, salam otomotif selalu.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil