Sponsors Link

Klakson Mati, Cek Dulu 7 Bagian Ini!

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, setiap komponen atau piranti yang terdapat dalam kendaraan kita tentunya memiliki fungsi dan peranannya masing masing yang berbeda satu dengan yang lainnya.  Sebut saja seperti klakson.

ads

Piranti yang satu ini merupakan piranti yang berfungsiu untuk memberikan peringatan kepada  pemakai jalan  yang ada di depannya agar berhati hati hati dalam berkendara.  

Atau dengan kata lain, klakson ini merupakan piranti yang berfungsi sebagai alat komunikasi antara kendaraan yang satu dengan yang lainnya, dan juga bagi pengguna aau pejalan kaki yang lainnya.

Anda bisa bayangkan ya sobat, jika klakson dalam mobil anda tidak fungsi, tentujnya anda akan kerepotan sendiri pada saat anda akan memberi isyarak kepada pengendara yang lainnya. Oleh karena itulah  penting bagi anda untuk memastikan klakson dalam mobil anda berfungsi dengan baik.

Klakson ini sendiri juga berperan dalam menunjang keselamatan anda dalam berkendara, dan fakta yang lainnya bahwsanya membunyikan atau menggunakan klakson ini tidak boleh sembarangan karena sudah ada aturannya sendiri. cara mengatasi pengendara lain yang tidak sabaran dan sering klakson bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Lantas, jika klakson tersebut mati atau tidak bunyi apa yang harus anda lakukan? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat merapat, dan langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

Klakson Mati, Cek Dulu 7 Bagian Ini

Pada saat anda merasa klakson mobil anda memiliki suara yang melemah atau bahkan mati sama sekali, maka berikut ini adalah 7 bagian yang perlu anda lakukan  pengecekan, antara lain adalah sebagia berikut :

1.Perhatikan Sekringnya

Tak jauh berbeda dengan jaringan atau perangkat listrik yang terdapat di rumah kita masing masing sobat, sekring di mobil juga berfungsi untuk mengatur aliran listrik supaya tidak terjadi kelebihan atau kekurangan arus.

Namun jika sekring pada mobil anda sudah rusak atau sudah usang, maka hal ini aka menjadi salah satu penyebab klakson mobil anda menjadi mati. Oleh karena itu, pada saat klakson mobil anda mati, pastikan anda mengecek bagian sekring ini. cara menjaga peforma klakson mobil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Perhatikan Relaynya

Umumnya untuk mobil keluaran sekarang ini, klaksonnya sudah dilengkapi dengan relay, yakni berupa perangkat kotak hitam kecil dengan kaki kaki emas yang juga mengatur daya dari aki. 

Pada saat piranti yang satu  ini kotor atau karatan, sebut saja seperti terkena jamur atau karatan, maka akan berdampak pada klakson anda akan mati. Maka perhatiakan relay nya saat anda merasa klakson mobil anda tak bersuara sebelum mengecek bagian yang lainnya.

Sponsors Link

3. Perhatikan Saklarnya

Saklar juga merupakan salah satu piranti yang sangat penting dalam pengoperasian klakson dalam mobil anda. Bisa saja sumber masalah klakson anda mati berasal dari piranti yang satu ini, yakni saklarnya dan terutama pada bagian tombolnya. 

Umumnya masalah yang terjadi pada saklar ini adalah berkumpulnya debu di bagian pelatnya, sehingga menyebabkan aliran daya listrik menjadi tersumbat, sehingga hal  ini pada akhirnya akan berdampak membuat klakson mobil anda menjadi mati.

4. Perhatikan Akinya

Penyebab yang lainnya yang menyebabkan klakson dalam mobil anda mati atau tidak bunyi adalah karena  kondisi aki dalam mobil anda. Kondisi aki yang soak tidak hanya menyebabkan klakson tidak bisa dibunyikan, namun juga mesin kendaraan anda akan gagal pada saat di starter.

Untuk itu sobat silahkan lakukan penggantian aki pada mobil anda tersebut, sehingga mobil anda bisa di starter kembali dan juga membunyikan klakson dalam mobil anda tentunya.

5. Perhatikan Kabelnya

Sebagai jembatan atau  penghubung arus listrik dari awal diletakkan hingga suara klakson tersebut berbunyi, maka kabel ini juga memberikan  peranan yang penting. 

Klakson dalam mobil yang mati atau tidak berfungsi bisa saja dikarenakan kabel yang mana berfungsi sebagai penghantara arus listrik tersebut putus atau ada masalah yang lainnya. 

Oleh karena itu, jika memang kabel tersebut putus, maka anda bisa menyambungnya kembali dengan menggunakan lakban hitam, sebagai pertolongan pertama agar klakson anda bisa digunakan kembali.

6. Perhatikan Baut Platina

Selain kabel, baut platina juga salah satu piranti yang harus anda perhatikan pada saat klakson dalam mobil anda mati. Baut platina ini berada di belakang klakson mobil anda. 

Posisi baut yang bisa saja berubah oleh karena faktor pemakain yang telalu sering bisa sjaa menjadi longgar, sehingga menyebabkan klakson tersebut tidak berbunyi pada saat anda menekannya. Maka perhatikan juga bagian baut platina tersebut.

7. Kerusakan Pada Klakson Itu Sendiri

Selain beberapa bagian penting  diatas yang bisa mempengaruhi kinerja dari mobil klakson anda, maka hal yang lainnya yang juga harus anda perhatikan adalah klakson iu sendiri. Jika memang klakson nya yang rusak, maka anda harus kebengkel untuk melakukan perbaikan, sehingga klakson mobil anda bisa digunakna kembali.

Sponsors Link

Oleh karena klakson ini merupakan salah satu piranti yang mendukung keselamatan anda dalam berkendara, maka penting bagi anda untuk melakukan pengecekan dan perawatan secara berkala agar tak ada masalah nantinya. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Sampai jumpa di lain kesempatan, salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil