Sponsors Link

Kaca Film Mobil : Fungsi dan Cara Merawatnya

Sponsors Link

Kaca film mobil adalah salah satu bagian yang berfungsi sebagai pereduksi panas matahari yang sangat penting yang harus dimiliki. Selain itu dengan kaca film mobil juga bisa menambah mobil anda terlihat elegan juga memiliki peran penting bagi kenyamanan dan keamanan pengendara, namun bagian komponen mobil ini yang sebenarnya seringkali kurang mendapatkan perhatian dan perawatan yang memadai.

ads

Kaca film mobil ini juga berfungsi sebagai pelindung disaat kaca mobil anda pecah terbentur benda tajam. Dengan kaca film ini pecahan kaca akan terus merekat pada kaca film yang otomatis akan melindungi anda dan penumpang lainnya dari pecahan kaca. Saya sarankan untuk mengetahui cara memilih kaca film mobil yang tepat, agar bisa memberikan perlindungan terbaik bagi anda.

Manfaat lainnya yaitu kaca film juga dapat melindungi kita dari oramg yang akan melakukan kejahatan, karena daya pandang orang dari luar akan tidak terlalu jelas. Catatan yang perlu anda pahami, untuk merawat mobil yang jarang dipakai khususnya pada bagian kaca filmnya, anda tidak akan merasa kesulitan dibandingkan dengan mobil yang jam terbangnya tinggi.

Cara Merawat Kaca Film Mobil

Pada artikel kali ini saya akan memberikan beberapa tips cara merawat kaca film mobil dengan mudah dan juga fungsi dari kaca mobil. Nah sobat pembahasan pertama yang ingin saya ulas adalah bagaimana cara merawat kaca film mobil. Simak penjelasan berikut ini :

  • Sediakan Lap Khusus Kaca Film Mobil

Untuk membersihkan atau merawat kaca film mobil anda langkah pertama, sediakan lap khusus untuk kaca film. Hal ini merupakan salah satu cara merawat kaca mobil agar tidak baret dengan membedakan lap kaca mobil bagian luar dengan lap kaca mobil bagian dalam yang terdapat lapisan kaca film. Selain itu, pilih pula kaca dengan bahan yang lembut dan mudah menyerap cairan.

  • Hindari Menggunakan Bahan Kimia

Cara merawat kaca film mobil yang kedua yaitu pilih cairan pembersih kaca mobil dengan pH normal (7) sehingga tidak merusak struktur kaca. Pilihlah cairan pembersih kaca film yang berkualitas baik dan jangan lupa baca terlebih dahulu petunjuk pemakaiannya. sebaiknya hindari penggunaan cairan berbahan kimia untuk membersihkan kaca film mobil Anda.

  • Bersihkan Karet dan Sela Jendela

Jaga kebersihan sela dan karet jendela mobil anda. Kotoran yang terdapat di karet sela-sela kaca jendela bisa saja menggores kaca film saat anda menaik-turunkan kaca jendela mobil anda. Ini adalah hal yang paling banyak dialami pemilik mobil.

  • Jangan Biarkan Kaca Film Mobil Basah

Saat musim hujan, mau tidak mau kita harus bepergian di tengah guyuran air hujan. Tips membersihkan kaca mobil selanjutnya, jika kaca film terkena air hujan, segera siram dan bilas kaca mobil anda dengan air bersih untuk menghilangkan efek air hujan yang dikhawatirkan mengandung asam. Jika sudah, anda dapat mengelap permukaan kaca hingga benar-benar kering. Selain itu cara mencuci mobil yang baik juga harus anda terapkan dalam hal ini ya sobat, untuk memaksimalkan perawatan.

Fungsi kaca film mobil

Selain sebagai aksesoris, kaca film mobil memiliki banyak fungsi. Meskipun fungsi utamanya untuk mengurangi intensitas sinar matahari yang masuk kedalam mobil namun masih banyak lagi fungsi lainnya. Di bawah ini beberapa fungsi dari penggunaan kaca film mobil, diantaranya:

  • Kaca Film Sebagai Pengaman

Saat berkendara, apapun bisa saja terjadi termasuk hal buruk seperti kecelakaan atau pengrusakan. Fungsi kaca film pada mobil yang satu ini akan membantu saat hal tersebut terjadi. Lapisan perekat yang terdapat pada kaca film akan menjaga pecahan kaca agar tidak berhamburan sehingga tidak mengenai penumpang secara langsung.

Sponsors Link

Umumnya digunakan sebagai pengaman yang menjamin privasi sebuah mobil atau ruangan. Kaca film jenis ini memiliki tingkat kegelapan hingga 90 persen. Orang dari luar ruangan akan sulit melihat ke dalam sehingga tidak mengetahui apa yang ada di dalamnya.

  • Kaca Film Artistik (Decorative Film)

Kaca film ini berguna untuk mendekorasi kaca. Biasanya, kaca film jenis ini memiliki motif sehingga mempercantik penampilan kaca mobil maupun kaca ruangan. Fungsi dari segi estetika ini membuat mobil Anda tampak modis dan trendi, apalagi jika sesuai dengan warna mobil.

  • Kaca Film Penolak Panas (Solar Control Film)

Kaca film yang satu inilah yang lebih sering digunakan pada mobil-mobil pada umumnya. Teknologi yang digunakan dapat menyerap panas dan memantulkan sinar ultraviolet sehingga suhu dalam ruangan atau kabin tetap sejuk.

  • Hemat Energi

Meski terkesan tidak relevan, namun fungsi kaca film yang lain terbukti dapat memberikan manfaat dalam penghematan konsumsi bahan bakar 10% hingga 20%. Mobil yang menggunakan kaca film cenderung memiliki kondisi kabin dengan suhu yang lebih sejuk. Dengan demikian, untuk menjaga suhu kabin tetap sejuk otomatis kinerja AC tidak terlalu keras, yang kemudian membuat kinerja mesin dan konsumsi bahan bakar tidak terlalu boros.

Sponsors Link

  • Menjaga Privasi

Banyak orang yang merasa risih jika kabin terlihat jelas dari luar. Atas alasan ini maka orang memasang kaca film dengan tingkat kegelapan tertentu untuk menghalangi pandangan dari luar. Hal ini juga dapat meningkatkan keamanan untuk meminimalisir tindakan kriminalitas seperti pencurian atau perampokan saat mobil terparkir.

  • Menambah Penampilan

Fungsi kaca film pada mobil yang lain adalah untuk membuat tampilan kendaraan lebih elegan dan eksklusif. Apalagi sekarang kaca film juga sudah memiliki model dan warna yang cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan mobil Anda. Namun terkadang penampilan bisa menjadi menurun jika kaca tumbuh jamur ya sobat. Untuk itu cara menghilangkan jamur kaca mobil wajib anda perhatikan betul – betul.

Itulah penjelasan mengenai fungsi serta cara merawat kaca film mobil. Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat buat sobat semua. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel ini. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil