Sponsors Link

5 Jenis Sistem Knalpot Mobil Wajib Kalian Pahami

Sistem knalpot (exhaust) adalah sistem pembuangan gas hasil pembakaran mesin mobil. Sistem knalpot ini juga mempunyai peranan yang cukup penting bagi performa mesin.

Di sisi lain, komponen mobil ini adalah salah satu yang paling sering dan relatif lebih mudah untuk dimodifikasi, entah itu untuk keperluan tuning atau meningkatkan performa mesin mobil ataukah hanya untuk sekedar mengubah penampilan serta suara mobil saja.

Apabila Anda berkeinginan untuk mengganti sistem knalpot mobil Anda Pahami Spek Knalpot Racing Agar Mesin Mobil Tak Ngempos, ada beberapa jenis sistem knalpot yang bisa dipertimbangkan dan menjadi alternatif pilihan. Dan tentunya pilihan jenis knalpot ini harus pula disesuaikan dengan jenis mobil, daya mesin serta apa tujuan Anda dalam me-modifikasi knalpot ini.

Pahami juga Tips Memilih Knalpot Mobil untuk modifikasih agar anda tidak merusak mobil anda dengan menggunakan knalpot yang tidak direkomendasikan. Adapun jenis-jenis sistem knalpot mobil tersebut antara lain  :

1. Knalpot Keluaran Tunggal (Single Exhaust)

Knalpot Keluaran Tunggal adalah sistem knalpot yang hanya menggunakan satu saluran pipa untuk menyalurkan gas buang dari mesin. Ujung saluran pipa knalpot biasanya ditempatkan di belakang roda pada sisi yang sejajar dengan sisi pengendara mobil.

Untuk mobil dengan posisi setir di sebelah kanan (pada mobil di Indonesia), maka posisi ujung knalpot berada di sisi kanan belakang mobil. Begitu pula sebaliknya, untuk mobil dengan posisi setir di sebelah kiri (pada mobil di negara-negara Eropa), maka posisi ujung knalpot akan berada di sisi kiri belakang mobil.

Pada umumnya, mobil-mobil keluaran pabrikan otomotif menggunakan sistem knalpot dengan jenis ini. Ini disebabkan jenis Knalpot Keluaran Tunggal ini sudah cukup efisien digunakan pada kebanyakan kendaraan. Selain itu, jenis knalpot ini adalah yang paling efektif dari segi biaya, baik itu untuk produksinya maupun pemasangannya.

Namun demikian, penggunaan jenis knalpot ini memiliki keterbatasan yakni performansi dan daya mesin mobil tidak bisa secara maksimal dikeluarkan. Berikut ini akan dijabarkan kelebihan dan kekurangan jenis Knalpot Keluaran Tunggal (Single Exhaust) ini.

Kelebihan:

  • Sistem knalpot ini sederhana, ringkas dan ringan bobotnya.
  • Mudah dipasang, diganti dan di-modifikasi.
  • Biaya lebih murah, baik itu untuk biaya spare parts maupun biaya pemasangan dan modifikasi-nya. Ini dikarenakan komponen spare parts yang dibutuhkan pada jenis knalpot ini lebih sedikit dibandingkan kebutuhan untuk jenis knalpot yang lain.
  • Kecepatan aliran gas buang lebih tinggi, dikarenakan hanya menggunakan satu saluran pipa.
  • Komponen spare parts lebih mudah ditemukan, baik itu yang produksi pabrikan otomotif maupun yang aftermarket.
  • Suara yang dihasilkannya biasanya lebih lembut dan kalem

Kekurangan:

  • Performansi mesin masih belum bisa dimaksimalkan sepenuhnya.
    Efek sistem Knalpot Keluaran Tunggal bagi performansi mesin masih kalah dibandingkan jenis-jenis sistem knalpot lain.
  • Hal ini tentunya berpengaruh langsung pada efisiensi penggunaan bahan bakar yang masih kalah dibandingkan jenis sistem knalpot lain.

2. Knalpot Keluaran Ganda Sisi Belakang (Dual Rear Exhaust)

Knalpot Keluaran Ganda Sisi Belakang adalah jenis sistem knalpot yang menggunakan 2 buah saluran pipa yang membuang gas buang dari mesin dengan ujung knalpot yang mengarah ke bagian belakang mobil.

Kedua buah pipa knalpot ini diposisikan secara berdampingan dan bagian ujungnya berada di bagian belakang roda mobil pada sisi yang sejajar dengan sisi pengendara mobil.

Pada mobil dengan posisi setir di sebelah kanan, maka posisi ujung knalpot berada pada sisi kanan juga. Begitu pun sebaliknya, pada mobil dengan posisi setir di sebelah kiri, penempatan ujung knalpot-nya berada pada sisi kiri kendaraan.

Biasanya untuk mobil-mobil dengan daya mesin tinggi, yang menggunakan mesin V6 atau V8 seperti pada mobil sport, sejak awal diproduksi oleh pabrikan sudah menggunakan sistem Knalpot Keluaran Ganda Sisi Belakang ini.

Ini disebabkan karena karakteristik mesinnya yang menggunakan komponen Manifold atau Header ganda yang pastinya membutuhkan 2 saluran pipa untuk pembuangan gas-nya.

Namun untuk mobil-mobil dengan daya yang lebih rendah, komponen Manifold yang terpasang pada mesin hanyalah satu, sehingga komponen Muffler yang mesti dimodifikasi agar bisa mendukung knalpot dengan keluaran ganda ini. Jadi bagian Muffler ini dimodifikasi sehingga mempunyai 2 pipa keluaran.

Dengan adanya 2 pipa keluaran ini maka kapasitas pembuangan gas menjadi 2 kali lipat bila dibandingkan dengan knalpot pipa tunggal. Ini berarti gas buang lebih cepat dikeluarkan dari silinder mesin, sehingga untuk proses pembakaran bahan bakar menjadi lebih efisien.

Dan impaknya adalah peningkatan daya mesin dan penghematan bahan bakar yang digunakan. Mengenai kelebihan dan kekurangan sistem knalpot keluaran ganda ini dapat dijabarkan sebagai berikut.

Kelebihan  :

  • Performa mesin jadi lebih meningkat. Biasanya daya mesin bisa meningkat hingga sekitar 20 %.
  • Lebih hemat bahan bakar
  • Temperatur mesin jadi lebih dingin. Ini dikarenakan gas buang yang panas tersebut jadi lebih cepat dibuang ke udara luar. Efeknya adalah mesin mobil jadi lebih awet dan tahan lama.
  • Tampilan mobil jadi tampak lebih sporty dan lebih elegan.
  • Suara yang dihasilkan jadi lebih gahar.

Kekurangan  :

  • Biaya lebih mahal, karena akan ada komponen tambahan yang perlu dipasang.
  • Instalasi dan modifikasi agak lebih rumit.
  • Masa pakai knalpot agak lebih singkat. Ini dikarenakan temperatur pada knalpot dengan pipa ganda tidak sepanas pada knalpot pipa tunggal. Dengan demikian, uap air akan mudah mengendap dan menimbulkan korosi pada knalpot.
  • Suara yang dihasilkan lebih keras dan nyaring dibandingkan dengan knalpot keluaran tunggal.

Bagi pemilik mobil yang tidak terlalu menyukai kebisingan, hal ini tentunya menjadi sebuah kekurangan dari knalpot ini.

3. Knalpot Keluaran Ganda Sisi Berseberangan (Opposite Dual Exhaust)

Keluaran Ganda Sisi Berseberangan adalah jenis lain dari knalpot keluaran ganda yang menggunakan 2 pipa saluran pembuangan. Yang membedakan adalah penempatan posisi masing-masing pipa knalpot yang dipisah dan dipasang berseberangan di sisi kiri dan sisi kanan mobil.

Selain itu, jenis ini juga memanfaatkan lengkungan pipa knalpot untuk menambah proses penyaringan gas buang. Pada umumnya, knalpot dengan jenis ini digunakan oleh kendaraan yang menarik beban berat, seperti truk kontainer, dan semacamnya.

Hal ini dikarenakan jenis knalpot ini cenderung tidak meninggalkan residu gas buang pada bagian belakang kendaraan yang bisa menempel pada beban yang ditarik oleh kendaraan tersebut.

4. Knalpot Keluaran Ganda Sisi Samping (Dual Side Exhaust)

Knalpot Keluaran Ganda Sisi Samping adalah jenis lain dari knalpot keluaran ganda dimana ujung pipa knalpot posisinya berdampingan dan diarahkan keluar pada sisi samping mobil, dan bukan mengarah ke belakang mobil.

Sering kali ukuran pipa digunakan lebih kecil dibandingkan jenis knalpot keluaran tunggal sehingga suara yang dihasilkan pun lebih nyaring dan berisik.

5. Knalpot Performansi Tinggi (High Performance Exhaust)

Knalpot Performansi Tinggi adalah jenis knalpot yang didesain khusus untuk memanfaatkan secara maksimal performansi, daya serta kecepatan mesin mobil.

Knalpot jenis ini adalah yang paling efisien dan paling bagus dibandingkan dengan jenis knalpot lainnya, namun knalpot ini juga yang paling mahal biayanya.

Sering kali menuntut untuk penggantian hampir keseluruhan komponen knalpot, termasuk komponen Manifold atau Header, untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Biasanya jenis knalpot ini digunakan pada mobil untuk keperluan balap atau racing.

Nah itu dia Jenis Sistem Knalpot Mobil  wajib kalian pahami. Anda juga wajib tahu Hal yang Wajib Diperhatikan saat Knalpot Mobil Bocor agar tidak menimbulkan masalah yang tentu saja akan mengganggu kenyamanan anda saat berkendara.

, , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil