Sponsors Link

7 Hal yang Harus Dihindari Saat Mengemudikan Mobil Otomatis, Yuk Simak

Sponsors Link

Seiring dengan perkembangan ilmu dan teknologi, maka tentunya setiap aspek dalam hidup kita juga pasti mengalami perubahan karena perkembangan dari teknologi tersebut yang bisa kita rasakan dalam kehidupan kita setiap harinya.

ads

Sebut saja seperti teknologi yang bisa kita rasakan dari dunia otomotif, yakni  mengenai transmisi. Salah satu hal yang mengalami kemajuan dan perkembangan dari sistem transmisi yang ada dalam dunia otomotif khusunya mobil adalah semakin berkembanganya sistem transmisi otomatis.

Memang sistem transmisi otomatis ini bukanlah hal yang baru kita dengar karena sudah sejak lama sistem transmisi  ini ada di dunia otomotif. Namun perkembangannya memang tak sebanyak yang sekarang ini. Dan sistem transmisi otomatis ini merupakan salah satu penemuan atau  improvement yang cukup besar dari dunia otomotif tersebut.

Secara teknis, penggunaan transmisi otomatis memang lebih mudah jika kita bandingkan dengan transmisi manual terutama bagi mereka yang baru saja belajar mengemudukan mobil.  

Namun meski demikian sobat, anda tidak boleh terlalu menganggap remeh atau menyepelekan hal – hal penting dalam mengemudikan mobil sistem transmisi otomatis tersebut. sejarah perkembangan transmisi otomatis mobil bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Lantas, hal apa saja yang harus kita perhatikan atau hindari pada saat megemudikan mobil transmisi otomatis tersebut? Berikut ini penulis akan menyajikan ulasannya untuk anda. Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini.

Hal yang Harus Dihindari Saat Mengemudikan Mobil Otomatis

Ada beberapa hal yang harus anda ketahui mengenai cara mengemudikan mobil  dengan transmisi otomatis tersebut, yakni adalah sebagai berikut :

1.Jangan Menggunakan Gigi Netral Pada Saat Kondisi  Jalanan Menurun

Umumnya hal seperti ini tidak akan membuat laju mobil anda menjadi lambat, kecuali memang anda dengan sengaja memperlambatnya. Namun dengan melakukan hal seperti ini, maka akan membuat mesin kendaraan anda menjadi kekurangan pasokan oli.

Sehingga transmisi pada mobil anda tidak mendapatkan pelumas yang cukup untuk  pengiperasian yang mulus. Selain itu, kekurangan oli akan berpotensi merusak mesin kendaraan anda terutama pada komponen mesin anda yang akan mengalami keausan. tips pindah transmisi otomatis gigi rendah bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

2. Jangan Menggeser Gigi Ketika Mobil Melaju

Sering kali para pengguna mobil yang memiliki transmisi otomatis tersebut melalukan penggeseran gigi ketika mobilnya sudah melaju. Padahal kondisi atau tindakan seperti ini akan membuat komponen transmisi pada mobil anda akan berubah dengan cepat dan akan mengikis gearbox dengan cepat. 

Untuk itulah, hindari kebiasaan buruk tersebut agar tak merusak gearbox pada mobil transmisi otomatis anda tersebut, dan gunakanlah rem sepenuhnya pada saat akan memperlambat kendaraan tersebut.

Sponsors Link

3. Jangan Melakukan Rev Mesin Sebelum Memindahkan Gigi

Sobat semua pastinya sering melakukan rev mesin sebelum anda mengganti gigi pada transmisi otomatis anda, sebut saja seperti menggebor bunyi mesin tersebut sebelum melakukan perpindahan gigi.

Padahal hal ini akan membuat tekanan yang kuat yang dapat mengakibatkan gesekan antar komponen internal dalam mobil anda yang pada akhirnya akan membuat buruk kondisi mesin kendaraan anda secara keseluruhan.

4. Jangan Mengganti ke Mode Netral Saat Berada di Lampu Merah

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh para pengemudi untuk menghemat bahan bakar dalam mobilnya adalah dengan mengganti mode netral pada saat berada di lampu merah, yakni pada saat menunggu lampu hijau.

Memang secara penggunaan BBM aka berkurang, namun dampak yang akan diakibatkannya justru  lebih besar pada  komponen internal mesin kendaraan anda. Karena kerusakan sebenarnya yang terjadi adalah ketika anda beralih masuk dan kelaur ke mode netral  secara tidak beraturan.

5. Jangan Mengubah ke Mode Parkir Sebelum Mobil Berhenti Sepenuhnya

Pada saat anda menggeser ke mode parkir saat mobil anda belum berhenti sepenuhnya, maka hal ini akan membuat pin pengunci akan dimasukka kedalam roda gigi yang terpasang pada poros output pada gearbox. 

Selain itu, pada kondisis sepeperti ini maka roda juga akan terhubung pada poros yang sama. Sehingga pada saat anda menguncinya dan juga menjaga agar kendaraan tetap berputar pada saat  yang sama, maka akan berpotensi anda akan mematahkan pin pengunci tersebut.

6. Jangan Membiarkan Sedikit Oli Dalam Tangki

Pada umumnya, mobil dengan transmisi otomatis sangat bergantung kepada oli mesinnya agar mesin tersebut bisa berjalan dengan baik. Selain itu, oli ini juga akan membantu mesin kendaraan dan juga elemen mesin dan yang berhubungan dengan mesin tersebut agar tetap dingin dan dilumasi dengan baik sehingga bisa menjalankan fungsinya seperti  yang seharusnya. Untuk itu, pastikan oli anda mencukupi.

7. Jangan Mengemudi Sebelum Memanaskan Mesin

Pada saat udara atau cuaca dingin, maka oli yang ada dalam mesin  kendaraan anda akan mengental sehingga penting bagi anda untuk mencairkan terlebih dahulu oli tersebut agar bisa melumasi mesin anda dengan baik. Oli yang mengental akan membuat transmisi dalam mobil anda tidak maksimal.

Sponsors Link

Itulah sobat 7 hal yang harus  dihindari  saat mengemudikan mobil otomatis tersebut  agar kondisi dan performa mobil anda tetap maksimal dan juga tentunya membuat mesin kendaraan anda tetap stabil. Semoga bermanfaat.

Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa di lain kesempatan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil