Sponsors Link

3 Fungsi Lampu Dim Secara Umum Pada Mobil yang Wajib Diketahui

Apakah sobat semua pernah mendengar lampu dim? Kemungkinan besar bagi anda yang sudah memiliki mobil tentunya nama lampu dim ini tidak terlalu asing bagi anda ya sobat namun apakah sobat semua mengerti apa fungsi dari lampu dim tersebut?

Nah sobat semua untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan kali ini penulis akan memberikan informasi kepada sobat semua mengenai apa itu fungsi lampu dim pada mobil anda. Karena fungsi lampu dim ini begitu vital bagi kendaran anda dan keselamatan anda tentunya, maka sebaiknya sobat semua harus mengetahui apa saja fungsi lampu dim tersebut pada mobil anda. Selain itu juga pahami ya sobat tips merawat lampu mobil. Yuk sobat, mari kita simak ulasan berikut ini. Check it out!

1. Kode Untuk Mobil Lainnya

Fungsi utama dari lampu dim pada mobil adalah untuk memberikan kesempatan kepada kendaraan lain untuk melintas. Nah bagi sobat smeua, jika melihat kendaraan yang sedang berpapasan dengan anda di jalanan sudah menyalakan lampu dim nya itu artinya si pengendara tersebut memberikan kesempatan kepada anda untuk melintas terlebih dahulu. Poin ini bisa anda jadikan sebagai salah satu tips berkendara jarak jauh yang aman ya sobat. Selain itu anda juga menunjukkan perilaku sopan saat berkendara.

2. Memaksimalkan Penerangan

Fungsi lampu dim yang kedua adalah sebagai lampu yang digunakan untuk menerangi jalan dalam jangkauan jarak jauh, terutama apda saat kondisi malam hari atau pada saat kondisi jalanan kabut. Namun satu hal yang harus anda ketahui ya sobat, lampu dim ini anda gunakan pada saat kondisi jalanan sepi saja. Perhatikan juga lampu mobil berembun yang mungkin anda gunakan saat malam hari akan sangat mengganggu. Karena lampu dim memang sering terjadi pengembunan akibat suhu yang ada di sekitar saat berkendara ya sobat.

Apabila anda sedang berkendara dengan volume kendaraan di jalanan yang cukup penuh jangan sekali – kali menggunakan lampu dim ini, karena akan mengganggu pandangan orang lain yang akan berpapasan dengan anda karena silaunya lampu dim ini.

3. Membantu Dalam Keadaan Darurat

Fungsi yang ketiga, pada saat anda buru – buru atau dalam keadaan darurat, anda bisa menggunakan lampu dim ini sebagai isyarat kepada mobil yang lain dengan cara mengedip – edipkan lampu dim tersebut agar diberikan jalan untuk anda melintas terlebih dahulu.

Namun hal ini anda gunakan pada saat kondisi darurat saja ya sobat. Biasanya kendaran yang menggunakan lampu dim ini adalah kendaran yang sednag memenag benar –  benar darurat keadaannya seperti hal nya mobil ambulance yang sedang membawa orang sakit. Jadi tidak sembarang mobil ya sobat.

Fungsi lain selain dari ketiga poin tersebut di atas adalah pada saat anda menemukan atau menjumpai seseorang yang berkendara secara tidak benar di jalanan, dan menurut anda tindakannya tersebut akan membahayakan pengendara yang lainnya.

Perlu anda ingat saat anda sedang memfungsikan lampu dim, sebaiknya matikan lampu interior mobil anda. Inilah yang menjadi alasan lampu interior mobil mati saat berkendara agar pengendara lain tidak merasa terganggu ya sobat.

anda bisa menegurnya dengan cara mengedip kan lampu dim tersebut, sebagai tanda atau ekspresi peringatan ataupun ekspresi kemarahan kepada orang tersebut untuk tidak berkendara secara sembarangan yang dapat menyebabkan kecelakaan. Nah sobat, jika anda adalah salah satu yang sering berkendara secara tidak benar, sebaiknya mulai sekarang anda harus bertobat ya.

Oke sobat semua yang terkasih, sekian informasi yang penulis share pada kesempatan kali ini, semoga informasi tersebut bermanfaat bagi anda dan tentunya bisa menjadi refrensi bagi sobat semua. Sampai ketemu diartikel selanjutnya ya sobat. Salam hangat selalu dari penulis.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil