Sponsors Link

Differential Mobil : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Hello guys , kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang tentunya selalu memberikan postingan yang menarik dna tentunya bermanfaat buat sobat semua. Tidak jauh berbeda dari artikel yang sebelumnya nih sobat, pada kesempatan kali ini kita masih akan membahas mengenai otomotif yang lebih cenderung membahas mengenai mobil.

ads

Nah sobat semua yang gemar akan otomotif khususnya mobil, yuk sobat merapat karena pada postigan kali ini kita akan membahas mengenai dofferential mobil. Yuk sobat, silahkan merapat dan langsung saja  kita simak ulasan berikut ini dengan seksama.

Jika berbicara mengenai komponen yang satu ini sobat, yakni differential mobil tentunya komponen yang satu ini bukanlah kompoen atau hal yang baru buat anda ya sobat, kerena jika anda memiliki kendaraan roda empat atau mobil tentunya komponen ini adalah salah satu komponen yang cukup vital fungsinya pada kendaraan anda. Untuk lebih jelasnya mengenai differential mobil, berikut ulasannya dengan lengkap untuk anda.

Adapun differential mobil atau yang biasa disebut dengan gardan mobil ini merupakan salah satu komponen paling peniting pada kendaraan bermotor khususnya roda empat, seperti yang sudah penulis jelaskan diatas ya sobat.  Gardan atau differential mobil ini merupakan salah satu komponen penggerak pada kendaraan anda sehingga fungsi atau peranannya tentumya sangat dibutuhkan.

Adapun fungsi utama dari gardan atau differential mobil ini adalah untuk meneruskan tenaga putar yang dihasilakn oleh mesin kendaraan anda menuju roda – roda penggerak yang sebelumnya tenaga putar ini dihubungkan ke sistem kopling –  transmisi –  batang propeller dan selanjutnya adalah gardan atau differential mobil itu sendiri.

Atau dengan kata lain differential mobil ini juga berarti sebuah komponen yang berfungsi sebagai “ pembeda “ . Pembeda dalam hal ini maksudnya adalah komponen yang membedakan gerakan antara putaran poros ban kiri dan kanan kendaraan anda saat belok.

Selain untuk menghubungkan gaya gerak dari mesin ke poros, komponen differential mobil yang satu ini juga berperan dalam hal yang lainnya pada kendaraan anda. Adapun fungsi lain yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut :

1. Gardan Sebagai Pembeda Putaran Poros Roda Antara Kiri dan Kanan

Fungsi utama dari gardan atau differential mobil ini adalah sebagai pembeda gerak dan putar antara poros dan as roda bagian kiri dan bagian kanan kendaraan. Dengan adanya pembeda perputaran inilah radisu putar mobil anda bisa mejadi lebih pendek sehingga mobil tidak perlu berputar lebih jauh ketika melakukan belik full. Selain memudahkan mobil anda pada saat berbelok, dengan adanya pembeda putaran tersebut maka akan mengurangi kesematan slip atau bahkan menghilangkannya agar ban anda tidak cepat rusak dan aus.

Sponsors Link

2. Gardan Sebagai Penerus Tenaga Putar Mesin Menuju Poros Penggerak

Selain menjadi pembeda gerak, gardan atau pun bagian differential mobil ini juga mempunyai fungsi sebagai penerus gaya putar yang dihasilkan oleh mesin menuju poros roda penggerak dalam hal ini adalah ban pada kendaraan anda.

3. Gardan Sebagai Pengubah Gaya Putar Sebesar 90 Derajat

Dengan adanya gardan atau differential mobil pada kendaraan anda sobat, maka tenaga putar yag semula lurus dari meisn –  transmisi –  kopling akan diubah sebesar 90 derajat sehingga dapat memutar poros roda penggerak pada kendaraan tersebut.

ads

Nah sobat semua, bisa anda bayangkan ya sobat jika pada mobil anda tidak terdapat gardan atau differential mobil yang satu ini mungkin saja mobil anda melajunya bukan ke depan atau ke belakang, namun ke samping seperti kepiting ya sobat hehehe.

4. Meningkatkan Tenaga Putar / Momen

Dengan adanya gardan atau  differential mobil ini maka tenaga putar yang dihasilkan oleh mesin kendaraan anda bisa ditingkatkan lebih besar lagi dan selanjutnya tenaga ini akan disalurkan ke poros –  poros penggerak. Hal ini bia anda lihat anda lihat dimana gig pinion gear yang ukurannya kecil ini akan memutar ring gear yang ukurannya lebih besar.

Karena tergolong komponen yang sangat penting pada kendaraan anda, maka gardan atau differential mobil yang satu ini harus anda lakukan pengecekan dan perawatan secara khusus ya sobat. Adapun cara perawatan pada gardan ini tergolong sangat sederhana.

Caranya cukup mengganti oli gardan / differential mobil anda secara rutin pada saat 10.000 km pemakaian . Karena oli gardan ini memiliki fungsi sebagai pelumas gear yang ada di dalam gardan, gardan yang terus bergesekan dan rentan aus harus dilindungi oleh oli.

Selain itu, oil ini juga berfungsi untuk mendinginkan gardan dan penyekat, melindungi mesin dari karat, pembersih mesin, dan juga sebagai penutup celah yang ada pada dinding mesin. Hal ini dikarenakan oli tersebut mengandung lapisan halus yang berfungsi untuk mencegah benturan antara logam di dalam mesin.

Sekain informasi yang bisa penulis sajikan buat sobat. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis dan salam otomotif.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil