Sponsors Link

Dampak Kabin Kotor Jika Tidak Segera Untuk Dibersihkan

Sponsors Link

Peningkatan jumlah pengguna mobil di Indonesia dari tahun ke tahun nyatanya semakin bertambah banyak. Mobil sendiri sekarang sudah tidak menjadi salah satu barang yang dianggap mewah lagi layaknya pada tahun 90 an. Justru pada saat ini mobil menjadi sebuah benda yang cukup diperlukan untuk beberapa kelompok masyarakat.

ads

Masyarakat yang dinilai paling membutuhkan mobil adalah kelompok masyarakat yang dianggap memiliki mobilitas paling tinggi seperti para pekerja kantor dan perusahaan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa khususnya.

Selain kelompok pekerja kantoran, kelompok rumah tangga yang memiliki anak lebih dari dua orang cenderung memilih mobil sebagai modal transportasi mereka dalam sehari hari. Mobil sendiri dipilih karena dianggap sebagai salah satu kendaraan yang aman dan nyaman serta dapat menampung lebih banyak penumpang maupun barang bila dibandingkan dengan menggunakan sepeda motor.

Dengan memiliki mobil, para pekerja yang sibuk dengan pekerjaanya pastinya akan memiliki waktu yang minim untuk keluarganya apalagi untuk menyempatkan merawat mobil mereka pasti tidak punya waktu sama sekali. Kebanyakan orang yang memiliki pekerjaan yang sibuk pastinya kendaraan atau mobil yang mereka gunakan untuk keperluan sehari hari akan terabaikan kondisinya.

Karena, pemilik mobil sendiri tidak memiliki waktu untuk merawatnya dan mobil yang tidak pernah dirawat pastinya akan memiliki akibat tersendiri. Nah, kali ini saya akan mengulas mengenai dampak kabin mobil yang kotor.

Selain terlihat kusam, kabin mobil yang kotor dan dibiarkan berdebu secara terus menerus tentu akan mencerminkan kepribaidan si pemilik mobil tersebut yang jorok dan tidak memiliki keperdulian terhadap lingkungan sekitarnya.

Tak smapai disitu saja, malas membersihkan kabin ternyata memiliki efek jangka panjang yang buruk terhadap kelangsungan umur komponen mobil. Pada sistem penyejuk udara misalnya, jika debu yang dibiarkan terus menerus menempel pada kabin kendaraan, berpotensi akan memperpendek umur salah satu komponen penting dalam sistem pendingin tersebut.

Insikasi awal biasanya air conditiner (AC) mulai terasa kurang dingin. Ciri berikutnya, saat pertama kali AC dihidupkan, maka akan timbul bau yang kurang sedap dari ventilasi penyejuk udara saat udara dingin dihembuskan melalui ventilasi udara tersebut.

Yang disebabkan debu yang menempel pada ventilasi tertiup oleh angin sehingga menyebabkan bau yang kurang sedap. Hal ini terjadi akibat evaporator atau cooling unit yang bertugas mengabutkan cairan panas freon bertekanan menjadi udara dingin pada bagian sisinya terselimuti oleh residu yang berasal dari debu kabin.

Sponsors Link

Paling utama, debu ini biasanya bersumber dari bagian bawah kabin seperti karpet dasar atau karpet alas kaki. Akibat tertutup debu, maka pendinginan yang dihasilkan oleh evaporator ini tidak akan bekerja secara maksimal. Jika didiamkan secara terus menerus, lama kelamaan evaporator tersebut akan mengalami kebocoran.

Pada saat evaporator bekerja menyerap hawa panas dan kemudian mengeluarkannya dalm bentuk udara dingin, ada sebagian udara yang terdapat disekitar kabin akan tertarik atau tersirkulasi ke bagian cooling unit. Jika uadara yang tertarik tersebut membawa partikel debu, maka akan menempel pada bagian cooling unit.

ads

Untuk itu pentingnya anda menjaga kebersihan serta keindahan bagian kabin mobil agar anda senantiasa nyaman saat mengendarai mobil anda. Selain itu, menjaga kabin mobil senantiasa tetap bersih, tentunya juga akan membuat kondisi mobil menjadi sehat dan bersih. Nah, untuk lebih jelasnya, barikut ini adalah merupakan cara yang baik dan benar yang dapat anda gunakan untuk membersihkan kabin mobil.

1. Persiapan

Sebelum anda memulai untuk membersihkan kabin mobil anda, akan lebih baik bila anda membersihkan bagian eksterior  terlebih dahulu hingga benar benar bersih dan lap hingga benar benar kering. Setelah kondisi luar mobil benar benar bersih dan kering.

Barulah anda mulai untuk membersihkan bagian dalam mobil anda. Siapkan alat alat yang dibutuhkan seperti sikat, kuas, penyedot debu, lap kering dan cairan pembersih. Jangan lupa juga untuk mengeluarkan semua barang yang ada di dalam mobil.

2. Membersihkan Karpet Karpet Tambahan

Cara membersihkan kabin mobil yang pertama kali dapat anda mulai dari kerpet karpet tambahan yang ada di dalam mobil. Seperti yang anda ketahui, karpet karpet tersebut dapat menjadi penyebab bau mobil yang tidak enak. Anda bisa membersihkan karpet tersebut dengan menggunakan penyedot debu khusus untuk mobil. jika diperlukan anda bisa mencucinya diluar mobil. Ketahui pentingnya cara merawat karpet mobil untuk memaksimalkan kebersihan mobil anda.

3. Membersihkan Dashboard Mobil

Setelah itu anda bisa membersihkan bagian dashboard mobil. Gunakan lap kain lembut serta cairan pembersih untuk membersihkannya. Anda bisa dengan mudah membeli jenis cairan pembersih ini di toko perlengkapan mobil. untuk bagian dashboard yang sulit untuk dijangkau anda bisa menggunakan kuas untuk membersihkannya. Pahami lebih lanjut bagaimana cara membersihkan dashboard mobil yang kusam agar tetap dalam kondisi oke.

4. Membersihkan Jok Mobil

Jangan lupa pula untuk membersihkan kebersihan jok mobil, termasuk pada bagian sela sela jok mobil anda. Bersihkan debu dan kotoran lainnya dengan menggunakan penyedot debu untuk hasil bersih dan maksimal. Untuk pembersihan jok sendiri, rawat dan bersihkan jok mobil anda sesuai dengan rekomendasi pabrik ataupun bahan material jok.

5. Menggunakan Bahan Alami Pengusir Bau

Untuk menyingkirkan bau yang tidak sedap anda bisa menggunakan bubuk kopi untuk menghilagkan bau tidak sedap secara alami. Dengan cara meletakkannya di salahs atu sudut mobil dan di taruh pada wadah terbuka. Dengan tujuan agar tidak mengotori karpet mobil kembali dan bau bisa menyegarkan kembali.

Sponsors Link

Nah itu tadi beberapa cara membersihkan kabin mobil yang baik dan benar. Tentu saja hal ini harus anda lakukan secara rutin agar kondisi kabin mobil tetap terjaga kebersihannya. Selain itu, gunakan bahan pembersih yang memang direkomendaesikan untuk mobil anda. Kenali kerusakan pada kendaraan anda sebelum mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil