Sponsors Link

Dampak Idle Up Mobil Rusak

Sponsors Link

Ramai diperbincangkan di dunia otomotif mengenai salah satu mobil keluaran terbaru yang mengalami masalah idle up yang putaran mesinnya naik turun sendiri meski pedal gas tidak diinjak sama sekali. Lalu, apa pengertian idle up dan fungsinya? Sistem idle up itu utuk mengontrol idle pada waktu mesin bekerja, dan kompensasi terhadap beban kelistrikan.

ads

Beban sistem kelistrikan pada mobil seperti, beban extra fan, beban AC. Saat beban menyala secara otomatis rpm akan drop, jadi elektronik kontrol unit akan mengontrol idle up untuk mengeluarkan udara sehingga gas bisa naik dan turun sendiri berdasarkan close loop.

Maksud dari close loop itu, misalnya rpm senbelum AC menyala diset 750 rpm, tapi pada saat AC menyala dinaikan menjadi 50 – 100 rpm jadi 800 atau 850 rpm. Seiring dengan berjalannya waktu, filter udara akan kotor dan jika tidak segera untuk dibersihkan maka debu tersebut bisa masuk ke dalam sistem, sehingga debu yang masuk ke dalam sistem tadi dapat membuat idle up menjadi kotor.

Karena kotor kinerja idle up menjadi tidak sempurna, sehingga elektronik kontrol unit akan membaca untuk meningkatkan duty hingga 50 – 60 persen atau bahkan hampir mencapai 100 persen. Namun, karena target idle up tersebut tidak tercapai, maka mesin akan menjadi sering mati – mati.

Biasanya masalah yang terjadi pada idle up itu terjadi pada mobil yang sudah berusia 5 tahun atau lebih, gejala yang terjadi pada mobil adalah tidak stabilnya mesin atau rpm nge – drop pada saat beban dinyalakan. Namun, kerusakan pada idle up biasanya juga terjadi pada mobil yang usia nya juga masih relatif cukup muda atau bahkan keluaran yang terbaru. Hal ini disebabkan karena kesalahn pada salah satu sistem yang pada akhirnya membuat idle up menjadi rusak.

Kemudian dampak yang ditimbulkan ketika idle up mobil rusak adalah perjalanan anda akan menjadi tidak nyaman, karena kerja AC mobil yang tidak optimal akan membuat kabin akan terasa tidak dingin dan bisa berpengaruh terhadap peforma mesin.

Menurut para spesialis AC mobil yang membuka jasa service AC mobil, masalah tersebut bisa disebabkan idle up AC mobil yang sudah rusak, atau setelan idle up yang kurang tepat atau kerendahan. Komponen yang satu ini memang sangat diperlukan karena berfungsi sebagai alat yang digunakan untuk menaikkan rpm pada saat AC dihidupkan. Anda juga bisa pahami cara service mobil sendiri sebagai pengetahuan tambahan.

Untuk kasus seperti ini, gejala yang dialami adalah mesin akan menjadi drop atau mati secara tiba – tiba pada saat AC dihidupkan. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah, saat berjalan pelan terpaksa harus menginjak pedal gas lebih dalam lagi untuk membuat mesin agar lebih bertenaga.

Untuk mobil yang menggunakan komponen karburator mobil, hilang atau drop nya tenaga mesin bisa diatasi dengan menyetel idle up pada rpm mesin secara manual. Penyetelan ini sangat berpengaruh terhadap beban dan putaran komponen mesin mobil, khususnya pada saat mesin dalam kondisi langsam atau stationer. Jika ternyata idle up sudah rusak parah, maka disarankan untuk segera menggantinya dengan yang baru dan orisinil, penggantian dengan yang orisinil bertujuan agar lebih awet.

Sementara itu untuk mobil yang sudah menggunakan sistem injeksi penyetelan rpm bisa diatur oleh elektronik kontrol unit saja, sehingga tidak bisa melakukan penyetelan secara manual. Penting untuk diperhatikan, idealnya pada saat mobil diam tanpa menghidupkan AC, putaran mesin berada di kisaran 900 hingga 1000 rpm.

Oleh karena itu, jika idle up pada mobil anda rusak, maka segera untuk memperbaikinya atau dengan cara menggantinya dengan yang baru dan orisinil agar bisa mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika anda tidak segera untuk memperbaikinya atau menggantinya maka perjalanan anda menggunakan mobil kesayangan akan terasa tidak nyaman karena AC pada mobil anda tidak terasa dingin.

Selain itu, mesinmobil anda akan terasa tidak bertenaga dan hal ini memungkinkan anda untuk menginjak pedal gas semakin dalam agar mendapatkan tenaga yang maksimal. Namun, menginjak pedal gas secara berlebihan dan kecepatan mobil yang didapatkan tidak seperti yang biasanya didapatkan.

Maka, hal tersebut juga akan membuat komponen pada mesin mobil anda akan mengalami kerusakan. Jika sudah terjadi hal yang seperti ini maka anda harus merogoh kocek anda lebih dalam lagi untuk membenahi bagian mobil anda yang rusak.

Memperbaiki idle up pada mobil yang rusak bisa anda lakukan pada bengkel atau tempat yang menyediakan jasa service AC dan anda juga bisa membawanya ke bengkel lainnya. Dan selanjutnya, anda lebih baik untuk menservice mobil anda ke bengkel lebih sering atau rajin lagi. Service mobil dapat anda lakukan minimal satu bulan sekali jika pemakaian mobil secara ekstra. Service dilakukan untuk mengecek bagian atau kondisi mobil anda agar mobil anda dalam kondisi yang prima.

Demikian artikel yang dapat saya ulas kali ini mengenai dampak idle up mobil rusak. Semoga artikel kali ini dapat bermanfaat serta dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Sekian dan terima kasih.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Info Mobil