Categories: Info Mobil

Booster Rem Mobil : Cara Kerja, Fungsi dan Cara Perawatannya

Hello sobat semua yang terkasih, kembali lagi bertemu dengan penulis nih sobat yang selalu senantiasa  memberikan ulasan yang menarik serta tentunay bisa memberikan manfaat buat soabat semua melalui artikel demi artikel yang selalu penulis sajikan buat anda semua.

Oke guys, agak berbeda dari artikel sebelumnya, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai otomotif. Jika berbicara mengenai otomotif sudah barang tentu kita juga akan membahas mengenai komponen otomotif tersebut. Setuju ya sobat.

Pada kesempatan kali ini yang akan menjadi topik utama atau yang akan menjadi pembahasan kita adalah mengenai salah satu komponen otomotif, yaitu booster rem mobil. Apakah sobat semua sebelumnya suhda mengerti akan komponen yang satu ini ?

Jika sobat semua merupakan salah seorang penggemar otomotif, tentunya komponen yang satu ini bukanlah komponen yang baru atau yag asing buat anda ya soabat, namun agar pemahaman anda lebih luas lagi mengenai komponen yang satu ini, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini. Yuk sobat, langsung saja kita simak bersama. Check It Out !

Dalam kendaraan bermotor sistem pengereman merupakan salah satu piranti yang sangat penting, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama sistem pengereman ini adalah salah satu komponen yang bisa menunjang keamanan dan keselamatan pengendaranya.

Nah sobat, salah satu dari komponen pengereman dalam mobil dikenal dengan nama booster  rem mobil. booster rem mobil atau yang dikenal dengan nama lain brake booster ni merupakan alat yang digunakan untuk menghasilakan tenaga yang digunkana sebagai penekan pedal yang dapat mengoperasikan sistem pengereman.

Adapun booster rem mobil ini menggunakan alat sejeni valum yang menggunakan perbedaan antara tekanan atmosfer dengan engine vacuum untuk menghasilkan tenaga tersebut.

Pada umumnya, booster rem mobil ini mendapatkan tenaga dari vacuum pada saluran masuk kedalam mesin. Tenaga vacuum yang diambil dari saluran masuk mesin ini nantinya akan disalurkan dalam bentuk tekanan ke dalam master cylinder saat si pengemudi menginjak pedal rem.

Alhasil tekanan pada master cylinder tersebut seolah – olah bersumber dai dua kaki pengemudi yang menginjak pedal tersebut, dimana satu kaki pengemudi yang memnginjak pedal, sedangkan satu kaki lagi dari booster rem tersebut.

Adapun kehampaan alias vacuum pada saluran meisn tidak aka nada saat mesin dalam keadaan mati.  Oleh karena hal tersebutlah dalm keadaan mesin mati, booster rre ini tidak akan bekerja. Akibatna, pada saat konsisi mesin mati, untuk menghentikan putaran ban maka hanya akan mengandalkan atau menggunakan injakan kaki pengemudi pada rem.

Fungsi Booster Rem Mobil

Adapun fungsi dari booster rem mobil antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai piranti yang berfungsi untuk meringankan pedal rem, sehingga anda tidak perlu menginjak pedal rem dengan keras untuk menghentkan laju mobil anda.
  • Sebagai piranti yang berfungsi untuk meringankan energy yang akan dikeluarkan oleh si pengemudi pada saat melakukan pengereman.
  • Sebagai piranti yang berfungsi untuk menghasilkan tenaga atau energi yang nantinya akan digunakan sebagai penekan pedal yang dapt mengoperasikan pada sistem pengereman.

Cara Kerja Booster Rem Mobil

Adapun cara kerja booster rem mobil antara lain adalah sebagai berikut :

  • Pada saat rem tidak digunakan maka katup udara akan dihubungkan kebatang operasi katup dan ditarik kearah kanan dikarenakan adanya pegas pembalik.
  • Katup kontrol akan didorong kearah kiri oleh pegan pengontrol. Hal ini akan mengakibatkan udara atmosfer akan mengalir melalui elemen pembersih udara yang kemudian di cegah masuk ke dalam ruang tekanan.
  • Pada saat konsisi booster rem ini tidak dalam keadaan digunakan, katup pada udara akan dipisahkan dengan katup pengontrol, sehingga membukan saluran yang terdapat didalamnya yaitu slauran A dan saluran B.
  • Pada saat rem pedal ditekan, maka batang pengopersian katup akan mendorong katup uara sehingga katup udara nantinya akan bergerak ke arah kiri.
  • Setelah itu, katup pengontrol juga akna bergerak ke arah kiri, sampai berhubugan dengan katup pengontrol tersebut, sehingga hal ini akan menutup pemukaan saluran antara A dan saluran B yang tadi.

Cara Perawatan Booster Rem Mobil

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sebagus dan semahal apapun barang yang kita miliki, namun apabila tidak melakukan perawatan maka usia dari barang tersebut tidaklah akan panjang. Begitupun dengan booster mobil tersebut.

  • Lakukan pengecekan secara rutin, apakah kondisi booster rem mobil anda dalam keadan normal seeprti yang seharunsya.
  • Jika memang ditemukan ada masalah atau ada keadaan yang tidak normal, sebaiknya segeralah lakukan service ke bengkel resmi agar ditangani oleh ahli dalam bidang otomotif tersebut.
  • Jagalah perilaku berkendara anda, jangan ngebut dan melakukan pengereman secara mendadak karena akan merusak booster rem tersebut.

Sekian informasi mengenai booster rem mobil yang bisa penulis sajikan buat sobat semua. Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis

Yogi Suherman

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago