Categories: Info Mobil

Mitos atau Fakta, Biodesel Bisa Menimbulkan Kerak Pada Tangki Bahan Bakar

Setiap kendaraan bermotor tentunya membutuhkan bahan bakar atau BBM untuk menjalankan mesinnya. Jika tidak ada BBM ini maka bisa dipastikan mobil anda tidak akan bisa digunakan. Setuju ya sobat.

Sekarang ini,   bahan bakar tersebut juga banyak jenisnya kita sebagai  pengguna kendaraan tinggal hanya menyesuaikan saja dengan kebutuhan  dan keinginan kita sebagai pemiliki dan pengguna kendaraan tersebut,  karena pada umumnya setiap bahan bakar tersebut  sudah memiliki kelebihan, kekurangan dan juga  peruntukannya masing masing.

Dan yang pasti anda sebagai pemiliki kendaraan tersebut pastikan jenis bahan bakar yang anda guankan adalah jenis bahan bakar yang terbaik,  karena penggunaan bahan bakar juga berpengaruh pada perfoma kendaraan anda secara keseluruhan, begitu juga dengan performa mesin anda akan lebih awet jika menggunakan bahan bakar yang berkualitas tersebut.

Salah satu jenis bahan bakar yang juga direkomendasiakn untuk kendaraan anda adalah bahan bakar jenis biodesel. Mungkin jenis bahan bakar yang satu ini belum terlalu familiar untuk anda, dan untuk ulasan selengkapnya, yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1.Apa Itu Bahan Bakar Biodesel

Adapun biodesel tersebut merupakan salah satu jenis bahan bakar  yang terdiri dari campuran mono alkyl ester dari rantai panjang asam lemak yang dipakai sebagai alternative bahan bakar dari mesin diesel dan terbuat dari sumber yang terbaharui seperti minyak sayur atau lemak hewan. 

Sebuah proses dari transesterifikasi lipid adalah cara yang digunakan untuk mengubah dasar menjadi edter yang diinginkan untuk membuang asam lemak bebas. 

Setelah melewati proses ini, maka tidak akan seperti minyak sayur langsung,  namun biodiesel ini memiliki sifat pembakaran yang mirip dengan  diesel ( solar ) yang berasal dari minyak bumi yang diolah. salah pilih ban mobil bisa berpengaruh pada konsumsi bbm bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Biodiesel ini juga merupakan kandidat yang paling baik untuk menggantikan bahan bakar fosil sebagai sumber energi transportasi utama dunia, dan karena biodesel merupakan bahan bakar terbaharui yang dapat menggantikan diesel petro di mesin sekarang ini dan dapat diangkut dan juga dijual dengan menggunakan infrastruktur terupdate sekarang ini.

Adapun penggunaan dan produksi biodiesel ini sekarang ini sudah meningkat dan terutama di negara Eropa, Asia, meski memang dalam  pangsa pasar masih tergolong kecil.

 2. Apa Saja Kelebihan Bahan Bakar Biodesel Tersebut

Bahan bakar yang satu ini memiliki sejumlah kelebihan tersendiri, sehingga baik untuk anda apabila mengunakan  bahan bakar jenis bodiesel tersebut. Adapun kelebihan yang dimaksud tersebut antara lain adalah sebagai berikut :

  • Berperan untuk mengurangi emisi karbon monoksida  dan SO2
  • Bahan baku biodesel ini tidak hanya dari lemak hewan atau tanaman jarak  pagar yang sudah banyak dikenal,  namun juga bisa anda dapatkan dari limbah penggorengan yang tidak sulit kita dapatkan, karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, ada begitu banyak  minyak sisa minyak penggorengan yang  bisa kita peroleh setiap harinya. Dan hal ini tentunya bisa membuka  peluang lapangan kerja yang baru.
  • Aman dalam penyimpanan karena bahan bakar ini tidak mengandung racun.
  • Tidak memerlukan teknologi tinggi dalam pembuatannya
  • Limbah dari biodiesel ini merupakan glyserin. Dimana glyseri ini merupakan bahan dasar dari pembuatan sabun, sehingga akan ramah lingkungan dan akan mengurangi polusi, karena limbahnyapun bisa dimanfaatkan.

3. Mitos Atau Fakta Biodiesel Bisa Menimbulkan Kerak Pada Tangki Bahan Bakar

Seperti yang sudah penulis jelskan diatas sobat, bahan bakar jenis biodiesel ini dipakai sebagai alternative pengganti bahan bakar minyak ( BBM ) untuk kendaraan yang memilki mesin berjenis diesel atau solar. penyebab mobil injeksi boros bbm bisa anda jadikan sebagai informasi tambahan.

Biodiesel ini sendiri bisa diaplikasikan dalam bentuk 100 persen ( B100 )  atau campuran minyak solar pada tingkat konsentrasi tertentu seperti B20.  Bahan bakar alternative ini pada umumnya dibuat dari bahan baku kelapa sawit ( CPO ) sehingga biodisesel ini termasuk ke dalam kategori bahan bakar nabati. 

Dan berbicara mengenai bahan bakar yang satu ini, sering kali beredar info bahwasanya mitos aya fakta biodiesel bisa menimbulkan kerak paa tangki bahan bakar mesin kendaraan anda tersebut? Berikut ulasannya untuk anda.

Perlu dikerahui sobat, bahwasanya biodiesel ini merupakan senyawa ester yang banyak dipakai sebagai pelarut atau pembersih. Pemanfaatan biodiesel ini malah justru bisa membersihkan kerak atau kotoran yang tertinggal dalam mesin anda oleh karena adanya sisa sisa dari pemakaina bahan bakar yang anda gunakan. 

Sebut saja pada mesin , saluran  bahan bakar, dan juga tangki  bahan bakar anda  karena biodiesel ini sifatnya sebagai solvent atau pelarut. Selain itu, biodiesel ini juga memiliki standar mutu sejak tahun 2006 silam, dan standar mutu biodiesel Indonesia mengikuti SNI 7182:2015  dan telah diwajibkan melalui  SK Direktur Jenderal EBTKE  No. 10000K/10/DJE/2018. Jadi penyataan “ mitos atau fakta biodiesel bisa menimbulkan kerak pada  tangki bahan bakar “ hal ini adalah “ MITOS “ .

Sekian ulasan yang bisa penulis share untuk anda mengenai bahan bakar biodiesel tersebut untuk anda. Kenali masalah yang terjadi pada mobil anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Semoga bermanfaat bagi anda semua. Salam hangat selalu dari penulis.

Suharyanto Arby

Recent Posts

7 Cara Mengatasi Cat Mobil Retak Dijamin Mulus Kembali

Terkadang cat mobil yang retak  itu bukan berarti permukaan cat tersebut mengalami pecah. Hal ini…

5 years ago

7 Cara Mengatasi Aki Mobil Drop dengan Efektif

Jika kejadian ini dialami saat di tengah perjalanan tentu pengalaman  yang sangat dibenci. Sebab tanpa…

5 years ago

Cara Mengatasi Mobil Terkunci dari Dalam Dijamin Berhasil

Mobil terkunci dari dalam bukan kejadian yang sedikit dialami. Berbagai komponen mobil memang harus dijaga…

5 years ago

7 Cara Menghilangkan Cat Terkelupas pada Mobil dengan Benar

Cat mobil yang terkelupas untuk memperbaikinya bisa dibawa ke bengkel, namun jika ingin memperbaikinya sendiri…

5 years ago

9 Cara Menyamarkan Cat Mobil Belang Paling Mudah dan Cepat

Melakukan pengecatan mobil bukan suatu hal yang mudah apalagi bagi yang sama sekali belum pernah…

5 years ago

3 Penyebab Oli Bocor Pada Mobil Matic Sangat Mudah Dikenali

Mobil Anda mungkin mengalami kebocoran cairan transmisi karena berbagai alasan, namun hal yang terpenting utnuk…

5 years ago