Sponsors Link

Air System Mobil : Penjelasan dan Fungsinya

Sponsors Link

Jika kita berbicara mengenai air system mobil tentunya hal ini tidak terlepas dari salah satu komponen dalam mobil anda yang berfungsi untuk membuat udara di semua kabin dalam mobil anda menjadi sejuk dan nyaman. Setuju ya sobat. Komponen tersebut tak lain dan tak bukan adalah Air Conditioner atau yang sering kita sebut dengan AC.

ads

Komponen yang satu ini merupakan komponen yang cukup penting keberadaanya dalam mobil kita terutama dalam hal menunjang kenyamana dalam kendaraan anda. Nah sobat semua, untuk lebih jelasnya mengenai air system mobil tersebut, yuk sobat silahkan merapat dan mari kita simak saja ulasa berikut ini.

Seperti yang sudha kita ketahui bersama sobat, AC atau air conditioner merupakan salah satu sistem di dalma kendaraan kita yang berfungsi untuk membuat temperatur di dalam kabin mobil anda menjadi sejuk dan nyaman. Apabila suhu di dalam ruangan atau kabin mobil anda terasa panas, maka AC inilah yang berperan aktif untuk meyerap udara panas tersebut, sehingga berubah menjadi udara yang dingin dan sejuk.

Selain itu sobat, apabila udara di dalam kabin mobil anda berasa lembab, amka AC ini jag akan berperan aktif untuk mengurangi kelemababn udara tersebut, sehingga udara di dalam kabin mobil anda berada pada suhu yang normal.

Pada umumnya, udara lembab yang ada pada kabin mobil anda sering kali disebakan oleh hujan yang mengakibatkan terjadinya kondensasi atau timbulnya embun – embun pada kaca mobil anda sehingga dapat menghalangi pandangan anda ketika mengemudikan kendaran kesayangan anda.

Namun sobat, dengan mengaktifkan AC ini maka kondensasi tersebut dapat dikurangi atau bahakan dihilangkan dari dalam mobil anda, karena udara yang keluar dari sistem AC tersebut adalah udara yang kering dan juga tentunya telah melalui filter ( saringan ) sehingga udara tersebut adalah udara yang terhindar dari debu atau kotoran. Untuk lebih jelasnya sobat, berikut ini adalah beberapa fungsi dari Air Condditoner tersebut, yakni sebagai berikut :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengontrol temperature dalam kabin mobil anda.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengontrol sirkulasi udara dalam kabin mobil anda
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mengontrol kelembaban udara dalam kabin mobil anda
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk membersihkan atau memurnikan udara ( purification ) udara dalam mobil anda.

Adapun sistem Air Conditioner ( AC ) akan meniupkan udara yang telah melalui proses flter AC, oleh adanya saringan AC ini maka udara akan dibersihkan dari kotoran, debu , partukulat dan berbagai jenis yang lainnya yang dapat mengurangi kualitas udara pada kabin mobil anda.

Sponsors Link

Hampir semua kendaraan keluaran terbaru saat ini sudah dilengkapi dengan Air Conditioner, bahkan mobil yang keluaran lama pun sudah banyak yang melakukan mobifikasi agar mobilnya tersebut dilengkapi juga dengan sistem AC, karena AC ini memang sangat kita butuhkan karena seperti yang sudah kita ketahu dan rasakan bersama bahwasanya negara kita tercinta ini memiliki iklim tropis yang umumnya pada siang hari udara akan terasa panas sehingga dapat mengurangi kenyamanan dan konsentrasi pada saat berkendara.

Selain membahas mengenai sistem conditioner pada kabin mobil anda sobat,  ada baiknya kita juga membahas mengenai air sistem pada mesin kendaraan, karena memang seyogianya meisn ini adalh komponen yang sangat cepat mengalami suhu atau temperatur tinggi yang disebbakan meisn ini merupakan otak dari kendaraan tersebut.

ads

Mobil merupakan salah satu kendaraan bermotor yang tentunya menghasilkan panas dari proses pembakaran yang terjadi pada mesin tersebut. Di samping menghasilkan panas, komponen yang bergerak umumnya juga akan menimbulkan panas tentunya.

Nah sobat, bila suhu atyau temperature tersebut melebihi batas normal yang seharusnya, maka akan sangat merugikan karena bisa merusak kompoenn pada kendaraan tersebut yang biasa disebut dengan overheating. Adapun beberapa fungsi air sistem pada mobil antara lain adalah sebagai berikut :

  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mendinginkan mesin pada suhu yang seharusnya.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mencegah panas yang berlebihan (over heating)
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk menjaga mesin agar tetap berada pada suhu atau temperatur yang normal untuk bekerja.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk membuat dan menjaga komponen mesin anda agar lebih awet.
  • Sebagai komponen yang berfungsi untuk mencegah dari timbulanya keausan karena karena komponen yang mengalami over heating.

Adapun komponen –  komponen pendingin dalam mesin kendaraan anda adalah sebagai berikut :

  • Radiator
  • Kipas radiator
  • Tutuo radiator
  • Pompa air ( water pump )
  • Thermosfat
  • Water jacket

Komponen ini juga memiliki peran ayng cukup penting untuk menjaga kelangsungan air sistem pada mobil anda. Untuk itu sebaiknya lakukan pengecekan dan perawatan secara rutin ya sobat. Demikianlah pembahasan mengenai air system mobil  yang bisa penulis sajikan buat sobat semua.

Sponsors Link

Semoga artikel ini bisa membantu dan banyak membawa manfaat bagi sobat semua yang membacanya. Sampai jumpa di artikel selanjutnya. Terima kasih sudah berkunjung dan meluangkan waktu untuk membaca artikel kali ini. Jangan lupa untuk update terus perkembangan artikel – artikel terbaru berikutnya. Salam hangat selalu dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,




Oleh :
Kategori : Info Mobil