Sponsors Link

9 Tips Memilih Amplifier Mobil yang Bagus

Sponsors Link

AmplifierTips memilih Amplifier Mobil yang harus anda ketahui karena bagi anda yang gemar menikmati hiburan audio di dalam mobil tentunya anda sudah tidak asing dengan amplifier. Untuk meningkatkan tatanan suara pada kabin mobil, biasanya pemilik kendaraan akan menambahkan amplifier pada mobil mereka. Amplifier mobil mempunyai fungsi yaitu sebagai power tambahan untuk mendukung kerja speaker-speaker yang terpandang dalam sistem audio mobil anda.

ads

Apabila anda sudah ada rencana untuk liburan dan anda juga ingin menikmati liburan anda dengan audio terbaik pada mobil anda. Disini adalah hal yang sangat bersangkutan dengan amplifier mobil anda yang sangat baik. Ada beberapa model sehingga anda juga di harus kan untuk lebih hati – hati dalam mengevaluasi keunggulan dari masing – masing amplifier, bahkan anda juga harus melihat kelemahan – kelemahan yang ada.

Namun dalam memilih amplifier mobil tentunya anda tidak boleh sembarangan dan terburu-buru. Pastikan anda mempelajari terlebih dahulu amplifier mobil sebelum anda memasangnya pada mobil anda. Berikut beberapa penjelasannya. (Baca juga: Cara Menghemat BBM Mobil)

Berikut ini ada beberapa Tips Memilih Amplifier Mobil yang terbaik dan bisa anda gunakan untuk memilih amplifier yang akan anda gunakan untuk kendaraan anda :

1. Pilihlah merk yang terpercaya

Pastikan untuk memilih merk amplifier yang sudah terpercaya. Dengan merk yang terpercaya pastinya kualitas amplifier tidak dapat diragukan lagi. Selain itu, amplifier yang sudah memiliki brand atau nama pastinya akan memberikan garansi kerusakan kepada anda. Jangan terlalu percaya dengan merk-merk baru yang belum teruji kualitasnya.

2. Pilihlah karakter yang tepat

Setiap merk amplifier tentunya akan mengeluarkan berbagai produk amplifier yang menawarkan tempo output yang berbeda-beda. Ada yang lambat dan ada pula yang cepat. Pastikan untuk memilih jenis dan karakter amplifier yang seperti apa yang sesuai dengan kebutuhan anda.

3. Jangan hanya melihat spek yang tertera di produk

Akan lebih baik bila anda untuk tidak terlalu mengandalkan spek yang biasanya tertulis di brosur maupun box produk. Beberapa biasanya tidak menjelaskan secara rinci sehingga tidak akan membantu anda. Dan bahkan dapat menimbulkan kesalahpahaman saat anda sudah membelinya. Maka dari itu lebih baik anda tanyakan langsung kepada installer untuk mengetahui secara pasti spek dan kualitas dari amplifier yang anda maksud.

4. Memilih Jenis Amplifier

Tips Memilih Amplifier MobilAnda bisa menentukan jenis amplifier yang cocok di gunakan pada mobil anda untuk sistem audio nya. Ada beberapa model yang di rancang dan memiliki kelebihan – kelebihan yang akan memberikan performa untuk kekuatan sinyal yang akan di kirim speaker mobil anda. Selain itu anda juga harus menentukan jumlah saluran dengan berdasarkan sistem yang ada.

Anda juga bisa mengatur jumlah pada sistem anda sesuai dengan rencana anda yang akan anda gunakan untuk membangun sistem yang ada. Apabila anda ingin mengganti maka anda juga harus berhati – hati dalam menentukan model yang juga memiliki banyak saluran.

Selain itu anda juga harus mengetahui terlebih dahulu bahwa terdapat dua jenis saluran yaitu :

  • Stereo yang akan memberikan baik kiri atau sinyal pada sisi kanan dan mono yang akan menyediakan baik audio kiri dan kanan.
  • Subwoofer yang harus anda pertimbangkan pada amplifier mobil yaitu dengan 2 atau bisa juga lebih dari saluran stereo dan terdapat satu saluran mono sehingga bisa memberikan bass yang sangat super dan paling enak untuk dinikmati.
ads

5. Mengevaluasi Daya Perangkat

Kemampuan yang dimiliki oleh perangkat amplifier juga merupakan salah satu hal yang paling di utamakan dan penting untuk anda menentukan pilihan. Terdapat dua jenis tindakan yang kuat untuk slalu anda perhatikan yaitu :

  • Root mean merupakan langkah yang memiliki daya persegi atau kekuasaan yang ada.
  • RMS merupakan jumlah daya yang terus menerus dimana perangkat akan memberikan ke speaker. RMS daya amplifier yang sangat cocok untuk amplifier.

Selain itu terdapat ukuran yang akan memberikan daya maksimal dari amplifier yang akan di gunakan untuk mobil. Sehingga hal inilah yang akan menunjukkan seberapa besar watt perangkat yang di gunakan dan mampu untuk memberikan peningkatan dalam suara yang tak terduga. Jumlah yang di hasilkan akan lebih tinggi jika di bandingkan dengan dengan jumlah daya yang di hasilkan RMS. Maka semakin tinggi dan perangkat lebih baik sehingga akan memberikan kenikmatan yang lebih kualitas.

Jenis-Jenis Amplifier Mobil

Sebelum anda membeli sebuah amplifier untuk mobil anda, akan lebih baik jika anda mengenal jenis-jenis amplifier mobil yang saat ini banyak beredar di pasaran. Berikut penjelasannya.

1. Amplifier Class A

Jenis amplifier ini merupakan yang paling linear diantara semua jenis amplifier. Sinyal apapun yag dihasilkan dari amplifier ini akan sama dengan sinyal inputnya. Dapat dikatakan bila input dan output amplifier class A berbanding lurus. Beberapa karakteristik yang dimiliki oleh amplifier class A antara lain adalah:

  • Perangkat output (transistor) akan mengalirkan sinyal input. Dapat dikatakan bahwa amplifier ini akan memproduksi seluruh gelombang amplitudo sinyal suara yang masuk ke dalamnya secara keseluruhan.
  • Termasuk ke dalam amlifier yang panas karena transistor didalamnya bekerja terus menerus dengan tenaga maksimal.
  • Tidak ada jeda waktu dimana transistor dapat beristirahat. Bila amplifier dialiri arus listrik konstan maka transistor akan bekerja secara terus menerus dan akan menghasilkan panas (Kecuali jika anda mematikan aliran listrik). Hal inilah yang disebut dengan bias.
  • Nilai amplifier class A sekitar 20.

Dapat dikatakan bahwa amplifier class A merupakan amplifier yang inefisien karena per watt output yang dikeluarkan akan terbuang sia-sia dalam bentuk panas. Ada sekitar 4-5 watt yang terbuang sia-sia. Biasanya amplifier class A memiliki bentuk bodi yang besar dan sangat berat.

Karena panas yang dihasilkan sehingga tidak cocok bila anda menggunakan amplifier class A untuk mobil-mobil umum. Amplifier class A membutuhkan ventilasi dan pembuangan panas yang cukup besar. Namun dibalik semua itu, keuntungan menggunakan amplifier class A adalah detail suara yang dihasilkan akan bebas dari distorsi.

2. Amplifier Class B

Pada amplifier class B terdapat bagian postif dan negatif dari sinyal yang ditangani oleh bagian yang berbeda-beda dari sirkuit. Perangkat output akan terus bekerja hidup dan mati. Berikut karakteristik yang dimiliki amplifier class B.

  • Sinyal input dari amplifier ini harus lebih besar agar dapat menjalankan transistor dengan baik
  • Merupakan kebalikan dari amplifier class A
  • Setidaknya terdapat dua perangkat output yang sejenis dengan amplifier ini. Bagian output amplifier akan menjalankan dua output tersebut. Masing-masing perangkat output akan menjalankan setengah panjang gelombang sinyal suara secara bergantian. Ketika transistor sedang tidak bekerja makan tidak ada aliran listrik yang mengaliri transistor tersebut.
  • Setiap perangkat output  berada di dalam kondisi on (menyala) selama satu setengah kali siklus gelombang amplitudo.
Sponsors Link

Amplifier class B bekerja lebih dingin dibandingkan dengan amplifier class A, namun power amplifier class B mengalami distorsi pada frekuensi-frekuensi tertentu. Hal ini disebabkan oleh amplifier tersebut tidak bekerja penuh setiap saat ketika bergantian nyala-hidup. Topologi amplifier ini bekerja dengan sistem tarik dorong (push-pull), satu untuk menarik sinyal dari loudspeaker dan yang lain mendorong sinyal audio ke loudspeaker. Sehingga harga amplifier class B lebih murah karena menggunakan dua macam transistor.

3. Amplifier class AB

Amplifier ini merupakan gabungan dari kedua jenis amplifier diatas. Jenis amplifier ini memiliki beberapa keuntungan masing masing dari class A dan B. Keunggulan jenis amplifier ini adalah kualitas suaranya yang sebanding dengan amplifier kelas A dan efisiensi nya yang mirip dengan amplifier kelas B. Banyak model amplifier modern yang menggunakan topologi ini. Beberapa karakteristik yang ada pada amplifier class AB adalah:

  • Sistem kerja sama seperti amplifier kelas A namun dengan tingkat level output yang lebih rendah.
  • Bias output diatur sehingga arus listrik dapat mengalir dalam perangkat output selama lebih dari setengah siklus sinyal tetapi kurang dari seluruh siklus.
  • Terdapat cukup arus yang mengalir dari masing-masing perangkat untuk dapat beroperasi sehingga mereka merespon cepat pada tuntutan tegangan input.
  • Pada tahap keluaran tarik dan dorong (push-pull) ada beberapa tumpang tindih karena pada setiap perangkat output saling membantu satu sama lain selama masa transisi crossover  dari postif ke negatif setengah dari sinyal tersebut.

Untuk nilai efisiensi, amplifier class AB ini memiliki nilai sekitar 50 dan menjadikannya sebagai amplifier yang cukup digemari saat ini. Amplifier ini dapat anda gunakan baik didalam mobil maupun di rumah.

4. Amplifier Class D

karakteristik yang dimiliki oleh amplifier class D ini antara lain adalah:

  • Beberapa amplifier kelas D berjalan dalam modus digital dan menggunakan data niner yang koheren namun sebagian lagi tidak.
  • Perangkat output dapat dengan cepat dinyalakan dan dimatikan setidaknya dua kali dalam satu siklus.
  • Sangat bergantung pada frekuensi switching nya
  • Secara teori, Amplifier class D 100% efisien akan tetapi dalam kenyataannya nilai efisien hanya sekitar 80-90%
  • Biasanya digunakan pada aplikasi non Hi-fi atau subwoofer.

Selain itu terdapat beberapa jenis amplifier lainnya yang terdapat dipasaran seperti:

  • Model hybrid, yaitu jenis amplifier soun mobil yang murah dengan menggunakan transistor dan juga tube (tabung) sebagai komponen elektroniknya.
  • Tube/Tabung, yaitu jenis amplifier yang dapat memberikan mutu nada yang lebih baik dengan ciri khas sura yang lebih terdengar alami , tipis serta kaku/kering namun biasanya dijual dengan harga yang lumayan mahal di pasarannya.

Poin Penting Dalam Memilih Amplifier Mobil

1. Budget

Hal yang paling utama yang harus anda perhatikan ketika memilih amplifier untuk mobil anda adalah berapa budget yang anda miliki. Anda harus mempertimbangkan memilih jumlah saluran bedasarkan keuangan anda saat ini. Bila anda memiliki subwoofer, maka anda harus mempertimbangkan untuk memiliki amplifier mobil dengan dua bahkan lebih saluran stereo serta satu saluran mono yang nantinya dapat memberikan efek bass yang super yang anda inginkan. (Baca juga: Mobil Matic Irit Dan Murah)

2. Mengevaluasi daya perangkat

Kemampuan teknis perangkat merupakan salah satu faktor yang paling utama untuk menentukan amplifier mana yang tepat untuk mobil anda. Ada dua jenis daya perangkat yang perlua anda ketahui, yaitu:

  • Kekuasaan RMS , yaitu merupakan jumlah daya yang terus menerus diberikan kepada perangkat ke speaker. RMS daya amplifier harus sesuai dengan speaker.
  • Ukuran lain daya maksimal dari amplifier mobil. Hal ini menunjukkan seberapa banyaknya daya listrik (watt) pada perangkat yang mampu digunakan pada peningkatan low dalam suara. Daya maksimal ini harus selalu lebih tinggi dibandingkan dari jumlah daya RMS.

Sehingga lebih tepat bila anda memilih amplifier yang memiliki nilai RMS (watt) besar namun THD nya yang kecil.

3. Mencari kemampuan dan fitur yang sesuai dengan kebutuhan anda

Karena pada sistem stereo anda memiliki built-in amplifier maka anda harus emmilih satu tambahan yang sesuai dengan kemampuan unit aslinya. Dengan memperhitungkan kekuatan untuk memperkuat unit built-in dan memastikan bahwa dengan satu tambahan tersebut dapat memberikan 75%-150% dari batas daya speaker mobil anda.

Sponsors Link

Bila anda ingin mendapatkan efek bass yang maksimal maka anda harus memilih pernagkat dengan low-pass filter dan built-in bass boot. Hal tersebut akan membuat jantung anda berdebar ketika mendengar audio yang dihasilkan. Jika anda ingin treble maka anda harus membeli perangkat yang dilengkapi dengan filter high-pass untuk memastikan speaker audio mobil anda tahan lama.

4. Aksesoris audio mobil untuk menginstal perangkat

Pada beberapa amplifier mobil biasanya tidak tersedia sama sekali aksesoris tambahan yang digunakan untuk menginstal. Hal itulah mengapa anda perlu memeriksa apa saja yang termasuk dalam paket audio dan membeli kekurangan komponen secara terpisah. Selain itu, mempertimbangkan memilih merk amplifier yang bagus akan membuat audio mobil anda akan berkualitas.

Hal ini karena pastinya sudah terjamin memiliki kinerja solid dan reputasi yang sangat baik. Sehingga anda tidak perlu khawatir tentang kualitas dari amplifier mobil anda. Selain itu, amplifier mobil yang berkualitas juga akan memberikan anada jaminan dan garansi yang cukup komprehensif dan lama. Sehingga anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi ketika terjadi masalah pada amplifier anda. (Baca juga: Cara Kerja Kopling Mobil)


Artikel Terkait


Artikel Lainnya


Nah itu tadi beberapa Tips Memilih Amplifier Mobil yang dapat anda pelajari sebelum anda memilih amplifier mana yang tepat untuk mobil anda. Semoga dapat membantu anda.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 10th, December 2016 / 02:03 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick