Sponsors Link

15 Tips Membersihkan Mesin Mobil Yang Kotor Menjadi Baru Lagi

Sponsors Link

Bagaimana si cara membersihkan mesin mobil? jangan hanya pemilik nya saja yang bersih, tetapi mobil nya juga harus bersih dong ya. Untuk membersihkan mesin mobil saat ini sebenarnya ada yang susah dan ada juga yang gampang. Kenapa bisa di bilang susah mungkin karena banyak nya Komponen Mesin Mobil Lengkap yang memenuhi ruangan mesin mobil anda. Selain komponen – komponen maka peralatan – peralatan lainnya yang juga memenuhi ruangan mobil seperti penunjang kenyamanan dan lain sebagainya.

ads

Alat – alat penunjang yang berada di mobil saat ini memang semakin rumit karena  banyak nya kabel – kabel , selang – selang yang berada di dalam mesin mobil, juga tabung dan pipa yang  berada di dalam mesin mobil. Alat – alat yang akan di gunakan untuk membersihkan mesin mobil anda :

  • Air Bersih
  • Minyak Tanah
  • Sabun Colek
  • Cairan Silikon
  • Belt Dresser
  • Greaser

Tips untuk membersihkan mesin mobil anda yang sudah kotor maka anda bisa mengikuti cara yang akan di jelaskan di bawah ini :

1. Memilih Lokasi

Tips atau cara membersihkan mesin mobil yang kotor maka hal yang pertama harus anda pikirkan adalah dimana tempat atau lokasi yang baik untuk anda gunakan dalam membersihkan mobil anda. Tempat yang cocok untuk membersihkan mesin mobil seperti berikut :

  • Sejuk : Tempat yang sejuk akan memberikan kenyamanan tersendiri untuk anda jika anda akan membersihkan mesin mobil anda. Sejuk akan membantu anda dalam ketenangan menghadapi rumit nya komponen – komponen dan peralatan yang berada di dalam mesin mobil anda. (Baca : Komponen AC Mobil, Komponen Gardan Mobil, Komponen Kaki Kaki Mobil )
  • Terang : Tempat yang terang atau tidak gelap maka membuat anda lebih mudah dalam membersihkan nya. Karena memang benar bahwa di dalam mesin mobil itu memiliki berbagai macam komponen.(Baca : Komponen Starter Mobil, Komponen Suspensi Mobil )
  • Tidak berdebu : Untuk membersihkan mesin mobil anda maka juga harus memilih tempat yang tidak berdebu karena apabila tempat yang anda gunakan itu berdebu maka akan menghambat proses pekerjaan anda dalam membersihkan mesin mobil. Anda akan membersihkan mobil yang berdebu sehingga anda memang harus mencari tempat yang tidak berdebu.
  • Jauh dari api : Hal ini sangat penting sekali untuk anda karena mengingat bahan bakar yang di gunakan oleh mobil dan bahan – bahan yang akan di gunakan untuk membersihkan mobil menggunakan cairan yang mudah terbakar sehingga sangat mudah sekali terjadi hal yang tidak di inginkan sehingga dalam pemilihan tempat untuk membersihkan mobil anda juga harus memperhatikan bahwa lokasi atau tempat yang anda gunakan bisa terbebas dari api atau tidak.
Sponsors Link

2. Persiapan

Tips membersihkan mesin mobil yang kotor kedua adalah persiapan. Apabila anda ingin membersihkan mesin mobil maka anda harus memastikan terlebih dahulu bahwa mesin mobil anda dalam keadaan dingin. Maka harus anda ingat, hindari mencuci mesin mobil atau membersihkan mesin mobil jika mobil anda masih dalam keadaan panas karena mesin mobil anda yang masih panas akan mengalami pendinginan secara mendadak, misalnya terkena semprotan air maka beberapa komponen yang berada di dalam nya bisa deformasi (melengkung). (baca : Cara Mengecek Mesin Pada Mobil Bekas)

Walaupun deformasi yang terjadi sangat kecil yang masih dalam ukuran mikro, tetapi hal ini juga sangat mengganggu pekerjaan mesin itu sendiri. Mesin mobil yang bagus dengan penyalaan pertama terlihat halus, ini merupakan Ciri Mesin Mobil Masih Bagus. Dan apabila anda mendengarkan bunyi mesin mobil anda berubah menjadi beda atau bisa di bilang menjadi kasar maka itu menandakan bahwa mesin mobil anda mengalami deformasi. Jika suara mesin menjadi kasar ini pertanda Ciri Ciri Mobil Turun Mesin  (Baca : Ciri Mesin Mobil Masih Bagus)

3. Mencuci

Untuk tahap selanjutnya adalah Cara Mencuci Mesin Mobil.  Maka terlebih dahulu bersihkan semua kotoran yang berada di mesin misalnya bekas lelehan oli mobil di semua bagian yang ada. Termasuk yang menempel pada kap mesin mobil anda, ruang mesin mobil anda dan juga pada mekanisme kunci kap mesin anda dengan minyak tanah.(baca : Cara Mencuci Mobil agar Mengkilap)

Untuk membersihkan tempat – tempat yang mungkin tidak bisa di jangkau dengan tangan maka anda bisa menggunakan sikat gigi bekas, kuas – kuas yang memiliki gagang yang panjang. Apabila sudah selesai maka anda bisa membilas nya dengan menggunakan air yang cukup agar bekas minyak tanah benar – benar bersih.

Perlu di perhatikan lagi dalam membersihkan mesin mobil yang menggunakan minyak tanah, akan tetapi ada komponen yang tidak boleh di bersihkan dengan menggunakan minyak tanah, maka untuk komponen yang berbahan karet di usahakan anda tidak usah menggunakan minyak tanah. Misalnya pada rubber collar, karet damper yang berada pada engine mounting, Selang – selang ac yang dari karet, dan lain sebagainya. Karena jika anda membersihkan dengan minyak tanah maka akan melar dan lama kelamaan akan rusak.

4. Proses Akhir

  • Pengeringan : Mengeringkan bagian-bagian mesin yang masih basah dengan cara menggunakan lap yang bersih agar mesin yang anda cuci bisa bersih mengkilap.
  • Penyemprotan : Semprot atau oleskan semua komponen – komponen yang terbuat dari bahan karet dengan menggunakan cairan silikon, maka tunggu sebentar agar semprotan tersebut bisa menyerap dengan komponen itu, apabila sudah selesai maka bersih kan bekas – bekas semprotan dengan menggunakan lap yang halus.
  • Pelumas : Apabila setelah selesai di bersihkan maka lumasi pada bagian – bagian mesin mobil yang tadi sudah di bersihkan. Contoh nya anda melumasi tipis – tipis pada bagian kunci untuk membuka kap mesin.
  • Menyemprot kan pada bagian komponen – komponen mobil yang terbuat dari karet dengan cairan belt dresser, fungsi nya selain untuk membersihkan air – air yang masih tersisa juga bisa di gunakan untuk memulihkan kekenyalan bahan – bahan.
  • Setelah semuanya sudah di lakukan dan sudah rapi maka hidupkan dan panas kan mesin mobil anda, ini berfungsi untuk mengeringkan bagian dari mesin yang tadi sudah di bersihkan dan belum terlalu kering karena di tempat yang tersembunyi dan sulit dilakukan untuk pengelapan dengan menggunakan tangan.
  • Tunggu sampai mesin panas. Bersihkan juga bekas – bekas kertas yang berada di bawah mobil. Dan bersihkan semua alat – alat yang tadi di gunakan.

Mengapa ruang mesin harus di bersihkan? ternyata ini juga sangat bermanfaat untuk kendaraan mobil anda, maka berikut alasan – alasan nya

Sponsors Link

  1. Untuk mencegah hambatan dari pelepasan panas pada mesin mobil anda akibat kotoran yang masuk ke dalam mesin mobil seperti debu – debu halus, lelehan dari oli.
  2. Untuk mencegah cepat aus pada beberapa komponen yang berada di mesin mobil anda karena akibat dari debu – debu yang masuk ke area tersebut. Contohnya pada dinamo mesin, Belt AC, dan belt yang lainnya.(Baca : Komponen AC Mobil,  Ciri Ciri Freon AC Mobil Habis)
  3. Untuk memberikan keringanan cara kerja electric fan yang berada di radiator mesin maupun AC untuk meredakan panas.(Baca : Cara Perawatan AC Mobil)
  4. Untuk menjaga agar konektor listrik akan masih tetap bisa berfungsi dengan baik. Tidak mengalami terhambat yang di karena kan oleh debu atau kotoran lainnya yang berhasil masuk ke dalam mesin mobil.(Baca : Cara Memperbaiki Amplifier Mobil)
  5. Untuk menjaga kepercayaan diri anda serta menjaga kewibawaan anda jika anda sedang mengendarai mobil anda, karena anda akan terlihat lebih elegan jika kendaraan anda juga rapi dan bersih.
  6. Untuk meningkatkan harga jual mobil nya nanti, karena mobil perawatan dan dengan mobil yang tidak dirawat atau tidak pernah di bersihkan itu juga mempengaruhi harga jual. Mobil yang terawat dan bersih sudah bisa di pastikan bahwa mobil benar – benar di gunakan dengan baik oleh pemiliknya.

Berikut adalah beberapa cara membersihkan mesin mobil anda agar mobil anda bisa awet dan bisa menambah elegan penampilan anda. Maka lakukan cara membersihkan mobil setiap minggunya agar tidak terjadi masalah yang serius di mesin mobil anda.

Video Cara Membersihkan Aki Mobil

Artikel terkait :

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,




Post Date: Monday 21st, November 2016 / 09:55 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick