Sponsors Link

11 Tips Membeli Mobil Bekas yang Bagus dan Anti Penipu

Sponsors Link

Kondisi transportasi umum yang belum nyaman saat ini, membuat banyak orang ingin beralih ke kendaraan pribadi. Sayangnya, untuk membeli kendaraan pribadi, terutama mobil, membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Ada alternatif lain jika ingin membeli mobil, yaitu dengan membeli mobil bekas. (Baca Juga: Mobil Matic Bekas yang Bagus)

ads

Kita memang terkadang ragu untuk membeli mobil bekas, karena takut tertipu, rusak, atau mobil sudah tidak nyaman lagi. Agar kekhawatiran ini tidak terbukti dan tidak terjadi, kita harus teliti sebelum membeli. Memperhatikan dan mengecek dengan baik sebelum membeli mobil, bukan hanya fisik mobilnya saja tetapi cek secara keseluruhan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil.(Baca Juga : Cara Mengecek Mesin pada Mobil Bekas)

Berikut beberapa tips membeli mobil bekas yang harus anda ketahui.

1. Riset Sebelum Membeli

Sebelum anda membeli mobil, utamakan untuk riset sedalam-dalamnya mengenai mobil bekas. Riset mengenai mobil bekas ini dapat anda temukan sumbernya dari mana saja, baik dari teman, keluarga, majalah-majalah otomotif, ataupun dari situs-situs otomotif, dan media sosial.

Dalam riset tersebut, sebaiknya anda mencari mengenai spesifikasi mobil, perbandingan setiap mobil, dan harga. Pastikan juga mobil tersebut sesuai dengan keinginan Anda. (Baca Juga: Mobil Sedan Paling Irit)

Pelajari dengan baik setiap informasi yang masuk. Dari riset ini, anda akan mendapatkan input yang banyak. Semakin banyak informasi yang masuk, dapat membantu anda untuk menentukan mana mobil bekas yang berkualitas.

2. Tentukan Tempat Membeli

Setelah melakukan riset, hal selanjutnya yang dapat dilakukan adalah memilih tempat membeli mobil. Saat ini terdapat banyak pilihan, baik dari penjualnya langsung, showroom, atau melalui perantara.

Cara yang paling mudah adalah anda membeli kepada orang yang ingin menjualnya langsung. Karena, orang tersebut paham mengenai mobilnya. Pemiliknya akan lebih mengetahui mengenai perawatan dan kondisi mobil yang akan ia jual. (Baca Juga: Mobil yang Cocok untuk Pemula)

Jika anda membeli melalui dealer atau showroom, kelebihannya adalah anda memiliki banyak pilihan. Meskipun harga yang ditawarkan lebih mahal dan anda tidak dapat menggali informasi lebih dalam genai mobil tersebut. Kelebihan dari membeli mobil melalui showroom ini adalah bisa saja mobil sudah di-service terlebih dahulu.

Cara lain yang dapat anda lakukan ketika membeli mobil bekas adalah melalui perantara. Dalam hal ini artinya anda perlu berhati-hati, pastikan perantara tersebut paham mengenai mobil yang dijualnya. Namun, dari segi harga, tentu lebih mahal ketika kita membeli mobil melalui perantara.

Sponsors Link

3. Kenali Latar Belakang Mobil

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil, perhatikan pula latar belakang atau seluk beluk mobil tersebut. Tanyakan pada pemilik mobil secara detail mengenai mobil yang akan kita beli. Seperti: kapan membeli mobil; kemana biasanya membawa mobil; frekuensi menggunakan mobil; riwayat kerusakan; kecelakaan; dan seberapa sering melakukan service dan perawatan; juga mengenai alasan penjualan.

Jika anda puas dengan jawaban-jawabannya, anda dapat langsung melakukan pengecekan mobil.

4. Periksa Bodi Mobil

Sebelum membeli mobil, periksalah kendarannya. Bagian pertama yang mudah dicek adalah fisik atau bodi mobil. Dari sinikah terlihat kejujuran pemilik kendaraan. Bagian fisik mobil yang perlu diperhatikan adalah kondisi cat mobil, apakah ada goresan, karat, penyok, ataukah masih mulus. (Baca Juga: Cara Memperbaiki Bodi Mobil)

Kemudian, cek dan perhatikan setiap detail bodi mobil, termasuk plafon. Ciri plafon yang masih bagus adalah ia masih tebal. Plafon ini perlu diperhatikan karena akan melindungi suhu udara di dalam mobil, terutama siang hari. Ban mobil juga jangan luput dari perhatian kita. Jika ban sudah menipis, berarti anda kemungkinan sudah harus menggantinya. Lampu, kolong mobil, juga harus kita perhatikan. Jangan sampai luput dari perhatian kita.

5. Cek Performa Mesin Mobil

Mesin adalah bagian penting dari proses pengecekan mobil. Mengecek performa mesin harus dengan cermat dan teliti. Caranya yaitu :

  • hidupkan mesin mobil.
  • Kemudian, perhatikan bunyi mesin yang menyala.
  • Jika mesin terdengar halus, tidak kasar, dan mobil mudah distarter, artinya kondisi mesin masih bagus.
  • Sebaliknya, jika mobil ternyata berbunyi kasar, maka tanyakan kepada pemilik atau penjual mobil, mengapa hal seperti ini terjadi dan cek kerusakannya.
  • Apabila hal ini terjadi, anda perlu pertimbangkan kembali untuk membeli mobil tersebut.

Berikut adalah cara untuk mengecek performa mesin mobil yang harus anda perhatikan jika anda ingin membeli mobil bekas.

6. Lakukan Test Drive

Hal paling penting adalah ketika anda melakukan test drive. Mulai dari mengoper gigi, merasakan kondisi mobil saat berjalan. Semakin ringan, artinya semakin bagus kondisi mobil.

  • Cek juga kaki-kaki mobil dengan melewati jalanan yang tidak rata.
  • Ceklah kondisi rem. Seharusnya saat melakukan pengereman, tidak ada getaran pada pedal rem atau bunyi mendecit. Jika hal ini terjadi, Anda perlu memikirkannya kembali. Jika dapat bernegosiasi harga untuk perbaikan rem itu semakin lebih baik. (Baca Juga : Cara Mengemudi Mobil Matic)

Dalam test drive ini juga, anda dapat bertanya sebanyak dan seperlu mungkin untuk mengetahui kondisi mobil. Jika anda kurang mengerti soal mobil, saat test drive ini, bawalah teman atau kerabat yang memang mengerti mobil. Sehingga, anda tak perlu ragu dengan hasil analisa anda mengenai mobil yang akan dibeli.

7. Periksa Bagian Dalam Mobil

Langkah selanjutnya dalam membeli mobil bekas adalah dengan memeriksa bagian dalam mobil. Banyak hal yang perlu anda periksa, seperti :

  • Jok mobil dan sarungnya
  • AC masih berjalan baik atau tidak
  • Periksa juga odometer atau jarak tempuh mobil. Dalam kondisi normal, rata-rata sebuah mobil akan menempuh jarak 16.000 sampai 24.000 km dalam setahun. Kondisi mobil yang baik adalah yang jarak tempuhnya tidak terlalu banyak atau sedikit.
  • Selain itu, pastikan semua lampu berfungsi sesuai fungsinya.
  • memeriksa sensor parkir, kamera parkir, CD, radio, ataupun TV.

Pastikan semuanya dalam kondisi bagus. Cek juga kondisi kaca. Coba naik-turunkan untuk melihat kualitasnya. (Baca Juga : Cara Membersihkan Plafon Mobil)

8. Periksa Kelengkapan Surat

Surat-surat kendaraan wajib anda perhatikan saat membeli mobil. Perhatikan keaslian BPKB dan STNK mobil, karena saat ini banyak orang yang memalsukan BPKB dan STNK untuk menjual mobik hasil curian. Anda harus memastikan bahwa  mobil yang akan anda beli memiliki BPKB dan STNK dengan nama asli pemiliknya. Adanya BPKB dan STNK yang asli dan lengkap maka anda akan mudah jika akan mengurus urusan balik nama dan administrasi lainnya.

9. Cek Fisik Kelengkapan Surat

Supaya lebih meyakinkan, kita bisa melakukan cek fisik di kantor samsat. Melalui cek fisik ini, anda bisa memastikan data dan informasi yang tertera di dokumen BPKB dan STNK sesuai dengan yang tertera. Jika akan melakukan cek fisik, komunikasikan terlebih dahulu dengan pemilik mobil. Pemilik biasanya menyetujui hal ini jika anda yakin akan membeli mobilnya.

Sponsors Link

10. Tanyakan Asuransi

Asuransi mobil adalah hal penting untuk diketahui. Dengan menanyakan asuransi, anda bisa mengetahui kualitas mobil tersebut. Selain itu, asuransi juga menjamin anda jika terjadi kerusakan ataupun kecelakaan pada mobil anda. dari asuransi juga anda dapat mengetahui kondisi mobil. Kepemilikan asuransi ini akan sangat baik. Jika ada asuransi dan mobil berganti pemilik, kita bisa melakukan proses balik nama pada perusahaan asuransi. Anda tinggal menyiapkan dokumen jual beli supaya proses balik nama asuransi ini tidak bermasalah dan mudah.

Demikian tips membeli mobil bekas. Anda memang perlu berhati-hati, oleh karena itu, teliti sebelum membeli adalah semboyan yang tepat. Jangan sampai anda membeli mobil, namun hanya rugi yang didapat. Pilihlah dengan baik supaya kelak anda nyaman berkendara bersama keluarga. (Baca Juga : Penyebab Mobil Susah Distarter)

11. Tanyakan Perkakas Mobil

Setelah melakukan pengecekan secara detail dan melakukan test drive, Anda dapat menanyakan peralatan atau perkakas (tool kit) seperti obeng dan kunci yang termasuk dalam penjualan mobil bekas tersebut. Perkakas ini sangat berguna sebagai alat persediaan dalam keadaan darurat, misalnya mogok di tengah jalan. (Baca Juga : Mobil yang Cocok untuk Rental)

Jika Anda mendapat perkakas tambahan tanpa menambah harga jual mobil, tentu ini akan sangat menghemat. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang tambahan untuk membeli peralatan tersebut, bukan?


Artikel Terkait


Artikel Lainnya


 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 03rd, February 2017 / 02:46 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick