Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Bau di Mobil Baru dan Lama Super Cepat

Sponsors Link

Cara Menghilangkan Bau di Mobil baru dan lama super cepat sangat mudah, bahkan anda tidak membutuhkan biaya sama sekali. Bau tidak sedap tentu menjadi masalah ketika anda sedang berada di mobil. Dengan kondisi yang demikian, anda tentu tidak akan merasa nyaman duduk di mobil. Selain itu, para penumpang pun akan merasa tidak betah berlama – lama di mobil.

ads

Sayangnya, hal ini bisa menjadi menu sehari-hari, terutama bagi yang sering bepergian jauh menggunakan kendaraan roda empat. Aroma bau ini biasanya muncul dari sisa makanan basi, bau bensin yang menyengat –beberapa orang tidak menyukainya, kemudian karpet mobil yang basah karena kaki terkena beceknya air hujan. Hal inilah yang menimbulkan bau yang cukup menyengat. (Baca Juga: Cara Mencuci Mobil)

Untuk mengatasi hal ini, ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar bau di mobil segera menghilang, seperti mencari dan menemukan sumber bau di mobil, kemudian memersihkannya. Membersihkannya pun tidak hanya pada sumber masalah atau sumber bau saja. Namun, sebaiknya keseluruhan mobil supaya menghindari adanya bau yang tertinggal di mobil.  (Baca Juga: Cara Membersihkan Karat)

Lalu, bagaimana sajakah cara menghilangkan aroma bau yang timbul di mobil? Karena memakai parfum mobil saja pun terkadang tidak cukup. Berikut ini tips menghilangkan bau di mobil yang dapat langsung anda praktekkan.

Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan bau di mobil :

1. Buka Kaca

Langkah pertama yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan aroma bau di mobil adalah dengan membuka kaca mobil terlebih dahulu. Lakukan di dalam garasi, agar mobil aman dan terhindar dari hujan. Buka sedikit kaca dan biarkan terbuka selama semalaman. Hal ini dilakukan supaya ada sirkulasi udara. Selain itu, tetap cari juga sumber dari bau yang tidak sedap itu.

2. Temukan Sumber Bau

Cara menghilangkan bau di mobil super cepat tentu harus memahami sumber baunya. Untuk menemukan sumber bau, mulailah dengan membersihkan barang – barang yang ada di dalam mobil, seperti sampah makanan, kotak tisu, dan lainnya. Buanglah barang tersebut dari mobil anda. (Baca Juga :Cara Membersihkan Plafon)

Untuk membersihkan mobil, bacalah terlebih dahulu buku petunjuk mobil yang diberikan. Apakah ada peringatan dalam pembersihan mobil. Juga cek saran-saran dalam buku tersebut terkait produk pembersih yang aman digunakan untuk mengelap dan mencuci mobil, baik bagian jok, dashboard, karpet, ban, dan lain sebagainya. Berikut ini cara yang dapat anda lakukan untuk membersihkan mobil dari bau yang tidak sedap.

  • Periksa kolong dari setiap jok mobil. Jika ada sampah, sisa makanan, atau barang-barang yang terpakai, buanglah dan keluarkan dari dalam mobil.
  • Cek kantong belakang jok. Sama seperti sebelumnya, buanglah sampah dan keluarkan barang – barang yang tak terpakai. Periksa dengan baik, terutama jika anda memiliki anak-anak. Mungkin saja ada sisa makanan yang tercecer atau hal lainnya.
  • Periksa jok anak (jika ada) hingga bawah kain pelapis jok. Makanan yang menempel dan tersangkut di sana dapat mengeluarkan bau yang tidak sedap juga membuat kotor.
  • Bersihkan juga bagasi atau bagian belakang kabin mobil. Periksalah dengan baik dan temukan sumber baunya.

3. Bersihkan Interior Mobil

Jika memang belum ketemu di mana sumber baunya atau bau sudah terlanjur menyebar ke dalam mobil. Bersihkan segala sesuatu yang ada di dalam mobil, baik atap mobil atau plafon, karpet interior, ataupun jok mobil. Jika jok mobil anda telah dilapisi dengan bahan fabric, sangat mudah mencuci dan membersihkannya. Jangan lupa untuk mengeringkannya setelah mencuci. Karena, jangan sampai menimbulkan bau yang tidak sedap untuk kedua kalinya. (Baca Juga: Cara Membersihkan Interior Mobil)

Sumber – sumber bau biasanya berasal dari dalam mobil. Oleh karena itu, cuci hingga bersih dan jangan lupa untuk dikeringkan hingga benar-benar kering. Jika tidak terlalu kering, maka akan menimbulkan bau yang baru.

4. Hilangkan Bau dengan Kopi

Sponsors Link

Menghilangkan bau dengan kopi memang sudah dikenal dengan ampuh untuk menghilangkan bau tak sedap dimana pun. Cara tradisional ini memang sudah banyak dan lazim dipraktekkan.

Ada dua acara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan bau dengan bubuk kopi, baik dengan menaburkannya langsung atau menaruhnya terlebih dahulu di dalam wadah. (Baca Juga: Cara Merawat Mobil Tua)

Namun, sebelum melakukannya, pastikan terlebih dahulu dari mana sumber bau tersebut berasal. Jika sudah mengetahuinya, taburkan langsung bubuk kopi (harus benar-benar kering) di area tersebut selama semalam penuh. Paginya, jangan lupa untuk membersihkan sisa bubuk kopi dengan menggunakan vacuum cleaner. Kelemahan cara ini, sisa bubuk kopi dapat meninggalkan noda pada mobil.

Jika anda tak ingin hal ini terjadi, maka pilihlah cara kedua, yaitu dengan memasukkan bubuk kopi ke dalam wadah atau bungkus kecil, seperti halnya teh celup. Jika sudah terbungkus dengan rapi, taruhlah di tempat sumber bau di mobil dan biarkan semalaman. Ketika bau telah hilang, maka keluaranlah bubuk kopi dari dalam mobil.

5. Menghilangkan Bau dengan Baking Soda

Selanjutnya, baking soda dinyatakan dapat menghilangkan setiap bau tidak sedap. Hal ini bisa diaplikasikan juga pada mobil anda.

Jika ada sisa baking soda di dapur rumah anda, anda dapat menggunakannya tanpa harus mengeluarkan uang kembali. Taburkan baking soda pada beberapa tempat di mobil, terutama sumber bau di mobil. Biarkan selama satu malam penuh. Pada pagi harinya, bersihkan bekas – bekas baking soda dan bersihkan dengan menggunakan vacuum cleaner agar tidak menyisakan baking soda tersebut sedikitpun.

6. Pakai Cuka Apel

Tips menghilangkan bau selanjutnya adalah dengan membersihkan sumber bau dengan menggunakan cuka apel. Cukup dengan menyemprotkan pada beberapa bagian saja, seperti karpet mobil. Cuka apel sebagai penyeimbang bau dan lama-kelamaan bau tersebut akan hilang. Agar bau tak lagi muncul, gantungkan pewangi mobil di dalam mobil, maka rasa bau pun akan berganti menjadi wangi dan akan menambah kenyamanan anda di dalam mobil. (Baca Juga: Komponen Karburator Mobil)

7. Kenali dari Penyebab Bau

Banyak hal yang menyebabkan bau di mobil. Beberapa hal yang menjadi penyebab bau di mobil dan cara mengatasinya akan dijelaskan berikut ini:

Sponsors Link

  • Bakteri. Bakteri muncul dan berkembang jika ada kotoran yang tertinggal (rumput, tanah) ataupun sisa makanan yang menggosok. Jika hal ini terjadi dan anda ketahui, maka segera bersihkan hal tersebut, yaitu dengan membuang sisa makanan, tanaman yang tertinggal, ataupun dengan membersihkan noda yang menempel. Jika sudah tidak ada sampah lagi, anda bisa menyemprotkan enzim atau produk penghilang bakteri (bacteria digester) pada bagian-bagian yang terkena noda. Produk seperti ini dapat anda peroleh dari supermarket atau toko alat kebersihan. Jika anda pertama kali menggunakannya, maka bacalah terlebih dahulu petunjuk penggunaan yang ada pada kemasan.
  • Asap Rokok. Asap rokok juga merupakan pemicu bau tak sedap yang hadir di dalam mobil. Untuk membasmi bau rokok ini, letakkan dua buah handuk dalam mangkuk plastic secara terpisah. Masukkan kedua handuk itu ke dalam mangkuk yang telah diisi dengan cuka putih. Tempatkan secara terpisah, di bagian depan dan belakang mobil. Cuka dapat menyerap bau rokok yang menempel. Diamkan mangkok ini beberapa saat, setelah dikeluarkan maka bau asap rokok pun akan ikut menghilang. Langkah yang tepat adalah dengan tidak merokok di dalam mobil agar tidak menimbulkan bau.
  • Lumut atau Jamur. Di mobil juga ada kemungkinan timbulnya jamur atau lumut. Hal ini biasnaya karena adanya bocor pada kabin mobil ataupun dari sisa makanan atau minuman yang membusuk. Oleh karena itu, bersihkan mobil dengan teliti. Jika memang bau mobil disebabkan oleh jamur, maka semprotkan karpet dengan produk pembersih khusus untuk menghilangkan noda atau lumut.

8. Pasang AC sambil buka kaca

Cara paling cepat adalah dengan membuka kaca dan memasang ac sambil mengendarai mobil tersebut. Anda akan mendapatkan udara baru yang lebih segar tentunya.

Demikianlah cara untuk menghilangkan bau di mobil. Menghilangkan bau sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang mudah. Pilihlah cara yang memungkinkan untuk anda lakukan. Setelah bau hilang, gantungkan pewangi mobil di dalam mobil agar anda nyaman ketika berkendara.

Jika bau tidak kunjung hilang, segeralah bawa mobil anda ke tempat khusus pembersihan mobil. Karena mereka menyediakan alat atau zat khusus untuk penghilang bau. Atau, anda juga dapat membawa mobil anda ke salon mobil untuk dilakukan perawatan.


Artikel Terkait


Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 08th, February 2017 / 02:18 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick