Sponsors Link

11 Cara Mengemudi Mobil Manual dengan Mudah dan Cepat Lancar

Kebanyakan orang yang akan mengendarai mobil sebenarnya mereka sudah memahami fungsi – fungsi yang ada di dalam mobil. Tetapi ada sebagian pengemudi ada yang menganggap bahwa mengemudi itu hal yang mudah dan enteng, yang beranggapan seperti itu biasanya hanya orang – orang yang ingin buru – buru mengendarai mobil di jalan raya. Padahal jika mereka sadari bahwa hal yang terburu – buru itu bisa membahayakan diri sendiri dan orang lain. Memang banyak hal yang harus diperhatikan jika anda ingin mengemudi mobil.

Baca kembali Membeli Mobil Yang Cocok Untuk Pemula

Lebih jelasnya berikut ini Cara mengemudi mobil manual yaitu :

1. Memasuki Mobil dalam Keadaan Datar

Masuklah ke dalam mobil yang berada di posisi datar, kemudian gunakan lah sabuk pengaman agar lebih aman dalam perjalanan. Sabuk pengaman juga memiliki fungsi untuk anda yaitu dengan menggukan sabuk pengaman dan membuka kaca samping untuk mendengarkan suara mesin mobil anda dengan jelas dan anda bisa memperkirakan kapan anda akan memulai memasukkan gigi.

2. Mengatur Posisi Tempat Duduk

Jika anda ingin memulai untuk mengendarai mobil maka ambillah posisi duduk yang bisa membuat anda nyaman dalam perjalanan. Karena tempat duduk juga sangat mempengaruhi kaki anda dalam injakan rem, gas, dan kopling. Dalam mengaplikasikan pedal yang berada di kaki kanan, kaki kiri dan tengah, anda harus benar – benar bisa menginjak sepenuhnya agar perjalanan anda bisa selamat.

3. Mengenali Semua Pedal 

Mengetahui cara dan fungsi pedal yang ada di dalam mobil, pedal yang berada disebelah kiri atau kaki kiri adalah pedal untuk kopling, pedal yang berada di tengah adalah pedal yang berfungsi untuk rem, dan pedal yang berada di kanan adalah pedal untuk rem. Jika anda sudah mengenali fungsi – fungsi semua pedal maka anda bisa langsung menggunakan mobil bermesin manual.

4. Menguasai Kopling 

 Kopling adalah salah satu alat yang berfungsi untuk memutuskan putaran mesin dan putaran roda yang masih berhubungan, selain itu juga berfungsi untuk mengubah gigi atau menambah dan mengurangi gigi yang akan anda gunakan tanpa merusak roda gigi yang berada di masing – masing gigi transmisi. Perlu di ingat kembali jika anda ingin mengurangi atau menambah gigi maka anda tidak boleh lupa untuk menginjak pedal kopling. Jadi hal pokok yang ada pada mobil yaitu perputaran mesin mobil, kopling, transmisi, dan roda mobil. Ketika mesin sudah menyala maka mesin mengalami putaran sebanyak 1500 per menit nya, jumlah putaran tergantung jenis mobil masing – masing.

Harus anda ketahui bahwa mesin mobil sudah mengalami putaran walaupun mobil belum berjalan. Karena putaran yang terjadi pada mesin belum bisa terhubung ke roda sehingga roda tidak akan bisa bergerak. Sehingga yang menghubungkan dari roda ke putaran mesin yaitu dari rangkaian kopling mobil tersebut. Mesin yang berputas, kopling dan roda akan berhubung jika perseneling berada pada posisi 1,2,3,4,5, dan R dan dengan posisi kopling tidak ada tekanan. apabila perseneling berada pada posisi yang Normal (N) maka putaran mesin, kopling dan roda tidak akan terhubung.

5. Mengoperasikan Pedal

Dalam pengoperasian pedal, anda memerlukan konsentrasi untumengingat bagaimana jarak ayunan pedal dan jarak pedal rem dan pedal gas. Untuk mengemudi mobil manual maka anda harus bisa membiasakan untuk meleppas pedal kopling secara pelan – pelan dan secara teratur.

6. Tuas Transmisi di Posisi Netral (N) 

Tuas untuk menambah atau mengurangi gigi. Sebelum mobil di hidupkan maka pastikan bahwa tuas masih dalam posisi netral (N). Untuk menambah gigi pastikan pedal kopling sudah terinjak penuh. Berhati – hatilah jika anda ingin memindah tuas transmisi.

7. Menghidupkan Mesin

Hidupkan mesin mobil dengan cara di stater pada kunci kontak dan dengan menginjak pedal kopling secara penuh. Apabila mesin sudah menyala barulah anda melepas pedal kopling dan tuas transmisi masih berada di posisi netral (N).

8. Menginjak Kopling dengan Penuh

Injak kopling dengan penuh dan tahan lah, ini adalah salah satu hal baik yang harus anda ingat untuk memperhatikan bagaimana jarak antara ayunan pedal kopling dan pedal rem atau pedal gas. Dan diharuskan melepas pedal kopling dengan hati – hati dan secara teratursampai anda mendengar suara mesin sudah mulai turun lakukan menginjak pedal kopling berkali – kali agar anda bisa mengenali suara mesin mobil.

9. Menjalankan Mobil

Jika anda ingin menjalankan mobil maka pelan – pelan angkat kaki anda yang berada di posisi kopling hingga putaran mesin menurun lalu injak pedal gas dengan perlahan. Anda harus bisa menyeimbang kan gas dan kopling dengan pelan pelan. Cara nya anda harus mencoba berulang kali agar tekanan saat menginjak gas dan melepas kopling bisa dikominasikan.Selain itu anda juga bisa mencoba untuk menemukan hasil kombinasian gas dan kopling secara maksimal. Dalam hal ini anda juga harus waspada dan konsentarsi pada rem tangan jika anda harus berhenti dalam keadaan darurat.

Apabila pedal kopling anda lepas terlalu cepat maka mesin mobil anda akan mati. Anda harus memperhatikan suara mesin apakah mesin mobil terdengar seperti ingin mati atau tidak maka lalukan penahanan pada pedal kopling lebih dalam. Perputaran mesin mobil yang berlebihan ketika kopling di injak maka bisa menyebabkan kopling cepat aus dan kopling juga bisa mengeluarkan asap – asap.

Baca Cara Mengemudi Mobil Matic 

10. Memindahkan Tuas Transmisi

Cara Mengemudi Mobil Manual yang paling penting adalah pengetahuan mengenai tuas gigi. Apabila mesin sudah dihidupkan dan suaranya stabil maka pindahkan lah tuas transmisi dari netral (N) ke posisi gigi 1. Gigi satu berada di posisi tuas transmisi kiri bagian atas, di tuas pasti sudah ada petunjuk atau tulisan maupun gambar posisi masing – masing gigi. Memulai menjalankan mobil dengan menginjak kopling secara penuh, memindahkan perseneling ke gigi satu, kaki kanan berada siap di posisi gas, mengangkat kopling secara perlahan hingga mobil mulai bergerak kemudian angkat kopling secara penuh sampai mobil berjalan. Setelah mobil berjalan maka anda bisa menambah kecepatan dengan menginjak gas secara perlahan.

Setelah di rasa mobil berjalan secara stabil maka mulailah menambah gigi ke gigi dua saat mobil berjalan. Dengan memperhatikan indikator RPM pada mesin, jika sudah terlihat melewati angka 2 maka bisa diartikan bahwa sudah melibihi 2000 kali putaran dalam menit sehingga sudah cukup jika anda ingin menambah gigi menjadi gigi 2 . Kemudian angkat gas secara penuh agar putaran mesin kembali menurun, kemudian injak kopling dengan penuh dan pindah perseling ke gigi 2 , angkat kopling secara pelan -pelan sampai setengah kemudian injak gas pelan – pelan dan dibarengi dengan mengangkat kopling sampai terangkat penuh.

11. Mengenali Suara Mobil 

Cara mengenali mobil yaitu dengan menginjak pedal kopling dengan penuh dan mengangkat kaki secara perlahan – lahan sampai terdengar suara mesin yang turun. Kemudian mulai menjalankan mobil dengan pelan – pelan sambil mengangkat kaki yang berada di pedal kopling dan menginjak gas dengan pelan – pelan.

Setelah memahami 11 cara di atas, ada baiknya kita langsung praktek dengan video cara mengemudi mobil manual berikut ini :

Video Cara Mengemudi Mobil Manual

Cara mengemudi mobil manual di Jalanan Menurun

Pada saat kondisi jalan yang anda lewati menurun maka persneling juga harus turun, Apabila jalanan yang dilewati cukup curam maka pengemudi bisa menggunakan gigi 2 dan dengan menggunakan rem yang seperlunya bisa mempertahankan kecepatan anda melewati jalan menurun, rem yang akan anda gunakan tidak usah diinjak secara penuh.

Jaga posisi RPM dalam keadaan aman. Sangat berbahaya jika anda hanya menggunakan rem saja, karena jika terlalu sering menggunakan rem maka rem bisa panas karena terlalu sering di gunakan, engine brake juga bisa hilang, dan jika anda sepenuhnya menggunakan rem maka sangat berbahaya bagi mesin mobil anda, mobil anda bisa mengalami kehilangan booster rem. Jika booster rem hilang maka bisa membahayakan anda dan pengendara yang lain karena mobil yang anda kendarai bisa melaju lebih cepat dan tidak bisa dikendalikan.

Cara mengemudi mobil manual di Jalanan Tanjakan

Untuk mengendarai mobil yang berada di jalan tanjakan maka harus memiliki ide untuk melakukan hal – hal yang khusus untuk bisa mengendalikan mobil yang kita kendarai bisa melewati jalanan tanjakan dengan selamat. caranya yaitu dengan menggunakan fungsi rem tangan, karena juga harus memperhatikan tenaga mesin, kekuatan pada kampas kopling, rem pada kaki serta beban muatan yang kita bawa. Harus pintar – pintar dalam mengendalikan rem tangan, rem kaki, kopling dan pedal gas.

Cara mengemudi mobil manual di Jalan Pegunungan

Berbagai macam jenis jalanan yang akan kita lewati saat berkendara dari yang lurus, berlandai, tanjakan curam, turunan curam. Dari perjalanan perkotaan yang memiliki tingkat kemacetan tinggi, ada juga jalanan yang menanjak ditambah menurun secara curam yang biasanya kita jumpai di daerah pegunungan. Di perjalanan yang daerah gunung memang tidak macet dan kita akan mendapatkan udara yang segar. Untuk menghindari hal – hal yang tidak di inginkan maka berikut ini ada cara mengendarai mobil manual di jalan yang menanjak dan menurun.

Jika untuk jalur yang akan anda lewati adalah tanjakan maka gunakan lah transmisi dalam posisi yang rendah. Dengan menggunakan transmisi yang rendah maka mesin mobil yang kita gunakan akan tetap bekerja pada RPM yang tinggi agar mendapatkan tenaga yang cukup untuk melewati jalur tanjakan. Harus lebih hati – hati jika tanjakan yang akan anda lewati panjang dan curam, dalam kondisi seperti itu maka anda akan memaksakan mobil anda untuk mengkonsumsi bahan bakar lebih banyak.

Ketika anda akan melewati jalanan yang menikung maka pastikan bahwa anda menggunakan kecepatan yang standar dan memperlambat kendaraan. Dalam keadaan menikung usahakan tidak menyelang kendaraan lainnya karena jika anda menyelang saat menikung bisa sangat berbahaya. Kecuali dalam kondisi yang sangat mendesak, tetapi dengan membunyikan klakson untuk memberi tahu kendaraan yang berada di depan kita dan kendaraan yang berlawanan arah dengan kita.

Baca juga Cara Mengemudi Mobil Matic

Cara memundurkan mobil manual

Harus kita ketahui bahwa mobil tidak hanya akan berjalan kedepan, tetapi ada kalanya mobil yang kita kendarai membutuhkan jalan untuk mundur, harus anda kuasai juga bagaimana cara memundur kan mobil manual. Dalam mpbil manual, cara memundur kan hal yang tidak terlalu sulit jika anda sudah menguasai cara memindahkan gigi untuk transmisi manual. Pada dasarnya kendaraan mobil bisa berjalan mundur hanya dengan memindahkan transmisi ke R (mundur). Awalnya hidupkan mesin mobil terlebih dahulu, setelah itu injak pedal kopling yang berada di sebelah kiri dengan penuh dan ditahan, lalu tangan kiri anda bekerja untuk memindahkan tuas gigi ke posisi R (mundur).

Jika mobil sudah berjalan mundur maka posisi kaki anda masih tetap di sebelah kiri untuk menginjak kopling dengan penuh, lalu kaki kanan anda menginjak pedal gas tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah.Posisi kaki kanan masih tetap menginjak pedal gas maka kaki kiri yang berada di pedal kopling angkat secara perlahan hingga kaki kanan saja yang bekerja. Anda bisa merasakan mobil akan berjalan mundur. Jangan gunakan rem tangan dan pastikan arah belakang mobil yang anda kendarai tidak dihalang apapun.

Dari ulasan yang berada di atas semoga bisa membantu semua pembaca jika anda ingin memakai mobil yang bermesin manual. Karena jika kita lihat dari uraian di atas, bahwa mobil manual itu lebih sulit untuk dipelajari dibandingkan mobil matic yang akhir – akhir ini sering dibicarakan oleh kalangan orang – orang yang mencintai kendaraan beroda empat.

[accordion]
[toggle title=”Artikel Terkait”]

[one_half]

[/one_half]

[one_half_last]

[/one_half_last]

[/toggle]
[toggle title=”Artikel Lainnya”]

[one_fourth]

[/one_fourth]

[one_fourth]

[/one_fourth]

[one_fourth]

[/one_fourth]

[one_fourth_last]

[/one_fourth_last]

[/toggle]
[/accordion]

 

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Tips dan Trick