Sponsors Link

11 Cara Mengatasi Pedal Kopling Keras dan Berat Super Cepat

Sponsors Link

Bagi Anda yang merupakan pengendara mobil, mungkin Anda pernah mengalami salah satu masalah, yakni pedal kopling mobil yang menjadi keras dan berat. Biasanya hal ini dialami oleh para pengguna mobil bertransmisi manual. Hal ini tentu akan terasa menyebalkan apabila Anda sedang terjebak macet. Kaki akan terasa pegal karena terus memainkan pedal kopling yang keras tersebut. Tak hanya itu saja, ada juga bahaya lain yang bisa timbul seperti fokus atau konsentrasi yang berkurang akibat mengemudi. Berkendara dengan konsentrasi yang tidak penuh bisa menyebabkan kecelakaan. Tentu hal ini akan sangat membahayakan bukan? (Baca juga : Cara Memperbaiki Bodi Mobil)

ads

Cara mengatasi pedal kopling keras bisa anda lakukan dengan cara seperti beriktu ini :

1. Melakukan pemeriksaan

Hal pertama cara mengatasi pedal kopling keras yang harus dilakukan untuk ialah dengan cara mengecek kondisi sistem transmisi pada mobil Anda. Cari tahu penyebab mengapa kopling Anda menjadi berat dank eras. Beberapa penyebab yang telah disebutkan di atas dapat menjadi rujukan. Kondisi kopling yang bagus biasanya pergantian tuas transmisi bisa dilakukan dengan mudah atau halus pada saat kopling ditekan penuh. Pada saat kopling dilepas belum sampai setengah, maka mobil dapat bergerak.

Biasanya kopling yang keras maupun berat disebabkan free play yang terlalu kecil karena jarak tekannya yang besar. Tak hanya itu saja, apabila pada release bearing terdapat karat atau kotoran, maka pergerakan komponen akan terganggu. Anda bisa mengatasinya dengan memakai cairan anti karat. Namun apabila karat atau kotoran telah bersih, maka pergerakan release bearing pun tidak akan terganggu lagi.

Baca juga :

2. Memakai kopling dengan bijak

Cara mengatasi pedal kopling keras yang ke dua yaitu perlu Anda ketahui bahwa ketahanan kopling pada mobil memang sangat tergantung pada perilaku penggunanya. Sebaiknya hindari menginjak kopling secara setengah-tengah maupun terlalu keras. Kinerja pada bagian kopling biasanya malah akan terbebani.

Baca Juga :

3. Melakukan penggantian part kopling

Apalagi kopling memang telah usang, sebaiknya Anda segera melakukan penggantian pada part kopling tersebut. Jangan pernah memaksakan untuk tetap menggunakan kopling yang telah rusak. Ingat, keselamatan Anda jauh lebih penting daripada uang bukan? Keausan memang bisa merambat pada komponen lainnya.

Baca juga :

4. Melakukan penggantian kampas kopling

selanjutnya cara mengatasi pedal kopling keras yaitu anda bisa melakukan penggantian komponen kampas kopling satu set. Kampas kopling tersebut terdiri dari cover clutch, disk clutch, dan release bearing atau pilot bearing.

Baca Juga :

ads

5. Memberikan cairan pelumas

Cara mengatasi pedal kopling keras juga bisa dengan memberikan cairan pelumas 4WD pada bagian release bearing melalui penututp karet atau but yang ada di tuas penekan kopling.

6. Memakai gigi satu saat start

Sebaiknya usahakan memakai gigi satu pada saat sedang melakukan start. Anda jangan langsung memakai gigi dua atau tiga.

7. Meletakkan kaki sembarangan

Letak kaki ternyata juga berpengaruh terhadap kondisi kopling. Di sepanjang perjalanan, sebisa mungkin Anda jangan meletakkan kaki pada kopling.

8. Menginjak dan melepas pedal kopling secara halus

Anda jangan terlalu sering menginjak pedal setengah kopling. Sebaiknya kopling hanya diinjak pada saat mobil akan berhenti atau akan melakukan perpindahan gigi saja.

9. Mengganti satu set kopling

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan ialah dengan cara mengganti satu set kopling. Memang biayanya memang cukup mahal, namun gejala keras pada kopling dipastikan akan hilang.

10. Semprotkan anti karat

Apabila Anda menemukan penyebabnya ialah karena pelumasan yang kurang, sebaiknya semprotkan anti karat pada dudukan luncur melalui karet boot pada for kopling.

11. Mengantisipasi dengan cara memakai kopling secara benar

Telah disebutkan di atas bahwa salah satu penyebab kopling menjadi keras karena cara memakai kopling yang salah. Anda bisa memperbaiki hal ini dengan cara memakai kopling dengan cara-cara yang benar, seperti:

  • Menetralkan tuas transmisi apabila berhenti
  • Selalu menggunakan gigi satu untuk start. Apabila Anda memakai gigi di atasnya, maka kopling akan dibebani secara berlebihan, kemudian hal ini akan mempercepat keausan.
  • Tidak meletakkan kaki di atas pedal kopling sepanjang Anda mengemudi
  • Tidak melakukan setengah kopling pada saat menanjak. Hal ini akan mempercepat kerusakan pada sistem kopling. Mesin akan sering terasa bergetar, sehingga akan membuat fungsi karet penahan mesin (engine mounting) bisa terganggu. Sebaiknya pakai rem tangan untuk menahan kendaraan ketika sedang antri di tanjakan.

Penyebab Pedal Kopling Menjadi Keras

Setelah membicarakan cara mengatasi, maka sebaiknya Anda juga harus mengetahui  terlebih dahulu apa penyebab dari pedal kopling terasa keras dan berat apabila diinjak. Sebenarnya ada banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini, baik dari segi cara pemakaian maupun perawatan yang kurang. Berikut ini merupakan beberapa penyebab pedal kopling dapat menjadi keras yang perlu diketahui.

1. Release bearing dan pilot bearing sudah rusak

Penyebab pertama yang perlu Anda perhatikan ialah kemungkinan sudah rusaknya komponen release bearing dan pilot bearing. Biasanya apabila kedua komponen ini rusak, maka kemungkinan besar pedal kopling menjadi keras dan berat. Release bearing yang memiliki peran untuk menekan pegas diafragma yang terletak pada cover cluth akan berpengaruh apabila komponen tersebut rusak. Selain itu, Anda juga perlu menganalisa apakah ada kemacetan pada pilot bearing atau tidak. Biasanya jika hal ini terjadi maka akan berdampak pada sulitnya memindahkan gigi dan injakan kopling yang terasa keras.

2. Cover clutch telah usang

Beberapa pemilik mobil biasanya ingin menghemat pengeluaran dengan cara melakukan penggantian komponen kopling hanya dengan memakai kampas kopling saja. Padahal seharusnya setiap melakukan penggantian harus mengganti satu set komponen, yakni cover cluth, release bearing, dan kampas kopling. Biasanya cover clutch yang telah usang memiliki sekat diafragma yang mengeras, sehingga membutuhkan tenaga ekstra untuk menekan nya. Kemudian masalah ini akan timbul pada saat pegas penekan plat kopling mulai melemah.

3. Kampas kopling dengan kualitas buruk

Harus diakui bahwa memang tidak semua produk telah memenuhi kualifikasi. Bahkan ada beberapa produk yang dirasa kurang bagus, namun malah lolos dan berhasil terjual di pasaran. Nah, kampas kopling dengan kualitas buruk ini lah yang membuat pedal kopling menjadi keras pada saat diinjak.

4. Cara menggunakan kopling yang salah

Mungkin Anda tidak menyadari bahwa terkadang Anda menggunakan kopling dengan cara salah. Ingat, Anda tidak diperbolehkan untuk menggunakan kopling secara kasar, misalnya saja seperti melepaskan dan menginjak pedal kopling secara keras dan cepat. Hal ini bisa membuat pelat kopling menjadi keras, bahkan menyebabkan injakan pedal menjadi keras.

5. Kabel kopling yang keras

Biasanya kabel atau kawat baja yang keras dan jarang dilumasi dengan memakai oli juga dapat membuat kopling menjadi rawan garing, sehingga ujung-ujungnya malah membuat pedal kopling terasa berat.

Sponsors Link

6. Kampas kopling yang habis

Tidak dapat dipungkiri bahwa peran kampas memang sangat dibutuhkan di dalam sistem kerja kopling. Biasanya kampas kopling yang telah aus atau tips akan menimbulkan masalah. Oleh karena itu, sebaiknya segera ganti kampas kopling tersebut. Apabila tidak segera diganti, maka mobil akan kehilangan tenaga, kemudian pedal kopling mobil pun terasa keras pada saat ditekan. Untuk mengetahui apakah kampas kopling akan habis, Anda perlu memerhatikan apakah mobil sering mengeluarkan bau hangus atau tidak.

7. Komponen yang kering

Kinerja antar komponen tentu akan menimbulkan gesekan, sehingga memaksa setiap komponen mesin harus dalam kondisi basah atau terlumasi oli. Sebaiknya segera berikan pelumas pada komponen, misalnya saja pada release bearing. Hal ini dapat meringankan tarikan antar komponen sehingga pedal kopling yang terasa berat juga dapat teratasi.

8. Kebiasaan pengguna

Kopling yang terasa keras juga bisa terjadi karena kebiasaan yang salah dari penggunanya. Hal ini memang terlihat sepele, namun sebenarnya dapat menimbulkan kerusakan yang signifikan. Misalnya saja menginjak maupun melepaskan kopling dengan spontan, sehingga plat kopling yang terhubung pada flywheel akan terasa berat. Belum lagi kampas kopling pun akan cepat aus.

Beberapa penyebab mengapa pedal bisa menjadi keras. Setelah mengetahui penyebabnya, seharusnya mulai sekarang Anda lebih memerhatikan mobil Anda. Ada beberapa solusi mengatasi pedal koling yang keras. Bagaimana menurut Anda? Apakah sulit dilakukan? Tentu tidak. Anda hanya perlu rela menghabiskan uang sedikit sekaligus menaati berbagai aturan memakai kopling yang benar.

Ingat, jangan terlalu memikirkan keuangan Anda. Bukan kah keselamatan lebih penting dari segalanya? Selain itu, coba lah untuk bersikap lebih teratur dan taat aturan mulai sekarang saat mengemudi. Selamat mencoba!


Artikel Terkait


Artikel Lainnya


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 27th, January 2017 / 07:46 Oleh :
Kategori : Tips dan Trick